Dilansir dari laman TikTok, TikTok Shop merupakan platform e-commerce sosial yang memfasilitasi seller untuk menawarkan produk mereka kepada pengguna di platform tersebut.
Bagi kamu yang ingin berjualan online melalui Tiktok Shop, simak artikel berikut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan fitur tersebut. Jangan sampai salah membuat rencana, ya!
Kelebihan Berjualan di Tiktok Shop

Begitu populer, kehadiran TikTok memang tidak bisa dihiraukan. TikTok selalu mengembangkan fitur dan filter di dalamnya. Salah satu yang sangat membantu banyak orang adalah kehadiran fitur TikTok Shop.
Dan berikut ini adalah keunggulan TikTok Shop bagi para seller:
1. Basis Pengguna Aktif yang Banyak
Berdasarkan data terakhir dari Business of Apps, saat ini ada sekitar 1,53 miliar pengguna aktif bulanan aplikasi TikTok. Rata-rata dari mereka adalah anak-anak muda yang setidaknya membuka TikTok sebanyak 8 kali sehari.
Dengan angka yang cukup fantastik tersebut, tak heran jika TikTok Shop dapat menjangkau lebih banyak target market dan calon pembeli. Yang penting adalah perhitungan harga yang bersaing, serta katalog yang menarik.
2. Mudah Memperluas Pasar Bisnis
Sama seperti alasan di atas, dengan banyaknya pengguna TikTok setiap harinya, langkah untuk semakin memperluas pasar lebih terbuka lebar. Hal ini tentunya bisa meningkatkan omset penjualan bisnis kamu!
3. Proses Transaksi Aman
Di TikTok Shop, baik pengguna maupun seller dapat melakukan transaksi jual beli secara aman. Hal ini karena TikTok telah menyiapkan filtrasi sendiri untuk meminimalisir terjadinya penipuan.
Meskipun demikian, kamu tetap harus berhati-hati dalam melakukan pemasaran atau pembelian produk dimanapun ya!
4. Menambah Audiens Toko
Kamu dapat menambah audiens tokomu jika berjualan di TikTok Shop. Jadi, jika bisnismu masih kecil dan baru memiliki sedikit pengikut, kamu bisa mencoba peruntungan dengan promosi di aplikasi TikTok sekalian berjualan di fitur TikTok Shop.
Asalkan konsisten membuat konten dan terus mengembangkan kontenmu menjadi menarik, jumlah pengguna TikTok yang banyak itu pasti deh akan nyantol ke akunmu.
Kekurangan Berjualan di TikTok Shop
Setelah kelebihannya, sekarang saatnya mengetahui kekurangan TikTok Shop:
5. Mekanisme Pemindahan Saldo Lama
Kekurangan TikTok Shop yang pertama dan paling penting adalah hasil penjualan di TikTok tidak langsung masuk ke saldo. Jadi, jangan heran atau bingung jika nanti barang sudah diterima pembeli namun hasil penjualan belum masuk saldo.
Uang tersebut pasti masuk ke rekening kamu, namun kamu harus sabar menunggunya karena memproses pemindahan saldo hasil penjualan ke rekening kurang lebih 7×24 jam.
Nah, setelah tahu proses pencairan dana yang cukup lama, kamu harus bisa lebih bijak dalam mengelola modal agar tetap bisa menjalankan bisnis online ini dengan baik. Dari tahu poin ini, kamu sebaiknya mulai menemukan cara agar dapat mengelola modal dengan lebih efektif.
6. Beban Admin yang Tinggi
Kekurangan TikTok Shop selanjutnya adalah beban admin yang cukup mahal. Penjual harus bersedia membayar biaya admin sebesar Rp2.000,00 untuk setiap penjualan. Hal ini tentu akan terasa berat dan kurang menguntungkan untuk produk dengan margin keuntungan yang tipis.
Lantas, bagaimana cara berjualan di TikTok Shop agar tetap untung? Kamu bisa mencari supplier yang memberikan harga lebih murah sehingga tetap bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan meskipun harus membayar biaya admin.
Selain itu, kamu bisa memprioritaskan produk dengan margin keuntungan yang lumayan tinggi.
Jadi, meski memiliki kekurangan kamu tetap bisa mengatasinya dan berjualan di TikTok Shop dengan nyaman sekarang.
Tips Promosi Bisnis di Tiktok Shop

Selain penjelasan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Tiktok Shop, dari segi digitalnya, aplikasi TikTok memiliki engagement rate (ER) yang cukup tinggi dibandingkan aplikasi media sosial lainnya.
Melansir dari hostinger, ER dari Tiktok ini mencapai 17.96% per-unggahan. Sedangkan di Instagram jumlahnya hanya sebesar 3.86% dam YouTube 1.63%.
Dengan engagement rate yang tinggi ini akan memudahkan perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan dan komunikasi terhadap konsumennya.
Adapun cara promosi di Tiktok Shop sebagai berikut:
- Pastikan membuat akun bisnis, atau akun Tiktok Shop sendiri
- Fokus untuk membuat konten yang berkualitas, tidak hanya produk yang dijual, konsumen juga ingin tahu bagaimana proses pembuatannya hingga menjadi suatu produk. Kamu bisa berikan konten “how to use”, behind the scenes, dan tutorial.
- Manfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi TikTok seperti filter, sound, effect. Design konten semakin unik agar diminati. Manfaatkan juga fitur stitch di Tiktok untuk meningkatkan ER
- Daftar Tiktok Ads (sesekali)
- Join influencer di Tiktok
- Gunakan hashtag challenge di setiap unggahan
Selamat berjualan!