Jam Posting Instagram Terbaik 2022!

Ketika kamu memutuskan untuk terjun dalam bisnis online, maka kamu juga harus melakukan riset sebanyak mungkin. Tidak hanya produk, tapi juga strategi untuk posting di Instagram dan media sosial lainnya. Kenapa? Karena jam posting akan berpengaruh terhadap engagement rate. 

Engagement rate sendiri bisa dikatakan koneksi antara kamu dan follower. Semakin tinggi engagement rate, artinya audiens kamu senang dengan konten yang kamu berikan. Engagement rate akan didapatkan ketika postingan mendapatkan like, comment, share dan save yang balance

Ini mengapa jam posting menjadi sangat penting, karena waktu yang tepat adalah ketika trafik penggunaan Instagram sedang naik. Ketika banyak pengguna yang membuka Instagram, kemungkinan postingan akan dilihat akan sangatlah tinggi. Sehingga bisa mendapatkan like yang banyak. 

Waktu Premi Jam Posting Instagram 

infografis jam upload

Setelah memahami alasannya, tentu saja kamu penasaran kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk jam posting Instagram.

Dilansir dari beberapa sumber, jam posting yang tepat di media sosial yang satu ini adalah mulai dari pukul 11 siang hingga 1 siang. Di mana pada waktu tersebut banyak orang yang sedang makan siang. 

Tidak sedikit orang yang menikmati makan siang sembari scrolling Instagram. Kemudian, setelah waktu kerja selesai, sekitar pukul 7 malam hingga 9 malam. Pada jam tersebut sudah banyak orang yang bersantai sambil menikmati berbagai keseruan dan informasi di Instagram. 

Sementara itu, terdapat berbagai hasil penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan jam posting Instagram yang efektif, di antaranya:

  • Menurut HubSpot, jam posting Instagram yang paling ideal: 2 siang–3 sore pada hari Kamis.
  • Menurut Sprout Social, jam posting Instagram yang paling ideal: 11 siang di hari Rabu dan 10–11 siang di hari Jumat.
  • Menurut Expert Voice, jam posting Instagram yang paling ideal: 11 siang dan 3 sore pada hari Rabu.
  • Menurut Later, jam posting Instagram yang paling ideal: 9 pagi– 1 siang.

Kamu biaa bereksperimen menggunakan beberapa rekomendasi jam premi di atas.

Jam Posting Di Berbagai Media Sosial Lainnya 

Selain Instagram, media sosial lain juga mempunyai perkiraan waktu jam posting yang sangat disarankan. Berikut ini adalah penjelasannya: 

1. Facebook 

Untuk Kamu yang ingin mencari prime time dari media sosial yang satu ini adalah pada pukul 13.00 hingga 16.00. Dimana untuk hari Minggu paling bagus posting pada pukul 15.00. Hindari posting di hari Selasa karena dinilai tidak terlalu baik untuk memposting konten. 

2. YouTube 

Di YouTube sendiri waktu yang tepat untuk upload adalah pukul 12.00 hingga 16.00. Sehingga ketika orang pulang kantor bisa langsung menonton video yang Kamu unggah. 

3. Twitter 

Sedangkan untuk Twitter, waktu paling tepat untuk memposting adalah pada pukul 12.00 hingga 13.00 serta pukul 16.00 hingga 17.00. Hari yang tepat adalah pada Senin sampai Jumat. 

4. LinkedIn 

Untuk media sosial LinkedIn, waktu posting yang tepat adalah pada pukul 10.00 hingga 11.00. Karena memang aplikasi ini digunakan oleh para profesional terkait dengan pekerjaan. 

5. TikTok 

TikTok mempunyai jam posting yang berbeda-beda setiap harinya. Pada hari Senin jam yang tepat adalah 12.00 sampai 13.00. Kemudian pada hari Selasa adalah 15.00 hingga 16.00 dan 19.00 sampai 21.00. Di hari Rabu adalah pukul 11.00 sampai 12.00 dan 20.00 hingga 21.00. 

Pada hari Kamis adalah pukul 12.00, kemudian 16.00, 19.00 serta 20.00. Untuk hari Jumat adalah 11.00 sampai 12.00 dan 19.00 hingga 22.00. Di hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 21.00.

Selain jam diatas, kamu juga bisa bereskperimen sendiri dengan jam posting terbaik yang mengikuti target audiens kamu.

Itu dia penjelasan tentang jam posting Instagram serta media sosial lainnya yang harus kamu ketahui. Dengan mengunggah konten di jam prime time tersebut, konten kamu berpotensi naik dan mendapatkan engagement tinggi.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!