Pengertian Hingga Tips dalam Membuat Kalender Konten!

Berlomba-lomba menggaet engagement terbaik di media sosial, influencer, calon influencer, hingga pemilik bisnis online setiap harinya memikirkan strategi terbaik untuk meningkatkan engagement pada konten mereka.

Apabila engagement yang mereka hasilkan mengalami kenaikan yang konsisten, tentu hal ini akan berimbas pula pada peningkatan brand awareness atau dalam kasus influencer adalah popularitas mereka di media sosial. Oleh karena itu, tentu tak heran jika kita saat ini kita melihat banyak dari para influencer dan pemilik bisnis online aktif mengunggah beberapa konten dalam sehari, setiap harinya.

content calendar

“Kok bisa konsisten ya? Apa nggak pernah kelupaan upload?Eittss.. Tentu tidak Socialty! Karena mereka sudah memiliki rahasia khusus untuk mengantisipasi faktor “kelupaan” atau keterlambatan dalam mengunggah konten.

Yup, rahasianya ada di judul artikel ini, apa lagi kalau bukan kalender konten. Jadi apa itu sebenarnya kalender konten, bagaimana cara pembuatannya, dan seperti apa contoh nyatanya? Intip bocorannya di artikel ini!

Apa Itu Kalender Konten?

Kalender konten adalah jadwal yang dibuat oleh pengguna media sosial untuk mengatur secara sistematis konten apa saja yang akan diunggah dalam rentang waktu tertentu, di platform mana saja konten tersebut diunggah, serta detail terkait waktu spesifik kapan konten tersebut diunggah.

Untuk bisa tetap fokus dan konsisten, kalender konten biasanya dibuat dalam rentang waktu perhari, perminggu, hingga perbulan. 

Selain memudahkan pekerjaan serta menghindari keterlambatan waktu upload, dengan membuat kalender konten kamu dapat memiliki track record konten-konten yang telah diunggah, serta merencanakan secara matang dan spesifik konten yang akan datang, sehingga hasil yang disajikan tentu akan lebih matang dan berkualitas di kemudian hari.

Cara Membuat Kalender Konten

content calendar on ipad

Untuk membuat kalender konten, kamu bisa memanfaatkan sejumlah tools, mulai dari kalender biasa, hingga menggunakan bantuan dari platform tertentu, dalam hal ini adalah Google Sheets.

Dapat digunakan secara gratis dan mudah, Google Sheets menjadi tools andalan para pegiat media sosial dalam merencanakan konten. Syarat utama yang harus kamu penuhi hanya satu, yaitu memiliki akun Google. 

Setelah masuk ke laman Google Sheets kamu bisa langsung menyusun template tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan perencanaan konten. Seperti mengatur kolom waktu, konten, hingga keterangan tambahan apabila diperlukan. Setelahnya kamu bisa langsung mengisi setiap baris yang tersedia sesuai dengan konten dan waktu unggah yang kamu tentukan.

Tips Dalam Membuat Kalender Konten

Sebelum resmi memulai kalender konten pertamamu, ikuti beberapa tips di bawah ini untuk hasilkan performa konten yang maksimal di kalendermu!

1. Lakukan Audit Media Sosial

Sebelum merencanakan konten dan mengisi kalender, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu karakteristik dari target audiens di media sosial mu dan memetakan konten-konten yang terlihat memiliki peluang lebih tinggi dalam memperoleh engagement. 

Salah satu caranya adalah dengan melakukan audit saluran media sosial.

Saat melakukan audit kamu akan melakukan kegiatan riset, seperti mencari tahui sasaran audiens, demografi dari audiens, strategi posting yang perlu dilakukan, hingga evaluasi dari beberapa konten sebelumnya. Di sini kamu dapat memanfaatkan sejumlah tool analytics yang biasanya disediakan oleh tiap platform. Misal, Instagram dengan Insight Instagram-nya.

2. Pilih Tools Kalender Konten

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk membuat kalender konten kamu memerlukan tools, antara lain seperti kalender manual, Google Sheets, atau Trello. Dengan begitu, kamu bisa langsung mulai memetakan konten dan merencanakan waktu jadwal untuk setiap konten.

content calendar and phone

3. Tentukan Strategi Konten

Cara ketiga adalah tentukan strategi konten sesuai dengan hasil audit media sosial agar hasil yang diperoleh menjadi maksimal dan sesuai dengan target audiens.

Menentukan strategi konten dapat dimulai dengan melihat kembali pada personal branding akun, dan tujuan dari konten yang hendak direncanakan. Setelahnya kamu baru dapat lanjut ke penentuan waktu unggah dan platform media sosial yang hendak dituju.

4. Isi Kalender Konten

Next step, mulai isi kalender konten. Di sini kamu bisa langsung meng-input konten yang direncanakan, beserta jadwal kapan mereka diunggah di laman kalender pilihanmu.

5. Lakukan Monitoring Jadwal

Setelah selesai, kamu masih perlu melakukan recheck atau monitoring pada jadwal yang kamu unggah dengan melakukan pemantauan rutin pada performa dari setiap konten, agar kedepannya kamu bisa menentukan strategi perbaikan untuk terus meningkatkan kualitas konten yang kamu rencanakan.

Contoh Kalender Konten

Berikut adalah contoh nyata dari kalender konten yang dapat kamu jadikan acuan: 

contoh kalender konten

Source: Medium

Setelah mengetahui serba-serbi kalender konten tadi kamu wajib banget nih mulai buat kalender konten kamu dari sekarang. Tapi jangan lupa, riset audit media sosial kamu dulu ya untuk dapatkan hasil yang maksimal!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!