3 Istilah di SosMed yang Wajib Content Creator Ketahui!

Apa kamu suka memainkan platform sosmed? Daripada hanya menjadi pengguna, mengapa tidak mencoba berkarir menjadi creator di dalamnya.

Intip, deh, 3 istilah populer yang umum digunakan creator saat bermain sosmed biar kamu semakin up to date.

content creator

1. Engagement Rate

Engagement Rate (ER) semacam parameter yang bisa mengukur performa akun sosmed seorang creator. Jika dijelaskan, engagement rate merupakan salah satu metrik yang digunakan untuk mengukur interaksi audiens terhadap konten yang kamu miliki. 

Sementara itu, beberapa indikator yang digunakan untuk menentukan ER dapat ditinjau dari berapa lama audiens membaca konten kamu, berapa banyak likes yang kamu kumpulkan untuk setiap postingan, berapa banyak konten yang audiens bagikan (share), serta berapa sering mereka melakukan call to action atau tindakan sesuai perintah (click).

Engagement rate setiap platform juga berbeda-beda. Namun berdasarkan riset, platform Facebook memiliki rata-rata rate akun 0,09%, sedangkan Instagram lebih tinggi di angka 1,6%. 

Untuk itu, jika kamu sudah menjadi creator nanti, kamu harus rajin melakukan perbandingan dengan kompetitor akun dengan niche yang sejenis. Semua perhitungan tersebut dihitung dengan rumus tersendiri.

Lantas, mengapa engagement rate? Itu karena ER dapat memantau beberapa hal seperti memantau aktivitas campaign, membandingkan performa akun kamu dengan akun kompetitor, dan menilai seberapa baik user experience dari audiens kamu.

Untuk informasi selengkapnya kamu bisa membacanya di: Pengertian Engagement Rate Secara Rinci

2. Account Reached

Reach adalah jumlah dari total pengguna sosmed yang mencari tahu konten pada akunmu. Jadi, jika ada 50 akun yang melihat akunmu, berarti account reach yang kamu punya ada 50 orang juga. Orang-orang yang melihat akun kamu tadi disebut ‘akun unik’.

Sementara itu, terdapat 3 kategori reach yang bisa dilihat, yaitu organic reach, paid reach, dan viral reach. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Organic reach mewakili jumlah akun unik yang melihat sebuah konten tanpa mengeluarkan uang, di newsfeed mereka setelah konten tersebut dimuat di page kamu.
  2. Paid reach adalah jumlah orang yang melihat konten kamu karena hasil dari iklan atau promosi. Paid reach dipengaruhi oleh pembelanjaan iklan yang kamu bayarkan. Oleh karena itu, semakin banyak kamu mengeluarkan uang untuk iklan, semakin banyak juga orang yang akan melihat iklan tersebut.
  3. Viral reach adalah jumlah akun unik yang melihat konten kamu karena hasil dari pengguna lain memberi likes, berkomentar, atau membagikan konten tersebut. Ini jadi merupakan hasil dari post organic dan/atau post berbayar.

3. Verbal Identity

Jika kamu ingin memulai karir sebagai seorang content creator, kamu tentunya membutuhkan sebuah ciri khas yang menjadikanmu berbeda dari creator lain.

Atau lebih sederhananya, kamu perlu membangun personal branding yang ingin kamu tunjukkan kepada audiens.

Nah, salah satu aspek personal branding untuk mengekspresikan kepribadian kamu melalui tulisan dan cara berbicara itu disebut verbal identity.

Kamu membutuhkan aspek ini karena verbal identity dapat memperkuat identitas kamu untuk setiap pesan yang ingin kamu tampilkan pada konten yang kamu buat. Dengan begitu, ini akan memberikan kamu sebuah ciri khas berbeda dari creator lainnya.

Baca Juga: Personal Branding : Definisi, Manfaat, Ini Tips untuk Kamu!

Itu dia beberapa istilah sosmed yang telah Socialights rangkum. Selamat mencoba!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!