Ide Konten TikTok yang Menarik Agar Muncul di FYP

Tahukah Socialty apa aplikasi yang lagi ramai belakangan ini? Yups, TikTok. Aplikasi ini sedang naik daun di seluruh dunia, bahkan menurut data survey tahun 2021 yang dilakukan oleh Sensor Tower, TikTok berhasil mencapai puncak klasement sebagai aplikasi non-game yang paling banyak diunduh diseluruh dunia. Social media ini berhasil mengalahkan pesaingnya yang lebih dahulu muncul, seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. 

Apa itu TikTok

TikTok adalah salah satu platform sosial media yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi untuk membuat, mengedit, dan berbagi video pendek yang dilengkapi dengan berbagai filter menarik dan musik atau sound pendukung. 

Lalu, mengapa TikTok bisa begitu populer di Indonesia saat ini? Kira-kira kenapa ya sahabat Socialty? Usut punya usut ternyata aplikasi ini memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh sosial media lain. Meskipun tergolong aplikasi baru, tapi TikTok berhasil menghadirkan banyak fitur yang bermanfaat bagi penggunanya. Dimana fitur tersebut hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk melakukan promosi bisnis. 

Nah, bagaimana? Tertarik untuk memulai konten di TikTok? Artikel ini akan membahas 7 ide konten TikTok yang menarik agar muncul di FYP yang bisa kamu coba untuk video pertamamu. Tapi, sebelumnya Socialty harus paham dulu apa itu FYP.

TikTok Logo

Apa itu FYP?

FYP atau For Your Page adalah halaman awal atau halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan dilihat oleh pengguna pertama kali ketika membuka aplikasi tersebut. Umumnya FYP berisi beberapa video yang sedang trending atau populer.

Untuk dapat masuk ke deretan video di FYP ini, Socialty perlu mendapatkan penonton yang banyak karena TikTok tidak memilihnya secara acak. Ketika video kamu berhasil masuk FYP, maka kemungkinan untuk menjadi viral akan semakin tinggi. Inilah yang diinginkan oleh semua konten kreator di seluruh dunia.

Jadi, sudah tahu apa yang harus kamu lakukan untuk bisa masuk ke FYP? Benar sekali! Yaitu kamu harus bisa membuat konten semenarik dan sekreatif mungkin! Bagaimana caranya? Yuk simak 7 ide konten TikTok berikut ini!

Tapi sebelum itu, buat kamu yang ingin berkolaborasi dengan sesama konten kreator pemula kamu bisa download aplikasi Socialights. Disitu networking dan belajar cara menjadi konten kreator dan influencer!

7 Ide Konten Tiktok

pencil and books

1. Edukasi

Ide pertama yang harus Socialty coba untuk meningkatkan viewer TikTok adalah konten edukasi. Meski bukan konten hiburan, nyatanya hastag #samasamabelajar pernah viral dan mendapatkan banyak penonton. Bahkan hastag tersebut masih sangat padat viewers hingga saat ini. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan jenis konten ini untuk bisnis kami dan dijamin video kamu akan mendapatkan banyak penonton. Semoga naik ke FYP juga ya!

a woman taking a picture using a camera

2. Tutorial

Konten tutorial merupakan konten wajib yang harus dicoba oleh semua konten kreator. Socialty hobi melukis? Hobi Make up atau masak? Berbagi tutorial cara-cara melukis atau tutorial make up ala barbie atau tutorial membuat kue brownies meleleh bisa kamu coba di TikTok. Pastinya akan banyak yang nonton! 

3. BTS (Behind The Scene)

Merekam apa yang terjadi dibalik layar tidak melulu jelek loh, bahkan ini bisa menjadi ide konten yang menarik. Bahkan di zaman sekarang, orang lebih penasaran dengan proses pembuatan dari pada hasil akhirnya. Jadi, Socialty bisa coba ajak penonton untuk melihat bagaimana proses pembuatan video TikTok yang viral atau bagaimana memasaka kue “brownies” di dapur yang sebenarnya.

a woman taking selfie

4. Day in My Life

Masih bingung dan tidak percaya diri dengan ide yang sudah ada? Kamu bisa memulainya dengan konten Day in My Life. Apa itu? Konten yang mengajak penonton untuk melihat rutinitas atau keseharianmu. Biasanya orang akan tertarik dengan kehidupan orang lain dan penasaran bagaimana orang lain menjalankan aktivitasnya. Itu kenapa konten daily vlog ini sangat populer dan ramai penonton. Kamu harus coba !

story telling

5. Story Telling

Konten yang cukup terkenal di Youtube ini, juga bisa kamu jadikan ide untuk konten TikTok lo. Namin, mungkin dengan durasi yang lebih singkat. Kamu juga bisa membaginya dalam beberapa video jika memang durasinya harus panjang. Ada banyak ide story telling yang bisa kamu coba, kamu tinggal menyesuaikan dengan apa yang kamu dan followermu suka. Bisa curi ide dari Youtube juga ya! 

two people jumping

6. Bekerja sama dengan influencer

Bagi kamu yang masih khawatir jika nanti kontenmu tidak diminati atau sepi penonton, kamu bisa menempuh langkah yang satu ini. Menggunakan jasa influencer adalah salah satu tips yang paling jitu untuk menjangkau lebih banyak audiences dengan cepat. Tidak bisa dipungkuri peranan influencer dalam sosial media marketing memang sangat besar. Oleh karena itu , Socialty bisa memilih influencer dengan followers yang banyak dan mengajaknya bekerjasama.

painting a wall

7. DIY-Life Hack

Sebelum aplikasi TikTok viral, sadarkah kamu apa yang paling sering trending di Youtube? Yup, video atau konten DIY-Life Hack. Jadi, tidak menutup kemungkinan jenis konten ini juga akan trending dan viral di TikTok. Nyatanya memang sangat banyak penonton yang menyukai jenis konten ini. Jadi, tunggu apalagi?

Itulah beberapa ide konten TikTok yang dapat kamu coba agar videomu bisa masuk ke dalam FYP dan menjangkau lebih banyak penonton. Ide-ide ini tidak hanya berguna bagi kamu yang ingin menjadi influencer atau konten kretor TikTok yang terkenal. Tetapi, juga berguna bagi Socialty yang ingin mempromosikan bisnis.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!