Apa itu Mega Influencer? Kenali kelebihan dan kekurangannya!

Perkembangan digital dari tahun ke tahun membuat para pelaku usaha maupun bisnis menjadi semakin kreatif untuk meningkatkan penjualan mereka. Mulai dari iklan di digital hingga bekerja sama dengan influencer untuk strategi endorsement. Ada berbagai macam kategori influencer berdasarkan pengikutnya di media sosial, seperti Nano Influencer, Micro Influencer, Macro Influencer, hingga Mega Influencer. 

Dengan adanya influencer melalui strategi endorsement ini, menjadi para pelaku usaha semakin mudah untuk meraih calon pelanggan mereka terutama di media sosial. Namun apakah kamu tahu apa itu nano influencer, micro influencer, macro influencer, dan mega influencer? Khususnya pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu mega influencer, mari disimak!

Apa itu Mega Influencer?

Mega influencer adalah salah satu jenis influencer yang memiliki pengikut lebih dari satu juta di media sosialnya. Mega influencer juga bisa dikatakan sebagai selebritis dan terkenal di masyarakat luas seperti penyanyi, aktor, atlet, dan lain sebagainya. Mega influencer tidak selalu dapat berpengaruh terhadap pengikutnya, mereka juga memiliki pengikut yang beragam dan juga biasanya hubungan mereka tidak begitu dekat karena kurangnya interaksi di media sosial.

Dengan memiliki pengikut yang begitu banyak, setiap mega influencer tidak selalu berhasil dalam suatu campaign marketing. Namun apa sih kelebihan dari mega influencer itu sendiri? Mari kita bahas!

Kelebihan Mega Influencer

Profesional

Jam terbang dan pengalaman yang banyak dalam membuat konten bersama salah satu brand membuat pihak brand tidak kesulitan lagi untuk menjelaskan bagaimana flow kerja dan influencer ini biasanya sudah tahu apa yang diinginkan oleh suatu brand. Sudah seringnya bekerja sama dengan suatu brand, membuat influencer ini bisa sangat dipercaya profesionalitasnya.

Jangkauan Luas

Dengan memiliki lebih dari 1 juta pengikut di media sosialnya, membuat jangkauan pasar yang begitu luas untuk memasarkan suatu brand di media sosialnya. Akan tetapi dengan angka satu juta, tidak semuanya melihat konten yang telah dibagikan dalam media sosialnya.

Biasanya semakin banyak pengikut di media sosial, semakin kecil pula Engagement rate yang di dapat oleh influencer tersebut. Namun itu tidak masalah, setidaknya mereka tahu brand yang sedang dikampanyekan oleh influencer tersebut.

Dikenal banyak Orang

Brand yang bekerja sama dengan influencer ini memiliki keuntungan brand awareness yang tinggi di khalayak karena banyaknya orang yang mengenal dengan influencer tersebut. Biasanya brand menggunakan mega influencer ini memiliki tujuan campaign untuk meningkatkan brand awareness daripada meningkatkan sales.

Berpengalaman dalam membuat konten

Mega influencer memiliki pengalaman yang banyak dalam berbagai hal produksi konten yang berkualitas. Biasanya juga influencer ini memiliki tim khusus yang profesional untuk memproduksi konten sehingga menghasilkan konten yang berkualitas. 

Konten yang berkualitas pasti akan menjanjikan dalam suatu campaign marketing daripada konten yang asal jadi saja.

Itulah beberapa kelebihan dari mega influencer dalam sebuah brand yang ingin bekerja sama dengan influencer tersebut. Tapi tunggu dulu nih Socialty, setiap kelebihan pasti ada kekurangan. sekarang , kita bahas kekurangan dari Mega influencer.

Nah, untuk kamu yang ingin berkolaborasi langsung membuat konten dengan influencer profesional bisa cari kami di Google Play Store dan App Store juga, lho!

Kekurangan Mega influencer

Biaya Mahal

Jika kalian ingin menjalin kerjasama dengan mega influencer, kalian harus rela merogoh kantong kalian dalam-dalam, lho! Karena memiliki pengikut yang banyak, dan dikenal banyak orang membuat influencer ini relatif mahal. Jadi, untuk yang ingin bekerjasama dengan influencer ini biasanya brand yang sudah memiliki nama yang besar.

Jangkauan kurang Tertarget

Memiliki jutaan pengikut, mega influencer juga memiliki profil dan perilaku pengikut yang berbeda-beda. Maka dari itu jika ingin meningkatkan sales, mega influencer sangatlah tidak efektif untuk suatu brand dan juga memiliki biaya yang relatif mahal. Namun jika ingin meningkatkan brand awareness, influencer ini bisa dibilang efektif. 

Itulah beberapa kekurangan dari mega influencer untuk sebuah brand, namun apakah mega influencer memiliki efektifitas yang tinggi dalam sebuah brand?

Efektifkah Mega Influencer dalam sebuah Brand?

Secara demografi, mega influencer tidak memiliki kekuatan target audiens yang besar karena mereka memiliki beragam pengikut. Namun mereka dapat memberikan eksposure yang sangat tinggi dalam sebuah brand dalam suatu campaign dan yang pastinya dengan harga yang sangat mahal. Mega influencer juga efektif dalam mempromosikan produk yang menarik bagi khalayak luas sekaligus meningkatkan brand awareness. 

Itulah penjelasan kami tentang mega influencer, jadi menurut kalian apakah mega influencer efektif untuk brand kalian?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!