Mengenal Google Adsense dan Pemanfaatannya

Situs web

Apakah kamu memiliki situs web? Kehadiran situs web pun memiliki manfaat yang beragam, seperti wadah untuk menyebarkan informasi, membuat blog, dan tempat untuk melakukan transaksi jual beli online. Pemilik situs web juga seringk mencari dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasang iklan pada situsnya (adsense). Adsense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) pada situs web. Contohnya adalah Google Adsense. Penggunaan Google Adsense pun dianggap tidak rumit, tinggal mengikuti tahapan yang sudah ada. Tertarik menggunakan Google Adsense? Yuk, simak penjelasan tentang Google Adsense!

Berkenalan dengan Google Adsense

Google Adsense

Google Adsense adalah program kerjasama berbentuk iklan yang ditampilkan pada situs web. Google Adsense hadir untuk membantu para pemasang iklan mengadakan kerja sama dengan pemilik situs web ataupun blog dalam meraih pendapatan. Jika kamu adalah pemilik situs web, maka kamu dapat berkontribusi dalam Google Adsense. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mendaftar keanggotaan. Setelah berhasil menjadi anggota, kamu dapat memulai memasang iklan dan mendapatkan uang. Cara mendapatkan uang pun terbagi berdasarkan hitungan model per klik iklan dan per seribu impresi. Pada cara per klik iklan yang dimaksud ialah jumlah individu yang memencet iklan tersebut. Pada per seribu impresi bergantung kepada jumlah individu yang melihat situs web anda setiap bulannya. Bentuk iklan Google Adsense pun terbagi menjadi video, teks, dan gambar. 

Keunggulan Google Adsense

Keunggulan Google Adsense

Bagi kamu yang ingin mendapatkan keuntungan selain uang, terdapat beberapa keunggulan lainnya. Pertama, Google menjamin tingkat keamanan, keselamatan, dan transparansi yang tinggi bagi para pengiklan dan penerbit. Pada keunggulan ini, Google mengambil peran sebagai perantara antara keduanya dengan melacak metrik pada Google Analytics anda. Kedua, Google Adsense menghadirkan ragam format iklan. Keragaman ini dapat memberikan keleluasaan bagi anda untuk bereksperimen dan mencari tahu bentuk iklan yang memberikan pendapatan terbesar. 

Cara Kerja Google Adsense

Cara kerja Google Adsense

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan Google Adsense, penting sekali untuk memahami cara kerja dan seluruh proses dari Google Adsense. 

  • Membuat akun Adsense dan memasukan sedikit kode ke situs web kamu. 

Pembukaan akun ini pun tidak dikenakan biaya. Kamu akan diminta untuk melengkapi informasi seperti memasukan URL ke situs web yang ingin didaftarkan, melengkapi rincian akun, melengkapi rincian pembayaran, dan memasukan kode HTML pada situs web.  

  • Google akan mengecek situs web anda dalam kurun waktu sampai 48 jam. 
  • Memasukkan iklan ke situs web

Pada tahapan ini, Google akan menampilkan iklan yang relevan dengan situs web milikmu berdasarkan algoritma dan cache browser.

Hal yang harus kamu perhatikan

Hal yang harus diperhatikan

Google memiliki kemampuan teknologi dalam melacak penipuan atau ragam trik. Seperti menggunakan proxy dan menekan iklan sendiri. Jadi, jangan sampai kamu melakukan hal tersebut ya! Karena penipuan tersebut akan berakhir sia-sia, melihat Google sudah menjadi platform yang canggih. 

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk menggunakan Google Adsense?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!