Kalkulator Tiktok, Cara Dapat dan Hitung Penghasilan dari Tiktok

Berkarier menjadi konten kreator cukup menjanjikan, nih! Soalnya, hampir seluruh media sosial bisa jadi wadah untuk kamu menambah pundi-pundi rupiah. Sebut saja ada Instagram, Youtube, sampai dengan Tiktok yang hype belakangan ini. 

Tiktok sendiri merupakan platform media sosial berbasis video singkat. Biasanya, Tiktok digunakan untuk dance, dubbing, berbagi informasi, atau menyampaikan opini, loh! Selain jenis konten yang beragam, Tiktok pun dilengkapi dengan berbagai fitur. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan kreator untuk memastikan adanya penghasilan ialah kalkulator Tiktok.

Mungkin sebagian besar belum benar-benar memahami adanya fitur kalkulator Tiktok ini. Buat kamu yang penasaran, yuk langsung baca informasi lengkapnya lewat artikel Socialights berikut ini!

Apa itu Kalkulator Tiktok?

kalkulator

Kalkulator berfungsi untuk menghitung. Nah, begitupun dengan fitur kalkulator Tiktok yang memiliki fungsi untuk menghitung penghasilan kamu dari aplikasi Tiktok. 

Aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang berkecimpung di dunia konten kreator Tiktok alias Tiktoker. Eits, bukan cuma punya manfaat buat kreator, tetapi para pemilik bisnis di Tiktok bisa juga loh menghitung penghasilan menggunakan kalkulator Tiktok. 

Ada manfaat lain, nih, dari kalkulator Tiktok selain menghitung penghasilan. Yap, kalkulator ini pun memiliki fungsi sebagai media analisis akun Tiktok kamu, loh! Kalkulator Tiktok mampu mengukur jumlah likes, views, engagement, dan jumlah konten. 

Bagi pemilik bisnis yang berjualan di Tiktok, kalkulator Tiktok dapat membantu kamu untuk mengetahui seberapa efektif penjualan di platform tersebut. Pemilik bisnis pun bisa mengetahui konten kreator mana yang sejalan untuk bekerjasama mempromosikan produknya.

Cara Mendapat Penghasilan di Tiktok

Sebelum kamu menghitung pendapatan dari Tiktok, tentunya kamu harus mendapatkan penghasilan terlebih dahulu dari platform tersebut. Nah, bagaimana, sih, caranya untuk mendapatkan penghasilan dari platform Tiktok? Tidak hanya asal posting video, ternyata ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari Tiktok.

Cara paling banyak dalam mendapat penghasilan dari Tiktok ialah dengan menjadi seorang influencer. Dengan menjadi influencer Tiktok, kamu punya kesempatan untuk membuka endorsement dan bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk mereka. Namun, cara mudah untuk mendapatkan uang juga bisa dilakukan dengan menjadi Tiktok Affiliate, di mana kamu mencantumkan produk dan akan mendapat komisi dari tiap produk yang berhasil terjual.

Selain kedua cara tersebut, terdapat cara lainnya dalam mendapatkan penghasilan di Tiktok. Misalnya, adsense, Tiktok Live, Tiktok Shop, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Kalkulator Tiktok

Cara menggunakan kalkulator Tiktok untuk menghitung penghasilan ataupun analisis akunmu sangat mudah. Kamu tinggal memasukkan username atau nama pengguna. Kemudian, seluruh hasil analisis akun kamu akan muncul beserta berapa rate card dari satu postingannya. Sangat mudah bukan?

Dalam hasil tersebut, kamu akan melihat engagement rate dari profil atau postingan, rate card, total views, total likes, total komentar, dan jumlah shares. Ada juga loh data mengenai rata-rata engagement dari postingan kamu. Hasilnya bisa kamu jadikan bahan evaluasi untuk pembuatan konten kedepannya.

Platform Money Calculator Tiktok

Kamu perlu mengetahui, nih, bahwa menghitung penghasilan dari aplikasi Tiktok bisa di berbagai platform. Tiktok sendiri menyediakan fitur untuk menghitung jumlah pendapatan kamu sebagai kreator. Namun, ada platform lain yang bisa kamu gunakan. Ada apa aja, sih? Cek daftarnya berikut ini ya!

1. Tiktok Creator Fund (via Aplikasi Tiktok)

Sudah satu paket dengan Tiktok, fitur Creator Fund ini bisa mengecek jumlah penghasilan kamu secara langsung. Sehingga, kamu tidak perlu mengunduh kalkulator dari platform lain. 

