Arti Konten Kreator, Tugas, Skill, dan Cara Menjadi Kreator!

Platform media sosial semakin beragam dengan jutaan pengguna di dalamnya. Begitupun dengan jumlah konten kreator yang semakin bertambah banyak. Sekarang ini, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang konten kreator di media sosial tanpa terkecuali. 

Pernahkah kamu mendengar istilah “Content is The King?”. Orang dibalik konten tersebut ialah kreator. Kamu suka membuat video, mengunggah foto, memberikan edukasi, ataupun berbicara di depan publik untuk mereview suatu produk? Nah, dengan hobi-hobi tersebut kamu bisa loh menjadi konten kreator di sosial media. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kreativitas tinggi dan senang menyajikan hal berbeda untuk diperlihatkan.

Kalau kamu berminat menjadi seorang konten kreator, pelajari dulu yuk mengenai apa itu konten kreator, tugas, skill, serta caranya. Simak kelanjutan artikel Socialights berikut ini ya!

Apa Itu Konten Kreator?

konten memasak

Konten kreator adalah seseorang yang mampu membuat konten untuk para audiensnya. Konten ini bisa berupa foto, video, podcast, tulisan, hingga karya digital yang dipublikasikan melalui media sosial seperti Youtube, Instagram, Tiktok, Twitter, dan lain sebagainya. Biasanya, konten yang dibagikan berisi informasi, edukasi, review, atau hiburan.

Kamu bisa menjadikan konten kreator sebagai pekerjaan tetap atau sampingan. Namun, pekerjaan ini tidak terbatas pada pembuatan konten. Kamu harus mampu berpikir kreatif dan memiliki kemampuan mempengaruhi. Pasalnya, sebagian besar konten digunakan untuk marketing brand. Cara ini dianggap lebih efektif di tengah era media sosial dibandingkan beriklan dan lain sebagainya.

Tugas Konten Kreator

proses pembuatan konten

Seperti namanya, konten kreator memiliki tugas utama sebagai pembuat konten. Kamu perlu mengetahui, nih, bahwa pembuatan konten tidak hanya sekadar membuat video lalu upload ke platform media sosial.

Pembuatan konten atau content creating perlu dilalu dengan proses yang cukup panjang. Proses ini dimulai dari brainstorming ide, research, penyusunan naskah, pembuatan copy sesuai brief, syuting, editing, hingga upload ke media sosial. Belum lagi apabila konten tersebut merupakan kerja sama dengan brand, seorang kreator memerlukan approval atau persetujuan. Apabila ditolak, maka kreator perlu melakukan revisi. 

Selain dari proses pembuatan konten, tugas seorang creator pun perlu memahami bagaimana audiensnya. Audiens ini merupakan orang yang akan menonton konten-konten tersebut. Sebisa mungkin, seorang kreator harus mampu membuat konten sesuai keinginan dari audiens.

Skill Wajib yang Harus Dimiliki Kreator

Skill merupakan modal utama seseorang dalam bekerja. Menjadi konten kreator pun harus memiliki berbagai skill untuk membantu kamu membuat konten yang menarik untuk audiens. Berikut beberapa skills yang perlu dimiliki oleh seorang kreator.

1. Jago dalam Riset

Pembuatan konten di media sosial baik untuk promosi atau bukan memerlukan riset. Oleh karena itu, seorang kreator harus memiliki kemampuan meriset dengan baik. Riset ini diperlukan untuk jenis konten apapun, termasuk hiburan dan informasi. Salah satu tujuannya untuk menghindari penyebaran informasi yang tidak sesuai.

Selain itu, riset diperlukan agar kamu bisa membuat konten sesuai dengan apa yang sedang hype atau trending  di media sosial. Kemampuan riset ini pun mencakup riset audiens, keyword, hingga hashtag yang akan digunakan.

2. Kemampuan Menulis Copy

menulis

Bentuk konten apapun perlu kemampuan menulis sebagai ide dasarnya. Bahkan, dalam konten berbentuk video yang mengutamakan skill berbicara sang kreator memerlukan skill menulis. Skill menulis dalam video ini biasa disebut dengan scripting agar konten dapat dibuat sesuai rencana.

Skill menulis ini juga dibutuhkan bagi kamu yang jadi kreator di Instagram atau Tiktok. Di dalam kedua platform tersebut tertera caption untuk menceritakan apa isi konten. Caption yang bagus harus mampu menarik audiens. Biasanya, di dalam caption pun dibuat menggunakan call-to-action untuk mengarahkan audiens agar membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan.

3. Paham SEO (Search Engine Optimization)

Konten akan lebih mudah untuk ditemukan apabila menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Adanya SEO ini mampu meningkatkan traffic dari konten kamu. Nah, SEO berlaku untuk konten seperti artikel, video Youtube, ataupun podcast. Pastikan kamu mengikuti trending dan menggunakan keyword yang sesuai ya!

Cara Menjadi Konten Kreator

Sudah yakin ingin mengembangkan karier kamu sebagai kreator? Yuk simak beberapa tips dan cara untuk menjadi seorang kreator di media sosial berikut ini.

1. Kenali Audiens Kamu

youtube

Audiens di platform media sosial berpengaruh dalam meningkatkan engagement kamu. Kebanyakan audiens di media sosial akan mengikuti atau memfollow orang-orang yang membuat konten sesuai dengan hobi mereka. Kamu pun bisa mengenali audiens lewat beberapa kategori seperti jenis kelamin, usia, lokasi, hingga pekerjaan.

2. Jangan Menjiplak Konten

Kreativitas sangat dibutuhkan oleh seorang kreator. Oleh karena itu, dalam pembuatan konten, kamu dilarang menjiplak konten milik orang lain. Kamu mungkin bisa menjadikan konten orang lain sebagai inspirasi, tetapi perlu adanya modifikasi. Gunakan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) konten milik orang lain. Sisipkan hal yang menggambarkan diri kamu atau konten kamu secara keseluruhan.

3. Berinteraksi dengan Audiens dan Kreator Lain

Menjadi kreator dapat memperluas networking kamu. Tentu hal ini manfaat sekaligus previlege kamu sebagai seorang kreator. Kamu bisa terus berinteraksi dengan audiens dan kreator lain dengan membalas komentar, mengadakann giveaway, hingga melakukan kolaborasi dengan sesama kreator.

Itu dia pengertian, tugas, skills, serta cara untuk kamu bisa menjadi seorang kreator yang eksis di media sosial. Mulai sekarang, jangan pendam bakat kamu, yuk mulai eksplorasi diri dengan menjadi kreator sesuai hobi atau kesukaan. Kamu juga bisa pelajari seputar konten kreator lainnya lewat aplikasi Socialights. Download secara gratis lewat gadget kamu!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!