Apa Itu Giveaway? Ini 7 Tips Agar Giveaway Kamu Berjalan Sukses!

Menjamurnya jumlah bisnis yang ada saat ini membuat para pemilik bisnis semakin memutar otak dalam mencari strategi marketing paling ampuh dan efisien untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk mereka. Mulai dari membuat konten menarik, melakukan endorsement ke influencer, hingga berbagi hadiah secara gratis atau yang biasa disebut dengan giveaway.

Bukan sekedar berbagi hadiah secara cuma-cuma, kegiatan ini ternyata juga bisa menjadi senjata utama dalam berbisnis. Jika kamu ingin mengadakan giveaway sebagai alternatif strategi pemasaran bisnismu, simak penjelasan apa itu giveaway, beserta manfaat dan tips suksesnya pada artikel berikut.

giveaway adalah

Mengenal Apa Itu Giveaway?

Giveaway adalah salah satu strategi marketing yang banyak digunakan oleh para influencer dan pemilik bisnis untuk meningkatkan engagement dan awareness dengan cara berbagi hadiah secara gratis yang diikuti oleh beberapa syarat tertentu.

Dimulai dengan memberikan announcement diadakannya giveaway di media sosial, si owner bisnis biasanya akan membeberkan sejumlah persyaratan tertentu yang wajib dilakukan oleh calon peserta yang ingin terdaftar dalam undian pemenang. Sementara hadian dan syarat yang diberikan tentu bervariasi tergantung pada jenis dan pihak yang mengadakan

apa itu giveaway

Untuk para influencer, biasanya mereka akan mencari sponsor, yaitu dengan bekerja sama dengan brand tertentu yang mau memberikan sponsor berupa hadiah dalam giveaway yang diadakan. Melalui kerja sama tersebut nantinya syarat giveaway yang dicantumkan tentu juga akan menguntungkan pihak brand. Misal, para calon peserta diminta untuk mengikuti akun Instagram si brand dan menyukai 10 postingan di akun brand tersebut.

Sedangkan untuk para pemilik bisnis, mereka biasanya condong untuk mengadakan self-giveaway atau berbagi secara mandiri. Sehingga, segala persyaratan dan hadiah yang diberikan ditentukan sendiri oleh si brand.

Beberapa Manfaat Mengadakan Giveaway

Bukan hanya strategi promosi biasa, ternyata dengan mengadakan giveaway kamu bisa mendapatkan sejumlah manfaat menarik lainnya seperti:

1. Meningkatkan Leads

Leads atau calon konsumen potensial dapat kamu tingkatkan dengan mengadakan giveaway.  

Dengan menjabarkan sejumlah persyaratan untuk mendapatkan hadiah berupa produk yang kamu tawarkan, kamu bisa sekaligus memperoleh identitas peserta seperti akun media sosial mereka hingga nomor telepon mereka. 

2. Meningkatkan Engagement

Manfaat kedua adalah mampu meningkatkan engagement.  Kegiatan semacam ini biasanya memiliki beberapa persyaratan, seperti mengikuti akun Instagram brand, menyukai postingan, dan syarat lainnya yang dapat meningkatkan interaksi pengguna di media sosial kamu. Dengan meningkatnya engagement, maka bisnis kamu juga akan lebih berkembang.

giving money

3. Meningkatkan Brand Awareness

Biasanya di ajang ini peserta diminta untuk mention sejumlah teman di kolom komentar. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang mengetahui acara giveaway yang sedang diadakan, serta bisnis atau produk yang kamu jual.

Semakin banyaknya orang yang mengetahui brand dan produk kamu, maka akan semakin meningkat pula jumlah calon konsumen dari bisnismu. Bermanfaat sekali ya?

4. Sarana Promosi yang Hemat Biaya

“Bagi-bagi hadiah gratis pasti mengeluarkan biaya yang lebih besar”, eittss.. Jangan salah nih Socialty, dengan dengan acara ini justru kamu bisa menghemat budget promosi, lho. 

