Pemula Harus Tahu! Ini Panduan Cara Live di Tiktok 

TikTok kini menjadi salah satu media sosial terpopuler di masyarakat. Platform dengan fitur video pendek tersebut memiliki banyak keunikan fitur yang membuat pengguna betah untuk berlama-lama menggunakan aplikasi TikTok. Mulai dari filter lucu, sound kekinian, hingga siaran langsung dapat kamu gunakan di TikTok.

Berbeda dengan fitur siaran langsung (Live) di Instagram yang dapat seluruh pengguna gunakan, platform TikTok menjadikan fitur live sebagai fitur yang eksklusif yang hanya bisa pengguna tertentu gunakan.

Dengan menggunakan fitur live, pengguna dapat menyapa dan berinteraksi secara langsung dengan para pengikut, mempromosikan produk, hingga melakukan challenge atau tren tertentu untuk mendongkrak popularitas mereka di aplikasi video pendek tersebut. 

Lalu, apa saja sih syarat yang harus dipenuhi oleh Socialty untuk dapat memanfaatkan fitur siaran langsung ini? Dan bagaimana cara penggunaannya? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!

Syarat Menggunakan Fitur Live di TikTok

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, TikTok menjadikan fitur siaran langsung ini eksklusif untuk pengguna tertentu saja. Tapi tenang saja, seluruh pengguna TikTok bisa ikut menonton siaran langsung pengguna lain, kok! Hanya saja, kalau kamu ingin menjadi ‘si penyiar’ kamu harus memenuhi beberapa syarat berikut:

1. Jumlah Followers

Untuk kamu yang ingin melakukan siaran langsung di TikTok, kamu harus memiliki jumlah followers minimal sebanyak 1.000 followers. Jika tidak, tentu fitur ini tidak akan muncul di laman TikTok-mu! 

2. Batas Usia

Pihak TikTok menetapkan batas usia yaitu minimal 16 tahun untuk dapat memanfaatkan fitur siaran langsung. Hal ini tentu dilakukan agar berbagai hal yang dilakukan di dalam fitur ini dapat dipertanggungjawabkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

3. Update Aplikasi

Terakhir, kamu harus memastikan bahwa aplikasi TikTok-mu sudah berada di versi terbaru ya! Jika belum, kamu bisa langsung melakukan update di App Store handphone-mu.  

Cara Menggunakan Fitur Live di TikTok

Nah, kalau Socialty merasa sudah memenuhi ketiga syarat yang dijelaskan sebelumnya, sekarang waktunya show time! Ayo ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai siaran langsung pertamamu di TikTok:

1. Buka Aplikasi TikTok

Mulai langkah pertama dengan membuka aplikasi TikTok di handphone-mu, lalu klik tombol ‘+’ yang ada di tengah bawah layar utama. 

2. Klik Fitur Siaran Langsung

Setelahnya, kamu akan diberikan pilihan untuk merekam video pendek seperti biasa atau melakukan siaran langsung. Karena di sini kamu ingin melakukan siaran langsung, maka kamu dapat menggeser atau meng-klik tombol untuk siaran langsung. 

3. Tentukan Informasi Seputar Live 

Sebelum memulai siaran langsung, ada baiknya kamu mengisi informasi seputar live yang akan kamu lakukan, seperti memberi judul, menambahkan gambar, dan menuliskan caption yang akan membantu penonton mengetahui isi live kamu. 

4. Go Live!

Sudah siap mulai live? Klik tombol “Go Live” yang tersedia, setelahnya kamu dapat langsung memulai live TikTok-mu. Oh ya, selama live berlangsung, kamu dapat menggunakan filter atau efek yang tersedia di TikTok untuk menambah daya tarik live-mu. Seru sekali bukan? 

Cara Menjadi Affiliate Live Tiktok Shop 

jualan di tiktok

Socialty bisa juga menambah penghasilan menjadi seorang affiliate dari brand dan menjualnya via Live Tiktok. Manfaat ini menjadi manfaat tambahan dari fitur live selain berinteraksi secara langsung dengan sesama pengguna Tiktok. Pasalnya, kini Tiktok telah menambahkan fitur Tiktok Shop yang memungkinkan pengguna berjualan secara online tanpa melalui platform e-commerce. Nah, sebagai content creator, kamu bisa juga membantu brand tertentu berjualan. Dari sini, kamu akan mendapatkan komisi dari brand atas setiap produk yang berhasil dijual. Penghasilan ini di luar gift pada Live Tiktok, loh! Lumayan banget ‘kan?

Saat ini terdapat dua affiliate berbeda dari Tiktok. Pertama, kamu bisa mendaftarkan diri untuk Tiktok Shop Affiliate sebagai kreator. Kedua, kamu bisa mendaftarkan diri untuk Tiktok Shop Affiliate sebagai seorang seller. Apa saja syarat dan caranya? 

Untuk menjadi Tiktok Shop Affiliate sebagai kreator kamu perlu memenuhi syarat minimal followers 7.000 serta 50 tayangan video dalam kurun waktu 28 hari. Apabila kamu tidak memenuhi syarat tersebut, kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi Tiktok Shop Affiliate sebagai seller. Supaya lebih mudah, kamu bisa ikuti langkah berikut untuk menjadi Tiktok Shop Affiliate sebagai seller:

  • Kunjungi laman Tiktok Seller di sini melalui browser yang ada pada handphone atau gadget kamu.
  • Pilih “Sign Up” dengan akun Tiktok yang kamu miliki.
  • Klik tombol “Authorize” pada halaman Authorize Tiktok Shop
  • Masukkan nomor handphone yang masih aktif. Klik tombol “Send Code” untuk menerima kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan lewat SMS.
  • Lakukan juga verifikasi pada email yang telah terdaftar.
  • Isi data-data lengkap seperti Nama Toko, KTP, hingga Rekening Bank.
  • Tunggu email persetujuan dari Tiktok.

Apabila data-data sesuai, pastikan semua telah Tiktok setujui. Setelahnya, langsung saja berjualan dengan memanfaatkan Tiktok Affiliate baik melalui video singkat ataupun siaran langsung. Dengan begitu, kamu bisa menambah pundi-pundi rupiah ke dalam rekeningmu.

Untuk mengoptimalkan popularitas live, pastikan Socialty melangsungkan live di waktu yang tepat, dan live yang dilakukan berdurasi tidak terlalu cepat atau lama ya! Bagaimana, mudah kan melakukan live di TikTok? Jadi tunggu apa lagi, ayo mulai live-mu sekarang!k? Jadi tunggu apa lagi, ayo mulai live-mu sekarang!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!