Live Streaming: Definisi, Manfaat, dan Berbagai Pilihan Platformnya

Socialty pasti gak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Ya, live streaming. Di era digital seperti sekarang, live streaming adalah salah satu konten yang banyak digemari orang-orang.

Meski bukan hal yang baru, tetapi nyatanya keberadaan media sosial menjadi faktor terbesar meningkatnya minat publik terhadap jenis konten ini.

Bahkan, kamu pasti juga sering melihat banyak brand (merek) bisnis, influencer, gamers, dan publik figur lain yang melakukan live streaming untuk berinteraksi dengan para audiens-nya.

Akan tetapi, apakah live streaming hanya digunakan untuk berkomunikasi layaknya video call saja? Adakah manfaat lainnya? Yuk, kita bahas!

Apa Itu Live Streaming?

apa-itu-live-streaming
Photo by Unsplash

Secara singkat, dilansir dari ThinkUKnow, secara harfiah arti live streaming adalah konten video sekaligus audio yang direkam secara real time–alias siaran langsung melalui internet.

Karena secara real time, maka gak akan ada jeda atau perbedaan waktu selama rekaman video dilakukan.

Live stream ini mencakup banyak hal atau topik; misalnya siaran langsung event pertandingan sepak bola, siaran langsung collab menyanyi, siaran langsung mukbang, media sosial, hingga video game.

Selain beberapa kegunaannya di atas, apa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan siaran langsung?

4 Manfaat dari Live Streaming

manfaat-live-streaming
Photo by Unsplash

1. Engagement yang Juga Real Time

Siaran langsung berarti sama istilahnya dengan berinteraksi secara langsung.

Dengan melakukan live streaming, kamu dapat berkomunikasi dua arah bersama audiens yang menonton rekaman siaran kamu.

Ibarat ngobrol secara tatap muka di dunia nyata, interaksi kamu dan audiens bisa engage dengan mudah–bahkan sampai siaran langsung kamu berakhir.

2. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

audiens-live-streaming
Photo by Unsplash

Bagi pelaku usaha, melakukan siaran langsung di platform media sosial mereka akan menguntungkan banget, lho.

Hal ini bukan tanpa alasan. Mereka bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi melalui video live stream.

Misalnya saja, perusahaan melakukan live stream acara besar yang sedang mereka jalankan. Nah, audiens mereka yang gak bisa datang ke acara itu dapat dengan mudah menontonnya melalui smartphone atau laptop.

Bahkan, gak cuma following mereka saja yang menonton, gak menutup kemungkinan akan ada audiens-audiens baru yang ikutan “kepo” menyaksikan jalannya acara, serta terlibat aktif melalui siaran langsung tersebut.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Masih berkaitan dengan poin pertama dan kedua, live stream merupakan konten yang berpotensi banget untuk memaksimalkan usaha peningkatan kesadaran merek (brand awareness).

Terlebih, konten yang paling digemari banyak orang kini adalah konten yang berbentuk video.

Apalagi sifat live stream yang real time. Berinteraksi dengan audiens jadi semakin gampang dan lebih efektif.

4. Strategi Marketing yang Murah

Meningkatkan penjualan produk tanpa perlu mengocek budget dalam-dalam? Live streaming bisa jadi solusi. Gak perlu mengeluarkan biaya berlebih, justru kamu bisa mempromosikan produk secara gratis melalui tipe konten ini.

Beberapa Platform untuk Melakukan Live Streaming

platform-live-streaming
Photo by Unsplash

Inilah beberapa platform siaran langsung yang umum digunakan khalayak Indonesia:

Facebook Live

Sebagai salah satu raksasa jejaring sosial, Facebook dapat dipergunakan sebagai aplikasi atau platform siaran langsung.

Apalagi, di tahun 2019 Facebook mengumumkan bahwa mereka lebih memprioritaskan konten video yang menarik dan unik, di mana konten video itu nantinya dapat dimonetisasi supaya menghasilkan uang–asal memenuhi berbagai persyaratannya.

Instagram

Gak mau kalah dari media sosial lainnya, Instagram mulai fokus terhadap konten berformat video sejak tahun 2021.

Peluncuran fitur Live Rooms jadi buktinya. Melalui fitur tersebut, kamu bisa mengajak 4 pengguna Instagram lainnya untuk melakukan siaran langsung bareng-bareng, lho!

LinkedIn

Platform satu ini lebih dikenal sebagai jejaring sosialnya para profesional. Segala hal yang berkaitan dengan dunia kerja dan profesionalitas, LinkedIn-lah wadahnya.

Keberadaan LinkedIn Live dapat memudahkan kamu melangsungkan siaran tentang event perusahaan, office tour, webinars, dan lain-lain.

TikTok

Bisa dibilang, TikTok merupakan kompetitor terkuat Instagram dan YouTube, nih, Socialty.

Platform berbasis short video ini memang lagi booming banget di kalangan anak muda–terutama generasi Z.

Bagi brand dengan target audiens berusia 18-26 tahunan, siaran langsung di TikTok membuat komunikasi mereka dengan audiens jadi makin intens.

Twitch

Sejak perilisan perdananya di tahun 2011, Twitch berkembang menjadi tempatnya para gamers melangsungkan live stream supaya bisa saling terkoneksi dengan gamers lainnya.

Tetapi, meski lebih populer sebagai platform untuk menampilkan siaran video game, Twitch juga terbuka bagi kreator lain yang ingin melakukan siaran langsung di luar topik game. Misalnya, video memasak, musik, atau arts.

YouTube

Platform satu ini jangan diragukan lagi popularitasnya. Berdasarkan data dari laman Good News From Indonesia, dari 170 juta penduduk Indonesia, sebanyak 93,8 persen adalah pengguna YouTube.

Maka jangan heran kalau YouTube merupakan salah satu platform terbaik untuk melakukan siaran langsung.

Nah, itu dia pembahasan seputar live streaming yang mesti kamu simak. Seiring perkembangannya, konten siaran secara realtime ini memang sangat potensial sampai masa yang akan datang.

Kalau kamu tertarik jadi konten kreator, jenis konten yang satu ini jangan sampai terlewatkan, yaa!

Dan supaya lebih asyik, perlebar networking dan insight kamu tentang konten digital bersama para konten kreator ternama lainnya melalui platform Socialights!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!