Jenis-Jenis Vlog Populer yang Dapat Kamu Pakai untuk Menjadi Youtuber

Perkembangan digital yang semakin pesat, membuat pertumbuhan pekerja digital semakin menjamur termasuk Vlogger maupun konten kreator. Dalam riset yang kami temukan di Vloggingpro.com sebanyak 44 persen pengguna internet menonton vlog dalam setiap bulannya. Serta sekitar 66 persen owner bisnis menyebutkan marketing melalui konten adalah strategi yang paling efektif. 

Dalam masa pandemi saat ini banyak vlogger atau konten kreator baru bermunculan di Youtube, Instagram maupun Tiktok. Tidak hanya sekedar hobi, saat ini vlogger dan konten kreator menjadi sebuah profesi yang menjanjikan di masa digitalisasi sekarang ini. Tidak sedikit para vlogger dan konten kreator meninggalkan pekerjaan utamanya demi membesarkan namanya di dunia digital karena faktor penghasilan yang pastinya lebih besar dari sebelumnya. 

Tetapi apakah kamu tau, apa sih itu vlogger? Vlogger atau video blog adalah seseorang yang membuat video dan membagikan videonya ke platform media sosial terutama Youtube. Biasanya vlogger ini membagikan video aktivitas keseharian mereka kepada penonton. Ada beberapa jenis vlog yang saat ini sedang tren dan berhasil di Youtube. Apa saja ya? Yuk, disimak!

Jenis-Jenis Vlog

Untuk memulai karir menjadi vlogger, kamu harus tau dulu apa saja jenis-jenis dari vlog itu sendiri. Setelah itu kamu dapat menentukan jenis vlog seperti apa yang akan kamu buat untuk penonton kamu. Berikut adalah jenis-jenis vlog yang dapat kamu jalani. 

Reality Vlog

Jenis ini banyak dilakukan oleh seseorang yang memiliki hobi traveling. Memberikan video berupa pemandangan, tempat-tempat unik, ataupun hidden gem. Vlog ini biasanya dibuat oleh para pengambil gambar profesional karena tingkat kesulitan tinggi dalam pengambilan gambar untuk menghasilkan video yang bagus. Nah, jenis vlog ini cocok banget buat kamu yang hobinya traveling, lho!

How to Vlog

Untuk jenis vlog yang satu ini memiliki nilai edukatif dan informatif untuk penonton. Mulai dari review produk, tips-tips, memasak, dan tutorial. Demi membuat video lebih menarik, How to vlog ini menggunakan teknik pengambilan gambar dari angle yang tidak biasa dan penggunaan mikrofon yang jelas agar informasi secara jelas tersampaikan ke penonton. 

Talking Head Vlog

Jenis vlog ini merupakan jenis vlog yang paling mudah dan paling sering dibuat oleh para Youtuber. Pasalnya, kamu tidak perlu membutuhkan teknik khusus. Hanya memerlukan kamera dan mikrofon kamu dapat membuat vlog jenis ini. Dilakukan secara sendiri dan hanya menampilkan setengah badan saja, vlog ini biasanya berisi tentang opini pembicara ataupun merekam kegiatan keseharian mereka. 

Family Vlog

Family vlog merupakan salah satu jenis vlog yang populer dikalangan para selebritis. Dimana mereka merekam dan membagikan kepada publik bagaimana keseharian keluarga mereka jika di rumah ataupun di luar rumah. Dasarnya mereka melakukan ini adalah bentuk dokumentasi bagi keluarga mereka ke dalam internet yang tidak akan menghilang. Nah, jika kamu ingin mendokumentasikan kegiatan keluarga kamu, boleh aja kok dicoba. Mungkin aja jadi cuan.

Gaming Vlog

Semua orang tua pasti akan kesal dengan anaknya selalu bermain game setiap saat. Tapi berbeda jika anaknya bermain game tetapi menghasilkan pundi-pundi yang dibilang sangat menjanjikan. Dengan cara merekam kegiatan bermain game kamu dan bagikan video ke Youtube, kamu dapat menghasilkan uang, lho. Eits, tapi tidak semudah itu. Kamu juga harus mempersiapkan beberapa aspek untuk mendukung vlog kamu ini seperti, alat-alat, karakter vlog, konsep, dan masih banyak lagi. 

Demikianlah lima jenis vlog yang paling populer yang dapat kamu lakukan jika ingin menjadi vlogger di Youtube. Gimana, mau coba yang mana nih?

Buat kamu yang ingin berkolaborasi dengan para konten kreator dan influencer, langsung aja download aplikasi Socialights di Smartphone kamu!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!