Bayangkan saja, harga satu kali endorsement atau ads pasti bisa berkali-kali lipat dari sekedar memberikan 2-3 produk kamu secara gratis kepada para followers

7 Tips Agar Giveaway Kamu Berjalan Sukses!

Ingin mulai membuat giveaway? Jangan terburu-buru, ayo simak beberapa tips di bawah ini untuk ciptakan ajang giveaway yang menarik!

apa itu giveaway

1. Tentukan Tujuan

Sebelum menentukan hadiah dan syarat, ada baiknya kamu pikirkan secara matang apa tujuan yang berusaha kamu capai melalui giveaway ini, apakah itu peningkatan penjualan, peningkatan brand awareness, atau sekedar event bagi-bagi hadiah saja?

Dengan menentukan tujuan yang jelas, diharapkan nantinya kamu dapat memperoleh sasaran peserta dan persyaratan yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Tentukan Hadiah yang Sesuai

Setelah menentukan tujuan, tahap selanjutnya adalah menentukan hadiah. Pastikan hadiah yang kamu berikan itu menarik, sesuai dengan tujuan diadakannya acara tersebut.

Semakin banyak jumlah hadiah yang kamu berikan, maka akan semakin besar keinginan para audiens untuk ikut serta, mengingat mereka pasti akan berpikir bahwa kesempatan mereka untuk bisa menang lebih tinggi.

3. Gunakan Persyaratan yang Mudah dan Menguntungkan

Persyaratan menjadi hal yang penting, baik bagi penyelenggara ataupun bagi peserta. Bagi penyelenggara, pastikan persyaratan ini sesuai tujuan yang ingin dicapai, namun pastikan tidak memberatkan peserta yang mengikutinya.

Pemilik bisnis atau merek biasanya menggunakan syarat follow, like, komen, dan mention beberapa teman sebagai persyaratannya. Persyaratan ini cukup efektif untuk meningkatkan engagement media sosial. Kamu juga bisa membagikan poster giveaway tersebut untuk menarik lebih banyak massa.

4. Jalin Kerja Sama

Untuk memeriahkan acara ini, kamu bisa coba melakukan kolaborasi. Jika kamu seorang pemilik bisnis, cobalah bekerja sama dengan merek tertentu yang produknya bisa kamu jadikan hadiah menarik untuk pemenang. Kamu bisa menyesuaikan ingin bekerja sama dengan merek apa tergantung dari konsep giveaway dan hadiah apa yang ingin kamu berikan.

5. Gunakan Hashtag

Hashtag berfungsi untuk mengelompokan konten yang ada di media sosial. Dengan hashtag, pengguna sosial media dapat menemukan konten yang yang memiliki kategori yang sama.

Hashtag ini dapat digunakan untuk meningkatkan engagement media sosial, jadi pastikan kamu menyertakan beberapa hashtag agar semakin banyak pengguna yang dapat menemukan postinganmu.

6. Adakan di Momen Tertentu

Mengadakan giveaway setiap hari tentunya akan menghamburkan anggaran.  karena itu, kamu dapat memilih mengadakan acara semacam ini pada saat hari raya, tahun baru, peluncuran produk baru, atau saat hari belanja nasional. Dengan pemilihan giveaway di momen spesial akan membuat penggunamu di media sosial menunggu momen tersebut dan antusias mengikutinya.

7. Lakukan Promosi!

Agar semakin banyak yang ikutan giveaway-nya, jangan lupa untuk mempromosikannya melalui channel marketing yang ada dan sesuai dengan target market. Misalnya, di Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, push notif, atau channel lainnya. 

Kamu juga bisa memberi syarat giveaway ‘membagikan postingan giveaway ke Instagram Story dan tag brand kamu’ atau ‘tag 3 teman kamu di kolom komentar’ agar bisa dilihat dan diikuti oleh followers atau orang yang ditandai oleh peserta.

Nah, jadi itu dia semua hal tentang giveaway yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah sekarang kamu tertarik untuk mencobanya?

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!