Instagram Bisnis dan 5 Fitur Terbaiknya yang Harus Kamu Tahu!

Sejak perilisan perdananya pada tahun 2010 hingga sekarang, Instagram telah berkembang pesat sebagai salah satu raksasa jejaring sosial. Platform media berbasis foto dan video ini memang memiliki popularitas tinggi.

Pertumbuhan penggunanya pun selalu naik dari tahun ke tahun di seluruh dunia. Melansir CNBC, jumlah penggunanya telah mencapai 2 miliar pengguna aktif sepanjang tahun 2021. Wow! Angka yang fantastis, bukan?

Dengan pengguna yang sangat banyak itulah Instagram gak luput dari perhatian para penggiat bisnis. Socialty pasti juga sudah tahu, nih, banyak sekali brand-brand bisnis– baik yang sudah besar maupun rintisan yang kini menjadikan Instagram sebagai media pemasarannya.

Apalagi, Instagram turut menyediakan berbagai fitur keren untuk membantu mengoptimalkan strategi marketing secara organik tanpa perlu mengocek budget terlalu dalam melalui Instagram Bisnis.

Apa Itu Instagram Bisnis?

Sejatinya, gak ada perbedaan yang mencolok antara akun Instagram versi biasa dan akun bisnis. Hanya saja, versi bisnis ini lebih cocok bagi para brand atau para influencer sebagai media branding dan pemasaran mereka.

Ketika kamu mengakses akun bisnis, Instagram menyediakan beberapa fitur terbaik yang gak bisa kamu temukan di akun versi biasa. Fitur-fitur inilah yang bisa kamu gunakan sebagai alat menganalisa dan mengevaluasi performa usaha.
Lalu, apa aja, sih, fitur-fitur tersebut? Let’s check this out!

apa itu instagram bisnis

5 Fitur Terbaik Instagram Bisnis

1. Quick Replies

Bagi brand-brand bisnis yang sudah besar, pastinya kerepotan kalau harus balas satu per satu direct message (DM) dari pelanggan mereka secara manual.
Hal ini bisa diatasi dengan fitur Quick Replies atau balas cepat. Dengan Quick Replies, pebisnis bisa dengan kilat membalas DM yang masuk dengan format pesan yang sudah dibuat.

2. Call to Action!

Selanjutnya, fitur Instagram Bisnis yang mampu mendongkrak penjualan adalah fitur kontak, alamat, hingga alamat email yang bisa dihubungi dalam sekali klik.
Keberadaan fitur ini bisa memudahkan calon pembeli atau pelanggan dalam melakukan segala komunikasi dan transaksi secara langsung.

3. Insights

Nah, inilah fitur yang paling penting dalam menentukan dan menilai strategi pemasaran. Melalui Insights, kamu bisa melihat statistik aktivitas pengunjung, interaksi, berapa visitor yang mengunjungi profil, bahkan informasi lengkap tentang audiens kamu mulai dari gender, tempat tinggal, usia, dan waktu aktif mereka di Instagram.

4. Instagram Ads

Dalam dunia bisnis, tentunya gak akan jauh-jauh dari kegiatan promosi. Melalui fitur Instagram Ads, kamu bisa mempromosikan konten bisnis dalam bentuk iklan di feed maupun Stories dengan berbagai format; seperti foto, video, bahkan carousel.

Nah, keberadaan Instagram Ads ini tentunya sangat berpotensi untuk meningkatkan engagement, brand awareness, hingga mendatangkan traffic yang menguntungkan.

5. Instagram Shopping

Mungkin Socialty sudah gak asing lagi dengan yang satu ini. Fitur Shopping yang ada di Instagram memang bertujuan untuk menampilkan katalog-katalog produk sekaligus price tag-nya.

Kamu sebagai penjual bisa memajang foto, video, maupun Stories produk supaya memudahkan pelanggan melihat informasi atau langsung melakukan order seperti di toko online.

fitur instagram bisnis

Beralih ke Instagram Bisnis, Berbayarkah?

Dalam praktiknya, beralih dari akun biasa ke akun bisnis di Instagram gak perlu mengeluarkan biaya apapun–alias gratis.

Jadi, kamu juga gak perlu membuat akun baru karena akun lama kamu bisa langsung di-switch ke akun bisnis dengan mudah. Semua fiturnya juga gratis selama kamu gak menggunakan fitur ads (iklan).

Nah, sekarang kamu pasti sudah tahu apa itu Instagram Bisnis dan fitur terbaiknya. So, akun bisnis ini memang cocok banget buat kamu yang mau memulai usaha.

Atau kamu ingin meningkatkan personal branding sebagai influencer? Selain beralih ke akun bisnis di Instagram, kamu juga bisa berkolaborasi dengan sesama influencer dan kreator lain melalui aplikasi Socialights, lho!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!