Jam Upload Tiktok Terbaik 2022, Biar Konten Masuk FYP!

Tiktok menjadi salah satu jejaring media sosial terpopuler yang banyak penggunanya. Nyatanya, platform berbasis video ini cukup banyak peminatnya karena menghibur di kala waktu luang. Bahkan, beberapa konten kreator mulai menggunakan platform ini sebagai edukasi baik di bidang pekerjaan, parenting, media sosial, hingga pengembangan diri. 

Aplikasi Tiktok sendiri adalah platform media sosial yang mengedepankan video sebagai kontennya. Pengguna bisa bebas membuat video musik, mengedit, hingga berbagi kepada followers atau seluruh pengguna di platform ini. 

Fitur For You Page di Platform Tiktok

fyp tiktok

Di dalam aplikasi Tiktok terdapat fitur yang bernama For You Page (FYP). FYP adalah halaman yang didesain khusus untuk memuat konten sesuai dengan ketertarikan pengguna. Bisa dikatakan, FYP pada Tiktok mirip dengan explore yang ada di Instagram. 

Di FYP kamu akan menemukan beragam rekomendasi video dengan durasi 15 detik hingga 3 menit yang sudah TikTok sesuaikan dengan interest kamu. Apabila ada konten yang dirasa kurang sesuai, kamu bisa juga menekan tombol “not interested” agar video serupa tak lagi TikTok rekomendasikan ke FYP kamu. 

Kehadiran beragam video tersebut juga sudah sesuaikan dengan algoritma platform Tiktok. Algoritma ini mengacu pada hal seperti interaksi, informasi video, pengaturan akun pengguna, serta akun apa saja sih yang pengguna follow.

Sebagai contoh, ketika kamu menonton video yang sama selama 2-3 kali, maka algoritma akan membaca bahwa kamu tertarik dengan topik seperti yang ada di video tersebut. Hal tersebut juga berlaku apabila kamu meninggalkan komentar, like, atau menyimpan videonya.

Jam Upload Tiktok Paling Ramai Pengguna

Nah, sebagian besar konten yang masuk ke dalam FYP akan berpotensi viral. Bagi seorang konten kreator, hal ini tentu menguntungkan karena konten kamu akan mendapat views yang tinggi. Akan tetapi, untuk masuk ke dalam FYP kamu perlu menyesuaikan konten yang ingin diunggah. Selain itu, jam upload konten juga berpengaruh ke FYP kamu. 

Untuk masuk ke FYP, kamu bisa buat konten berdasarkan niche yang relevan dengan konten kamu yang lain, caption menarik, penggunaan musik atau sound yang sedang tren, sampai dengan penggunaan hastag yang tepat. 

Menunggah konten di jam prime time berpotensi membuat viewers kamu lebih tinggi dibandingkan biasanya. Jam prime time ini merupakan jam-jam aktif para pengguna media sosial. Di Tiktok sendiri, jam prime time untuk upload konten berbeda-beda setiap harnya. Nah, berikut ini daftar jam prime time yang bagus buat kamu upload konten di Tiktok.

1. Hari Senin (12.00 – 13.00)

Senin merupakan hari pertama kerja di mana orang-orang cukup sibuk. Di hari Senin ini tak banyak orang yang punya cukup waktu untuk mengecek media sosial. Algoritma platform ini membaca bahwa kebanyakan pengguna mengakses Tiktok pada pukul 12.00 – 13.00, yakni pada jam istirahat. Sehingga kamu punya potensi FYP yang tinggi apabila mengupload di jam tersebut.

2. Hari Selasa (15.00 – 16.00 dan 19.00 – 21.00)

Hampir sama dengan hari sebelumnya, orang tak banyak memiliki waktu untuk bermain media sosial di hari Selasa. Biasanya, pengguna media sosial akan membuka akun mereka ketika seluruh kegiatan sudah selesai. Kebanyakan mereka mengaksesnya pada pukul 15.00 -16.00 selepas berkegiatan atau malam hari pukul 19.00 – 21.00. 

3. Hari Rabu (11.00 – 12.00 dan 20.00 – 21.00)

Rabu merupakan hari yang cukup melelahkan dan membosankan bagi sebagian orang karena berada di tengah minggu. Di hari ini, banyak orang yang menghabiskan waktu di media sosialnya menjelang makan siang seperti pukul 11.00 – 12.00 ataupun saat sebelum tidur pukul 20.00 – 21.00. Waktu-waktu tersebut bisa kamu jadikan acuan dalam mengupload konten.

4. Hari Kamis (12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00)

Menjelang akhir minggu banyak pekerjaan perlahan selesai sehingga waktu di hari Kamis lebih fleksibel. Banyak orang yang mengakses media sosial seperti sebelum makan siang, saat selesai bekerja, dan malam hari. Momen ini bisa dimanfaatkan sebagai timing untuk menggungah konten.

5. Hari Jumat (11.00 – 12.00 dan 19.00 – 22.00)

Waktu sangat fleksibel di hari Jumat dibandingkan hari biasanya. Jadi, tak perlu heran kalau banyak yang mengakses media sosial untuk hiburan di sela-sela jam kerja. Kamu bisa gunakan waktu yang tepat seperti pukul 11 siang ketika ingin mengunggah konten di hari Jumat. Selain itu, kamu juga bisa upload di malam hari mulai pukul 19.00 – 22.00.

6. Hari Sabtu (09.00 – 11.00 dan 19.00 – 21.00)

Sebagian besar orang tak berkegiatan secara produktif di hari Sabtu dan memanfaatkannya untuk pergi atau menghabiskan waktu di rumah. Banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain media sosial. Dengan begitu, banyak waktu juga yang bisa kamu miliki untuk mengunggah konten. Kamu bisa upload konten mulai jam 9 pagi.

7. Hari Minggu (Sepanjang Hari)

Hari minggu adalah hari libur bagi semua orang. Pada hari ini tak ada acuan khusus kapan kamu harus mengunggah konten di hari Minggu. Sebagian besar konten yang di unggah dihari ini memiliki potensi FYP yang cukup tinggi dibandingkan hari lainnya.

Mengunggah di jam yang tepat bisa menjadi strategi kamu dalam mengembangkan akun media sosial. Hal ini pun bisa diterapkan bagi kamu para konten kreator. Tujuannya agar postingan konten kamu mendapatkan views serta engagement yang tinggi. Sudah pernahkah kamu upload konten Tiktok di jam tersebut? 

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!