Cara pakainya pun mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Tiktok di gadgetmu
  • Klik “Profil”. Kemudian, klik ikon tiga garis di pojok kanan atas.
  • Pilih “Creator Tools” lalu klik “Tiktok Creator Funds”
  • Penghasilan dari Tiktok bisa dilihat secara langsung
@fadiladitya_e

Kalau baca caption ini, coba komen “apa strategi kamu buat dapatim banyak follower” #tiktokmarketing #creatorfund #gift

♬ suara asli – fadiladitya | Digital Marketer – fadiladitya | Digital Marketer

2. Feed Pixel

Apabila kamu butuh mengecek penghasilan sekaligus hasil analisis akun, kunjungi saja Feed Pixel. Feed Pixel merupakan situs yang bisa menghitung rata-rata pendapatan per postingan kamu. Hasil analisis yang akan ditampilkan dari Feed Pixel berupa engagement rate, estimasi pendapatan, views, likes, comment, dan shares. 

Langkah menggunakannya pun mudah, kamu bisa akses dengan ikuti cara berikut:

  • Pergi ke situs Feed Pixel bagian Tiktok Money Calculator.
  • Masukkan username akun kamu ataupun akun yang ingin dilihat statistiknya.
  • Jangan lupa klik konfirmasi captcha yang menyatakan kamu bukan robot. Klik “Calculate”
  • Tunggu beberapa detik hingga hasilnya keluar.

3. Exolyt

Hampir mirip dengan Feed Pixel, kamu bisa gunakan platform Exolyt untuk melihat penghasilan serta analisis akun Tiktok. Nantinya hasil yang akan ditampilkan dari platform ini berupa jumlah pengikut, likes, vide, serta estimasi pendapatan kamu. Dalam platform ini pun tersedia fitur yang bisa membandingkan akun kamu dengan kompetitor.

Langkah menggunakan Exolyt sebagai berikut:

  • Kunjungi situs Exolyt Tiktok Money Calculator.
  • Masukkan username Tiktok kamu ke situs Exolyt. Klik “Hitung Penghasilan”.
  • Setujui syarat dan ketentuan.
  • Tunggu beberapa detik hingga hasil analisis dan estimasi pendapatan muncul.

4. Influencer Marketing Hub

Selain kedua platform seperti Feed Pixel dan Exolyt, Influencer Marketing Hub cukup populer sebagai tools estimasi pendapatan Tiktok. Perhitungannya akan diambil melalui jumlah engagement rate serta followers akun kamu.

Nah, kamu bisa cek langkah menggunakannya berikut ini:

  • Buka situs Influencer Marketing Hub lewat browser kamu.
  • Masukkan username Tiktok kemudian klik search.
  • Tunggu beberapa saat hingga hasil analisis akun kamu keluar.

Cara Mencairkan Uang dari Tiktok

Setelah mengetahui estimasi penghasilan kamu dari Tiktok, mencairkan pendapatan tersebut bisa langsung dilakukan, loh! 

Berbeda dengan platform mengecek estimasi penghasilan, kamu bisa mencairkan uang hanya melalui aplikasi Tiktok. Nantinya uang tersebut akan masuk ke dalam akun e-wallet seperti Dana, OVO, Gopay, Shopeepay, hingga Paypal.

Bagi kamu yang ingin menarik penghasilan dari Tiktok, berikut langkahnya:

  1. Buka aplikasi Tiktok. Kemudian, login dengan akun kreatormu.
  2. Klik ikon profil. Lalu klik ikon bergambar koin rupiah di pojok kiri atas.
  3. Pilih “Tarik Saldo”. Kemudian, pilih nominal saldo yang akan di tarik. Dalam aplikasi Tiktok tersedia nominal Rp10.000 – Rp50.000.
  4. Masukkan nomor dompet digital seperti DANA atau OVO untuk menerima saldo TikTok.
  5. Proses penarikan selesai.

Kamu juga bisa menonton video di bawah ini agar lebih memahami materi tersebut.

@rikhieadriandevgan

cara mencairkan uang dari tiktok. dan inilah penghasilan Konten Creator

♬ She Share Story (for Vlog) – 山口夕依

Sangat mudah bukan untuk mengetahui estimasi pendapatan kamu sebagai konten kreator di Tiktok? Kamu pun bisa memilih platform penghitungan estimasi mana yang paling cocok fiturnya denganmu. Melalui platform tersebut, kamu jadi tau, deh, bagaimana rate card serta performa akunmu. Selamat mencoba, Sociality!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!