Hashtag Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tipsnya!

Bagi yang sering berwara-wiri di media sosial, hashtag (tagar) adalah salah satu aspek terpenting yang jarang terlewatkan.

Baik di postingan Instagram, cuitan di Twitter, konten TikTok, konten Pinterest, hingga judul atau deskripsi konten yang terunggah di YouTube, hashtag hampir selalu ditambahkan atau tersemat, nih, Socialty.

Bukan hanya untuk mengelompokkan konten saja, tetapi nyatanya tagar punya peran yang jauh lebih bermanfaat lagi. Apa saja, tuh?

Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut:

Apa itu Hashtag?

hashtag just did it

Berdasarkan penjelasan Merriam-Weber dalam laman LiveAbout, hashtag adalah kata atau frasa spesifik yang didahului simbol “#” untuk mengklasifikasikan atau mengategorikan teks yang menyertainya.

Hashtag, terutama di media sosial, berfungsi sebagai pengelompok kata dengan tujuan agar orang-orang yang mencari kata tersebut mudah menemukannya.

Nah, dalam menulis tagar gak perlu ada spasi di tiap katanya–alias tersambung semua.

Dan gak hanya rangkaian kata saja, kamu juga bisa memasukkan angka dalam tagar.

Misalnya nih, kamu memposting foto liburan di pantai Parangtritis, Yogyakarta di feed Instagram kamu.

Di foto tersebut, kamu juga menulis caption–dan gak lupa juga menambahkan tagar #PantaiParangtritis.

Nantinya, foto kamu tersebut bakal muncul ketika ada orang yang mencari tagar yang sama persis.

Tipe-tipe Hashtag di Media Sosial

tagar international womens day

Dilansir dari MeetEdgar, ada tiga jenis tagar yang biasanya muncul di media sosial. Berikut ketiga jenis tersebut:

Hashtag Konten

Tipe tagar ini biasanya hanya yang relate dengan konten yang kamu atau sebuah brand bisnis posting.

Tagar ini bukanlah tipe yang bertujuan untuk dipopulerkan, tetapi hanya sebagai pemanis, yang relevan, atau hanya sebagai sarana untuk menjangkau audiens baru.

Hashtag Trending

Kalau tipe yang satu ini, biasanya memang sedang populer dan lagi “in” banget.

Biasanya, untuk menarik perhatian, banyak pengguna media sosial yang ikut meramaikan tagar ini dengan menambahkannya ke postingan mereka.

Tetapi, perlu diingat, sebelum kamu memutuskan memakai tagar yang lagi populer, pastikan dulu kamu sudah research alasan kenapa tagar itu bisa trending, ya! Biar kamu gak salah kaprah atau misinterpretasi.

Hashtag Branded

Branded hashtag ini khusus digunakan oleh brandbrand supaya audiens mereka juga bisa menggunakannya.

Jenis tagar ini juga biasanya digunakan saat ada kampanye promosi atau event yang hendak atau sedang berlangsung.

Apa Saja Manfaat Hashtag?

1. Meningkatkan Pencarian Organik

Salah satu manfaat hashtag yang sangat menguntungkan adalah meningkatnya pencarian secara organik ke akun kamu.

Dengan menggunakannya, sama saja mendatangkan banyak traffic ke postingan yang kamu tambahkan tagar.

Apalagi kalau tagar yang kamu gunakan juga lagi populer di media sosial. Seperti halnya tagar #BlackLivesMatter #IWD2021, dan lain sebagainya.

Jadi, jangan kaget kalau tiba-tiba likes di postingan kamu jadi tambah banyak, atau tiba-tiba followers akun kamu jadi ikutan naik.

2. Ikut Nge-tren

Nah, masih related dengan poin pertama, bukan gak mungkin postingan media sosial kamu jadi populer karena pakai hashtag.

Tentunya, bukan sembarang tagar. Pastikan dulu tagar tersebut memang lagi hype, dan masih berkaitan dengan konten yang mau kamu posting.

