Jadi YouTuber Cuman Modal HP? Eits, Bisa Kok! 

Seiring berjalannya waktu, YouTube bertransformasi bukan hanya menjadi media hiburan namun juga industri yang menjanjikan. Banyak individu yang membuat konten untuk YouTube atau biasa kita kenal dengan istilah ‘YouTuber’ berhasil mendapat penghasilan yang menjanjikan.

Namun, banyak juga yang tidak berhasil mendapat perhatian publik dari konten yang mereka buat dan berjuang tidak mendapat keuntungan apapun. Jika kamu hanya memiliki HP saat pertama kali berpikir untuk memulai channel YouTube, kamu tidak perlu khawatir. 

Modal HP juga tetap bisa menjadi YouTuber, kok! Simak penjelasan yang telah Socialights rangkum pada artikel berikut ini ya. Kamu akan mendapat jawabannya,

Cara Membuat Channel YouTube

selfie

Untuk menjadi seorang YouTuber, tentunya kamu harus memiliki channel YouTube pribadi. Channel YouTube juga bisa kamu buat dengan menggunakan HP, yang terpenting kamu sudah memiliki akun Google atau Gmail.

Jika akun sudah tersedia, selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi YouTube atau situs YouTube seluler
  2. Lakukan tindakan yang mengharuskan adanya channel, misalnya mengunggah video atau membuat playlist
  3. Jika belum memiliki channel, maka akan dipandu membuat channel dengan mengisi data yang diperlukan
  4. Periksa detailnya seperti nama channel, deskripsi, dan pengaturan privasi lalu klik ‘Selesai’
  5. Dan channel YouTube pribadi pun siap digunakan

Selain channel pribadi, kamu juga bisa menggunakan channel YouTube bisnis. Perbedaan antara akun YouTube reguler dengan bisnis terletak pada jumlah pengelolanya.

Akun reguler hanya dapat dikelola oleh pemilik akun Google terkait. Sementara akun bisnis dapat dikelola sejumlah pemilik sesuai kebutuhan. Jadi, tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah panduannya:

  1. Buka situs seluler YouTube dan login dengan akun Google 
  2. Buka daftar channel 
  3. Klik ‘Buat channel baru’ lalu isi detail channel baru tersebut mulai dari nama, deskripsi, dan pengaturan lainnya 
  4. Verifikasi akun dan klik ‘Selesai’ 
  5. Channel bisnis atau channel dengan nama lain pun selesai dan siap digunakan

Setelah channel baru selesai dibuat, kamu sudah bisa membuat konten lalu mengunggahnya di sana. Selain itu, kamu juga dapat memonetisasi channel YouTube-mu agar muncul di iklan dan mendapatkan penghasilan.

Namun, ada persyaratan tertentu untuk mendapatkan uang dari channel YouTube. Informasi selengkapnya bisa kamu akses disini.

Buat Konten YouTube Pakai HP

unboxing barang

Setelah punya channel YouTube, kamu tentunya harus menciptakan konten-konten menarik yang bisa dibuat menggunakan HP. Ini adalah beberapa rekomendasinya:

1. Video Haul

Jika kamu berminat membuat konten video haul, kamu harus membeli beberapa barang. baru dan merekamnya saat membuka barang tersebut untuk menunjukan reaksimu kepada penonton. Barang apa itu? Semuanya tergantung dengan dana dan kekreatifitasan yang kamu miliki.

Meski video haul mungkin tidak terlalu lazim seperti dulu, namun kontennya tetap bisa menginspirasi bagi sebagian orang untuk membeli produk tertentu. Konten sejenis ini juga selalu ramai penonton. Kamu bisa menambahkan musik, efek, teks, transisi, subtitle, trim hingga filter agar video haul bikinanmu tampil menarik.

2. Konten Menjalankan Hobi yang Kamu Suka

Sebagai pemula, kamu bisa memulai membuat konten dari hal-hal yang kamu suka. Misalnya kamu suka menulis, kamu bisa membagikan tips journaling. Kamu suka make-up, kamu bisa membuat konten tutorial make-up. Atau jika kamu suka bernyanyi, kamu bisa membuat konten video cover lagu. Video cover lagu apalagi lagu-lagu yang sedang populer akan menarik banyak perhatian penggemar, lho!

Kedua konten yang Socialights rekomendasikan tergolong mudah untuk kamu buat. Kamu hanya perlu tripod sebagai penyanggah HP saat membuat konten.

Rekomendasi Peralatan Sederhana untuk Membuat Konten

tutorial make up

Sebagai pemula, cobalah untuk tidak langsung memikirkan sebuah konten yang terlihat mewah atau memiliki ilustrasi video yang canggih. Sebenarnya kamu cukup membuat konten yang kreatif dengan kualitas video yang jelas. 

Oleh sebab itu, dalam mengawali karir sebagai ‘YouTuber dengan modal HP’, kamu tidak perlu terlalu khawatir karena tidak memiliki peralatan yang canggih atau mahal.

Namun jika kamu sudah menyiapkan biaya yang cukup sebelumnya, Socialights merekomendasikan beberapa barang yang bisa kamu beli:

  • Microphone dan audio recorder, untuk merekam dan menghasilkan suara yang lebih baik
  • Tripod dan camera holder, untuk meminimalisir guncangan pada video
  • Lampu tambahan seperti ringlights, untuk memberikan pencahayaan yang merata pada video

Bagaimana, setelah membaca artikel ini apa kamu siap menjadi YouTuber?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!