Jam Upload Youtube Terbaik, Tips Buat Dapetin Banyak Viewers!

Hiburan masa kini semakin bervariasi karena terdapat banyak sekali platform yang bisa diakses via gadget. Youtube sendiri jadi platform berbasis video yang punya target market luas. Tak heran kalau banyak juga orang yang ingin membuat konten demi meraup keuntungan dari Youtube. Persaingannya yang tinggi ini membuat kamu harus pintar-pintar untuk mencari jam upload Youtube terbaik supaya viewers tetap banyak.

Youtube ialah platform berbasis video dengan durasi cukup panjang, yakni sekitar 10 menit hingga 1 jam. Target marketnya yang luas membuat niche konten Youtube dari masing-masing konten kreator pun berbeda. Kamu bisa menemukan hiburan, edukasi, vlog, tutorial, review, dan konten lain yang bisa ditonton sesuai dengan minat penggunanya. 

Jam Upload Konten Youtube Terbaik (Prime Time)

layar tablet

Setiap platform digital punya jam terbaik (prime time) di mana pengguna paling banyak mengakses serta menikmati konten yang ada. Nah, karena Youtube merupakan platform berbasis video dengan durasi panjang, orang akan menghabiskan waktu untuk mengakses platform ini di kala waktu senggang agar tidak mengganggu aktivitas lain.

Waktu terbaik dalam mengupload konten di Youtube lebih disarankan saat hari libur atau weekend. Meski pengguna tetap ada yang mengakses Youtube di hari biasa, tetapi akses terbanyak ada pada waktu weekend

Menurut data dari Oberlo, waktu terbaik untuk upload konten Youtube yakni pada hari Kamis dan Jumat. Sementara itu, aktivitas pengguna Youtube terbanyak akan ada pada hari Sabtu dan Minggu. Nah, mengupload konten di hari Kamis dan Jumat sebagai bahan tontonan di akhir pekan bikin konten kamu masih fresh karena baru diunggah beberapa hari. 

Selain aktif di akhir pekan, di weekdays pun terdapat pengguna Youtube yang masih aktif. Saat hari kerja, utamanya pengguna Youtube banyak mengakses platform tersebut pada pukul 12.00 – 16.00. Pastikan konten yang kamu buat berdasarkan minat target pasar yang telah ditentukan. Ini berguna agar konten kamu masuk ke beranda Youtube audiens setelah diunggah.

Tips Membuat Konten Youtube yang Menarik Audiens

kertas perencanaan

Memperhatikan jam tayang atau upload konten di Youtube memang penting. Namun, kamu tidak boleh melewatkan juga soal kualitas konten yang ingin diunggah di Youtube. Jangan sampai konten yang kamu buat merugikan diri sendiri apalagi audiens. Berikut ada tipsnya, nih, dalam membuat konten Youtube menarik serta berkualitas.

1. Topik Konten Sesuai Niche

Sebelum terjun menjadi konten kreator, kamu harus memiliki target pasar tersendiri agar nantinya tidak lagi kebingungan mengenai topik konten yang ingin dibawakan. Sebagai contoh, kamu suka membeli barang unik lalu ingin mereviewnya secara detail lewat konten Youtube. Dengan begitu, topik konten kamu nantinya akan berhubungan dengan barang unik yang sedang tren. 

2. Cek Kualitas Konten

Sebuah konten yang berkualitas tak hanya dilihat dari isinya, tetapi juga melalui audio serta visualnya. Pastikan setiap konten memiliki gambar yang jernih dan suara yang jelas. Kualitas konten yang baik akan mempengaruhi kenyamanan audiens agar betah menonton konten kamu sampai selesai.

3. Berkolaborasi

Persaingan di dunia Youtube memang ada. Namun, tak ada salahnya apabila kamu berkolaborasi dengan kreator lain untuk membuat video. Dengan begini, kamu bisa berpotensi menambah viewers juga meningkatkan engagement karena ada audiens baru yang menonton.

4. Promosikan Konten

Baru mulai merintis konten di Youtube? Gencar mempromosikan konten bisa menjadi cara kamu agar menambah viewers. Setelah mengunggah video, jangan lupa untuk mempromosikannya melalui akun media sosial kamu yang lain seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok. Lewat platform-platform tersebut, kamu bisa menggaet audiens baru yang sesuai dengan target marketmu.

Mulai sekarang, perhatikan selalu jam terbaik ketika ingin upload Youtube agar konten kamu ditonton banyak pengguna. Selain itu, pastikan juga kualitas konten yang dibuat menarik lewat beberapa hal di atas. Yuk, mulai jadi konten kreator sekarang!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!