3. Menaikkan Awareness Terhadap Isu Tertentu

tagar isu covid-19

Dengan tagar, ternyata kita bisa memberikan kontribusi moral yang nyata, lho.

Salah sekian di antaranya adalah dengan menaikkan kesadaran publik terhadap isu yang lagi butuh “dukungan”.

Contohnya saja, isu cyberbullying, kejahatan terhadap anak dan perempuan, atau bahkan isu tentang pemanasan global.

Melalui tagar, kamu bisa membuat kampanye-kampanye terkait isu tertentu supaya publik juga ikut sadar akan pentingnya isu tersebut, dan mau ikut melakukan perubahan bersama-sama.

4. Membangun Komunitas

Kamu pecinta kucing?

Penggemar kopi?

Atau pecinta vespa?

Nah, tagar ini berguna banget untuk mempertemukan kamu dengan orang-orang yang punya minat yang sama.

Kamu bahkan bisa membangun komunitas baru dengan menggunakan tagar yang relevan.

Cara Menggunakan Hashtag

Instagram Hashtag

instagram hashtag
instagram tagar

Di Instagram, hampir semua postingannya bisa kamu tambahkan tagar.

Mulai dari postingan feed, IG Stories, atau di bio.

Twitter Hashtag

trending topic twitter
tagar twitter

Sedangkan di Twitter, selain di tweets, kamu bisa langsung mencari tagar-tagar populer di menu “explore”.

TikTok Hashtag

tagar tiktok
Picture by Sprout Social

Gak jauh berbeda dari media sosial lainnya, kamu bisa menambahkan tagar di konten TikTok.

Bahkan, kamu bisa tembus FYP kalau memanfaatkan tagar dengan baik, lho!

LinkedIn Hashtag

tagar linkedin

Media sosial untuk dunia profesional ini juga menggunakan tagar untuk memudahkan semua penggunanya dalam menemukan postingan, grup, komunitas, atau lowongan kerja.

Tips Menggunakan Hashtag di Postingan Kamu

Supaya bisa mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan hashtag di postingan kamu. Yuk ikuti beberapa tips di bawah ini!

1. Cek Hashtag dari Influencer atau Kompetitor

Tips ini bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan penggunaan tagar. Kamu bisa memeriksa beberapa postingan dari influencer atau kompetitor yang punya niche sama denganmu. Lihat pada beberapa postingan, hashtag apa yang sering digunakan.

2. Pakai yang Paling Relevan

Menggunakan tagar yang relevan dengan niche atau postingan kamu akan memudahkan sistem mendeteksi hal tersebut. Ini tentu akan meningkatkan engagement media sosial kamu, dong!

Namun, penggunaannya tetap harus dibatasi ya! Kamu hanya perlu pakai secukupnya agar penggunaan lebih efektif. Misalnya, cukup 3-5 tagar dalam satu postingan yang mencerminkan.

Hal terpenting, hindari penggunaan banned hashtag yang umumnya dikaitkan dengan postingan negatif. Bisa-bisa postingan kamu tenggelam!

3. Ikuti Trending Topic

Mengikuti penggunaan tagar yang sedang trending mampu menaikkan postingan kamu dengan mudah. Ditambah, dengan menggunakan ini kamu bisa meraih lebih banyak audiens karena biasanya hal-hal trending sangat mendapat sorotan.

4. Evaluasi Penggunaannya

Di media sosial kamu tidak bisa stuck hanya pada satu metode. Butuh trial and error juga termasuk dalam penggunaaan hashtag di postingan.

Nah, setelah beberapa postingan, kamu bisa nih melakukan evaluasi secara berkala untuk melihat mana, sih, hashtag yang paling efektif. Jangan lupa dicoba ya!

Itu dia penjelasan tentang hashtag dan apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakannya.

Nah, kalau kamu suka hal-hal seputar dunia influencer dan konten kreator, kamu harus banget download platform Socialights. Akan ada banyak insight seru dan menarik yang bisa kamu dapatkan, lho!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!