10 Istilah dalam TikTok, Kreator Wajib Tahu!

Kehadiran TikTok sebagai sebuah platform media sosial baru langsung melejit. Banyaknya pengguna, tak terkecuali di Indonesia sekaligus menciptakan peluang baru bagi yang ingin berkarier sebagai kreator. Nah, kalau kamu ingin menjadi konten kreator di TikTok,  terdapat istilah dalam Tiktok yang harus kamu tahu biar tidak kebingungan saat memainkannya.

Tiktok sendiri merupakan platform media sosial berbasis video singkat. Durasi video sekali kamu mengunggah konten mulai dari 15 detik – 180 detik atau 3 menit. Video-video yang ingin kamu unggah bisa berupa tarian, cover, parodi, dubbing, dan lain sebagainya.

Istilah-Istilah Tiktok

Istilah-istilah yang ada dalam Tiktok ini tidak hanya meliputi nama fitur serta fungsinya saja. Namun juga menjadi tren yang sering audiens pakai.

Ada istilah apa aja ya? Simak penjelasannya di sini yuk!

1. FYP 

fyp tiktok

Istilah FYP atau For You Page adalah yang paling sering disebut para pengguna Tiktok. Bahkan, beberapa berseliweran di kolom komentar untuk memberitahu kreator apabila konten tersebut masuk ke dalam FYP.

Lewat FYP, para pengguna memiliki peluang agar kontennya bisa masuk ke beranda pengguna lain. Kelebihan dari FYP adalah penonton tidak perlu memfollow kreator untuk bisa melihat kontennya.

FYP sendiri merupakan fitur yang Tiktok sediakan, di mana pengguna mempunyai halaman yang sesuai dengan minatnya.

Cara kerjanya sendiri hampir mirip dengan explore yang ada pada platform Instagram. FYP bekerja sesuai dengan algoritma yang telah Tiktok amati.

2. VT

VT merupakan singkatan dari Video Tiktok. Apabila seseorang ingin menyebutkan konten dari kreator, biasanya akan menggunakan kata VT ini.

Contoh penggunaannya, “VT sebelumnya bisa kita lihat di mana ya?.” Dengan istilah ini, pengguna akan lebih mudah menyebutkan serta lebih singkat.

3. Selebtok

Penggunaan istilah “Selebtok” ini mirip dengan “Selebgram” pada platform Instagram. Namun, Selebtok berlaku hanya pada platform Tiktok.

Kepanjangan dari Selebtok ialah Seleb Tiktok.  Istilah ini merujuk pada konten kreator yang sudah terkenal dan memiliki follower ratusan ribu hingga jutaan di platform Tiktok.

4. POV

POV adalah singkatan dari Point of View atau sudut pandang dalam bahasa Indonesia. Istilah ini biasa dipakai dalam konten Tiktok berbentuk series yang dibuat oleh kreator.

POV merujuk pada video yang mengisahkan sudut pandang tertentu. Ceritannya bisa beragam tergantung dengan keinginan kreator.

Misalnya, POV: Cewek Populer Di Sekolah, maka kontennya akan berisi bagaimana sikap, sifat, serta perilaku dari cewek populer di sekolah pada umumnya.

5. Report

Report merupakan istilah sekaligus fitur yang ada hampir di seluruh platform media sosial. Fitur ini dalam Tiktok berfungsi untuk melaporkan konten atau pengguna yang kamu rasa menganggu dan tidak sesuai dengan keinginanmu.

Misalnya, kamu bisa melaporkan pengguna yang menyebarkan kebencian, melakukan spam, hingga tindakan pornografi.

6. Duet

Fitur Duet yang memungkinkan dua pengguna atau lebih berkolaborasi membuat video Tiktok.

Namun, video ini hanya dapat dilakukan apabila pengguna memberikan izin duet saat mengunggah video.

Dalam fitur ini, kedua video yang diunggah pengguna akan ditampilkan sekaligus dan bersebelahan.

7. Stitch

stitch

Hampir mirip dengan duet, Stitch pada Tiktok memungkinkan penggunanya berkomentar atau menanggapi video pengguna lain melalui video.

Penggunaan Stitch ini akan menampilkan video dari kreator pertama di awal, dan dilanjutkan dengan video dari kreator selanjutnya yang berkomentar atau menanggapi.

8. IB

Sering dicantumkan di dalam caption video Tiktok, kamu sudah tahu belum arti dari IB? IB ini merupakan istilah dengan arti inspired by atau terinspirasi dari.

Apabila kamu terinspirasi dan membuat konten mirip dengan kreator lain, ada baiknya mencantumkan IB pada caption sebagai credit kepada pemilik ide sebenarnya.

9. Sound

Di dalam Tiktok terdapat istilah Sound, yakni suara yang ada dalam video tiktok. Sound ini tidak hanya terbatas pada musik, bisa juga celotehan dari kreator lain yang kemudian pengguna pakai menjadi sound.

Namun, pada umumnya sound dari Tiktok merupakan musik atau lagu baik asli maupun di remix.

10. Tiktokers

tiktoker

Tiktoker ialah istilah atau label yang biasa pengguna Tiktok pakai. Apabila kamu merupakan pengguna yang sering membuat konten secara rutin di Tiktok, kamu bisa menjadi bagian dari Tiktokers.

Nah, itulah dia 10 istilah dalam Tiktok yang perlu kamu ketahui. Mengetahui istilah ini juga bikin kamu lebih up to date dan anti ketinggalan zaman.

Jadi, ketika membuat Tiktok dan memainkannya, kamu tidak perlu bingung lagi ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!