5 Inspirasi Konten Instagram Menarik yang Efektif Tingkatkan Engagement!

Platform sosial media Instagram memiliki fitur lengkap yang cocok untuk menunjang kebutuhan kamu yang berniat memulai karir sebagai konten kreator.

Tidak melulu soal penampilan dan wajah yang bisa kamu jual, semakin berkembangnya zaman ada banyak tipe konten yang bisa kamu jadikan branding.

Sebagai pemula yang baru akan membuat akun, kamu tentunya perlu membuat perencanaan konten yang matang dan mengunggahnya secara konsisten.

Lantas, apa saja sih inspirasi konten Instagram menarik yang bisa kamu coba? Yuk catat 6 Inspirasi konten menarik yang sudah Socialights rangkum untukmu.

5 Inspirasi Konten Menarik untuk Membuka Akun Instagram

1. Konten Edukasi

konten edukasi

Siapa sih yang nggak mau nambah pengetahuan baru? Semua orang pasti mau berpengetahuan luas. Oleh karena itu, konten edukasi jadi salah satu konten yang memiliki pertumbuhan paling cepat di media sosial.

Sebut saja akun Instagram Narasi atau Satu Persen yang tidak pernah sepi engagement.

Untuk menentukan konten apa yang bisa menjadi ciri khas akun kamu dari ribuan branding serupa, Socialights menyarankanmu untuk menyesuaikannya dengan apa yang kamu kuasai atau gemari. 

Dengan begitu, konten yang dihasilkan pun bisa lebih akurat dan memberi manfaat. Misalnya, kamu menyukai olahraga, kamu bisa membuat konten edukasi berbasis olahraga.

Karena pada dasarnya, edukasi tidak selalu tentang pelajaran. Semua hal yang memberi pengetahuan dan bermanfaat adalah edukasi. 

2. Situs Cari Kerja

how to find a job?

Setiap tahun akan selalu ada lulusan Universitas yang mencari pekerjaan. Oleh karena itu, setiap tahun pula portal cari kerja akan ramai diburu pengguna sosial media.

Kita bisa ambil contoh dari Glints. Glints awalnya hanyalah website yang menawarkan pekerjaan, baik sebagai karyawan, magang, hingga freelance.

Kini, perusahaan tersebut mengembangkan promosinya ke Instagram untuk menarik lebih banyak user, bahkan sampai membuka program academy mereka sendiri. 

Dari contoh tersebut kita bisa simpulkan, jika platform media sosial memanglah media paling ampuh untuk promosi. Jika kamu ingin memulai membangun situs cari kerja yang hanya berfokus pada media sosial, kamu bisa menggunakan @hrdbacot sebagai Inspirasi.

3. Konten Quotes untuk Kamu yang Suka Menulis

menulis

Untuk kamu yang hobi menulis, kamu bisa memanfaatkan platform Instagram sebagai mediamu menuangkan ide-ide tulisan tersebut yang dimuat dalam bentuk desain.

Meski butuh kesabaran untuk membangun akun seperti ini, namun dengan konsistensi dan menyajikan konten berkualitas akunmu pasti akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Ada banyak pula akun serupa yang bisa kamu jadikan inspirasi. Sesuaikan desain yang akan kamu buat dengan quotes yang kamu buat. Jika kamu masih ragu dengan tulisanmu, kamu bisa mengawalinya dengan mendesain dari quotes orang lain.

4. Inspirasi Konten Instagram Berupa Konten Hiburan 

orang ketawa

Konten hiburan adalah konten yang tidak pernah mati, karena semua orang pasti membutuhkan hiburan. Kamu bisa membangun akun Instagram berisikan meme lucu atau video menghibur seperti akun @dagelan. Jika kamu ingin membuat video lucu itu sendiri, sepertinya Arif Muhammad yang lebih dikenal Mak Beti di media sosial bisa menjadi inspirasimu.

5. Konten Review Produk 

Untuk membuat konten mereview produk, kamu tidak perlu menjadi selebgram atau orang terkenal di media sosial terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, semua orang berhak memberikan opini mereka mengenai suatu produk. 

Yang terpenting, perhatikan detail-detail dalam penulisan review yang kamu buat agar orang yang melihat review tersebut dapat menerimanya dengan baik. Kamu juga bisa sekalian mereview produk yang kamu jual, lho!

Selain bisa membagikan review produk dan memberikan manfaat bagi banyak orang, kamu juga bisa menaruh link produk afiliasi di dalamnya yang memberi keuntungan untuk dirimu sendiri. Untuk informasi mengenai “apa itu produk afiliasi”, kamu bisa membaca artikel lengkapnya di sini.

Itu dia lima inspirasi konten di Instagram yang bisa kamu terapkan untuk membangun akun Instagram kamu sendiri. Sebagai pemula, kamu harus kreatif dalam membuat konten dan semangat dalam membangun akun tersebut. Semangat ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!