Socialty, pernah dengar istilah Instagram Insight (Insight IG)? Sejatinya, Insight IG adalah fitur yang bisa kamu akses ketika menggunakan akun bisnis Instagram.
Fitur ini berguna banget untuk memantau performa konten secara menyeluruh, lho.
Lalu, kira-kira apa saja yang bisa kamu dapatkan dari fitur Insight IG ini, ya? Yuk, kita bahas bareng-bareng!
Apa Itu Instagram Insight?

Dilansir dari laman Just Creative, Instagram Insight merupakan tools analitik yang menyajikan beragam data mengenai interaksi followers, data demografik followers, engagement, hingga gimana kinerja konten kamu.
Insight IG bisa diakses gratis, asal kamu menggunakan akun Instagram Bisnis.
Melalui tools satu ini, kamu bisa menganalisa hal-hal yang sedang tren di antara pengikut kamu, bahkan bisa menjadi bahan evaluasi bisnis ke depannya.
Misalnya nih, kamu sedang menjalankan bisnis online di Instagram.
Untuk “mengenal” target audiens kamu lebih dekat, kamu beralih akun ke Instagram Bisnis.
Di akun bisnis, kamu menggunakan tools Instagram Insight untuk mendapatkan data-data mengenai siapa audiens kamu, pada jam-jam berapa mereka aktif main Instagram, tipe konten seperti apa yang paling mereka suka, dan lain sebagainya.
Kamu juga bisa melihat konten mana yang paling bisa bikin mereka “engage”.
Dengan begitu, hasil data tadi bisa menjadi referensi supaya kamu bisa bikin strategi bisnis yang lebih baik lagi.
Apakah harus ganti format konten, atau apakah harus mengganti target audiens, dan lain-lain.
Pokoknya, Instagram Insight adalah solusi untuk bereksperimen membuat strategi kampanye atau penjualan yang sangat ampuh.
Gimana Cara Menggunakan Instagram Insight?

Untuk menggunakannya, kamu harus mengganti akun Instagram kamu yang biasa ke akun bisnis. Berikut caranya:
- Buka akun Instagram
- Klik ikon burger (garis tiga di sisi kanan atas layar)
- Pilih Akun

- Klik Beralih ke Akun Profesional

Catatan: kalau mau pakai akun yang berbeda, klik Tambahkan Akun Profesional Baru.
- Nantinya, pilih jenis akun yang kamu inginkan. Bisa Kreator atau Bisnis.
- Kemudian, ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk Instagram.
- Kalau sudah, kamu bisa lihat perbedaannya di profil akun kamu. Tampilan akun kamu nanti akan jadi seperti ini:

Apa Saja yang Ada di Instagram Insight?
Ketika kamu mengakses Insight IG, berikut beberapa metrics dasar yang perlu kamu ketahui:
1. Overview
Overview (ikhtisar) ini bisa dibilang merupakan “home page” dari Insight. Berikut tampilannya:

Pada halaman ini, kamu bisa melihat metrik kinerja akun dan konten kamu secara keseluruhan mulai dari 7, 14, 30, sampai 90 hari terakhir.
Catatan:
Untuk membaca lebih lanjut tentang penjelasan masing-masing metrik dalam halaman overview, kamu bisa klik gambar ikon (i) seperti gambar di bawah ini:

2. Account Reached
Account Reached (akun yang dijangkau) merupakan jumlah akun yang sudah “mampir” untuk melihat dan berinteraksi dengan konten kamu–yang mencakup postingan, Reels, Stories, video, live video, hingga iklan promosi, seenggaknya satu kali.

Pada section account reached ini, Insight juga menyajikan beberapa data sebagai berikut:
- Reached Audience (Pemirsa yang Dijangkau)

Pada bagian ini, kamu bisa melihat demografi audiens yang melihat dan berinteraksi di konten IG kamu.
Informasi demografi ini terdiri dari data iklan, negara teratas (negara asal audiens), kota teratas (kota asal audiens yang terbanyak), jenis kelamin, rentang usia teratas, pengikut, serta akun yang bukan pengikut.
- Content Reach (Jangkauan Konten)
Dalam content reach, kamu dapat melihat tipe konten seperti apa yang paling banyak dilihat para audiens.
Misalnya, postingan apa yang paling populer, Stories mana yang paling populer, Reels mana yang paling banyak viewers-nya, dan lain sebagainya.
- Impressions (Impresi)
Untuk impresi, informasi yang ditampilkan adalah berapa kali konten kamu muncul dan dilihat orang lain.
- Profile Activity (Aktivitas Profil)

Sedangkan dalam profile activity, Insight menyajikan data jumlah tindakan yang dilakukan orang lain saat mereka mengunjungi profil kamu.
Termasuk di dalamnya jumlah frekuensi kunjungan profil akun kamu, jumlah berapa kali situs kamu di-klik, jumlah berapa kali alamat bisnis kamu diketuk, jumlah berapa kali nomor yang kamu cantumkan di-klik, dan lain-lain.
3. Account Engaged

Nah, kalau dalam account engaged, data yang tersaji merupakan jumlah interaksi audiens dengan konten–bukan sekadar melihat atau melewatinya saja. Berikut beberapa data yang bisa kamu akses:
- Engaged Audience (Pemirsa yang Berinteraksi)

Sama seperti reached audience, engaged audience juga berisi data-data jumlah akun yang sudah berinteraksi dengan konten kamu.
Interaksi ini bisa dalam bentuk likes (suka), save (simpan), komentar, share (bagikan), maupun balasan.
Di sini pula kamu juga bisa leluasa melihat demografi pengunjung yang engaged. Misal, paling banyak dari negara mana, paling banyak berasal dari kota mana, paling banyak jenis kelaminnya apa, dan masih banyak lagi.
- Content Interactions (Interaksi Konten)
Berisi data jumlah tindakan yang pengunjung atau audiens lakukan.
Termasuk jumlah suka, komentar, balasan, frekuensi disimpan, atau frekuensi dibagikan di tiap konten kamu.
Baik itu postingan, Stories, Reels, video siaran langsung, atau konten video lainnya.
4. Total Followers

Sesuai namanya, section ini memperlihatkan data jumlah total followers kamu selama periode yang kamu pilih.
Misalnya, kamu mau lihat total pengikut selama 30 hari ke belakang, maka tinggal pilih jangka waktunya sebagaimana gambar berikut:

Lalu, apa lagi yang ada di section ini?
- Most Active Times
Di sini, kamu juga bisa melihat data mengenai jam dan hari paling aktif audiens kamu berada di Instagram.
Jadi, kamu bisa tahu waktu terbaik memposting konten supaya bisa mendapat interaksi yang lebih banyak.
- Followers Breakdown
Persentase naik dan turunnya pengikut dibandingkan minggu lalu.
- Growth
Jumlah berapa pengikut baru, dan berapa jumlah orang yang berhenti mengikuti.
- Lokasi
Berisi data lokasi atau kota mana yang paling banyak jadi tempat asal pengikut kamu.
- Umur & Gender
Berapa rata-rata umur audiens kamu? Dan apakah mereka kebanyakan perempuan, atau lebih banyak laki-laki? Kamu bisa menemukannya di section ini.
Nah, demikian penjelasan tentang Instagram Insight.
Tools satu ini memang berguna banget buat kamu yang mau jadi influencer, konten kreator, atau bahkan pebisnis. Terlebih, semuanya bisa diakses secara free.
Nah, selain Insight IG, platform Socialights juga bisa bantu kamu meningkatkan performa konten di Instagram, lho!
Penasaran? Yuk, download sekarang supaya kamu bisa kepo-in cara-caranya!