8 Instagram Trend 2023 yang Harus Kamu Tahu!

8 Instagram Trend 2023 yang Harus Kamu Tahu!

Jika kamu ingin menggunakan Instagram sebagai platform yang menunjang aktifitas Marketing, atau sedang mempertimbangkan hal tersebut, penting bagi kamu untuk mengikuti tren pemasaran yang sedang terjadi di sana.

Perlu diingat, Instagram adalah aplikasi media sosial dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan dan 500+ juta pengguna aktif harian. Selain itu, 90% users juga ikut serta dalam kegiatan bisnis di platform tersebut.  

Agar bisa memaksimalkan potensi pasar, mari simak 8 trend Instagram pada tahun 2023 agar kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Baca Juga: Ini Dia Trend Media Sosial untuk Tahun 2023!

Trend Instagram untuk 2023

1. Konten Dance

Ingat dengan platform TikTok diera 2016/2017? TikTok awalnya muncul sebagai platform sinkronisasi bibir (lip sync). Kini, platform tersebut telah alami banyak perkembangan konten, salah satunya sebagai media dance challenge dilakukan.

Tak mau kalah, Instagram juga hadir dengan fitur Reels dan IGs yang ikut memanfaatkan kepopuleran dance challenge. Menurut laporan tren di tahun 2022, satu dari tiga remaja yang menggunakan Instagram mengaku bersemangat untuk melihat lebih banyak dance challenge di tahun tersebut. 

Konten dance challenge juga banyak dimanfaatkan brand untuk memberi edukasi kepada followersnya agar informasi tidak dikemas secara monoton.

2. Instagram Shop

Fitur Instagram Shop cukup populer di tahun 2021. Dari pada mengarahkan pelanggan ke situs web, fitur Instagram Shop justru membawa kamu memilih dan membeli produk dengan mudah dari Instagram langsung.  

Menurut data, ada lebih dari 130 juta pengguna mengetuk postingan ‘Instagram Shop’ setiap bulannya. Ini dapat menjadi fitur yang menjanjikan bagi pemilik bisnis di masa depan.

Selain itu, laporan Tren 2022 Instagram mengungkapkan bahwa 1 dari 4 pengguna Instagram berusia Gen Z berharap untuk berbelanja melalui media sosial mereka, termasuk di Instagram.  Feedback tersebut dapat menjadi pertimbangan kamu untuk mengaktifkan fitur Instagram Shop.

Fitur Instagram Shop

3. Video Reels Panjang

Fitur Reels diluncurkan Instagram sejak tahun 2021 sebagai fitur yang dapat menyaingi TikTok. Dan berkat dorongan algoritma yang agresif, Instagram Reels bahkan telah menjadi personal branding yang kuat untuk Instagram.

Karena ingin terus bersaing dengan konten video TikTok yang kini bisa diunggah lebih dari 3 menit lamanya, Instagram kemudian mengembangkan fitur Reels mereka agar bisa berdurasi panjang. Video Reels dengan durasi panjang tersebut kini menjadi tren.

Sebut saja video mereview make up, video ‘a day in my life’, atau video transisi make up yang kini sudah berdurasi panjang dan diunggah di Instagram Reels.

4. Membalas Reels dengan Reels

Setelah TikTok menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna membalas komentar dengan menggunakan video juga, Instagram lagi-lagi tak mau kalah dan mengumumkan cara baru untuk membalas komentar pada Reels dengan Reels yang lain.

Fitur Instagram Reels Visual Replies memungkinkan pengguna untuk membuat tanggapan video mereka sendiri ke Reels orang lain.  Di bagian komentar Reel mana pun, kamu juga bisa melihat opsi untuk membuat Reel kamu sendiri. Balasan video itu kemudian akan muncul sebagai stiker. Menarik bukan?

5.Stiker Instagram 

IGs menjadi salah satu fitur Instagram yang sudah lama dikembangkan. Ada banyak fitur interaksi yang bisa kamu manfaatkan di Instagram Story, salah satunya adalah stiker Instagram.

Kamu bisa melakukan interaksi lebih banyak lagi menggunakan fitur QnA dan membalasnya dengan konten baru di IGs lainnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa meminta pendapat followersmu menggunakan fitur polling. Jika ingin menemukan tempat yang unik dan menarik, kamu bisa membagikan lokasinya melalui fitur stiker lokasi.

Yang terpenting, kamu juga bisa mempromosikan link affiliate atau produk terbaru menggunakan stiker link, sehingga memudahkan followersmu untuk mengaksesnya tanpa perlu mengetikkan nama website tertentu di halaman pencarian.

6. Instagram Live

Instagram Live memungkinkan kamu untuk menyiarkan video secara realtime kepada followers-mu. Fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin lebih dekat dan ngobrol santai dengan followers.

Kini, kamu dapat menggunakan Instagram Live selama 4 jam lamanya, lho! 

7. Booster Konten

Pernah lihat konten yang bertulisan ‘sponsored’ seperti di bawah ini?

Itu adalah konten yang memanfaatkan fitur Booster Konten di Instagram. Fitur ini akan meningkatkan engagement konten kamu. Ini bagus sebagai brand atau product awareness. 

8. Program Affiliate 

Instagram akan membuat fitur pemasaran afiliasi yang jauh lebih mudah untuk digunakan semua orang. Fitur tersebut akan menggabungkan fitur Collab, Creator Marketplace, dan Affiliate Tools.  

Untuk bersaing dengan platform lain, Instagram ingin menjadi tujuan utama bagi para kreator terhubung dengan brand, memamerkan produk yang mereka sukai, juga mendapatkan komisi dari penjualan yang mereka lakukan.

Dan di tahun 2023, bersiap untuk fitur afiliasi versi Instagram yang memukau!

Itulah prediksi 8 trend di aplikasi Instagram pada tahun 2023. Selamat mencoba!

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts