Kenali Giveaway: Strategi Marketing Ampuh Untuk Bisnismu!

Menjamurnya jumlah bisnis yang ada saat ini membuat para pemilik bisnis semakin memutar otak dalam mencari strategi marketing paling ampuh dan tepat untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk mereka. Mulai dari membuat konten menarik, melakukan endorsement ke influencer, hingga berbagi hadiah secara gratis, atau yang biasa disebut dengan giveaway.

Bukan sekedar berbagi hadiah secara cuma-cuma, giveaway ternyata bisa menjadi senjata utama dalam meningkatkan penjualan sebuah bisnis, lho.

Jadi, apa itu sebenarnya giveaway, manfaat apa saja yang ditawarkan, dan bagaimana cara membuat giveaway yang menarik? Simak langsung jawabannya di artikel berikut! 

giveaway adalah

Apa Itu Giveaway?

Giveaway adalah salah satu strategi marketing yang banyak digunakan oleh para influencer dan pemilik bisnis untuk meningkatkan engagement dan awareness dengan cara berbagi hadiah secara gratis yang diikuti oleh beberapa syarat tertentu.

Dimulai dengan memberikan announcement diadakannya giveaway di media sosial, si pemilik giveaway biasanya akan membeberkan sejumlah persyaratan tertentu yang wajib dilakukan oleh calon peserta yang ingin terdaftar dalam undian pemenang.

Hadiah dan syarat yang diberikan tentu bervariasi tergantung pada jenis giveaway dan pihak yang mengadakan giveaway. 

giving present

Untuk para influencer, biasanya mereka akan mencari sponsor, yaitu dengan bekerja sama dengan brand tertentu yang mau memberikan sponsor berupa hadiah dalam giveaway yang diadakan. Melalui kerja sama tersebut nantinya syarat giveaway yang dicantumkan tentu juga akan menguntungkan pihak brand. Misal, para calon peserta diminta untuk mengikuti akun Instagram si brand dan menyukai 10 postingan di akun brand tersebut.

Sedangkan untuk para pemilik bisnis, mereka biasanya condong untuk mengadakan self-giveaway, yaitu jenis giveaway yang dilakukan secara mandiri. Sehingga, segala persyaratan dan hadiah yang diberikan ditentukan sendiri oleh si brand.

Beberapa Manfaat Giveaway

Bukan hanya strategi promosi biasa, ternyata dengan mengadakan giveaway kamu bisa mendapatkan sejumlah manfaat menarik lainnya seperti:

1. Meningkatkan Leads

Leads atau calon konsumen potensial dapat kamu tingkatkan dengan mengadakan giveaway.  

Dengan menjabarkan sejumlah persyaratan untuk mendapatkan hadiah berupa produk yang kamu tawarkan, kamu bisa sekaligus memperoleh identitas peserta seperti akun media sosial mereka hingga nomor telepon mereka. 

2. Meningkatkan Engagement

Manfaat kedua dari mengadakan giveaway adalah mampu meningkatkan engagement.  Ajang giveaway biasanya memiliki beberapa syarat, seperti mengikuti akun Instagram brand, menyukai postingan, dan syarat lainnya yang dapat meningkatkan interaksi pengguna di media sosial kamu. Dengan meningkatnya engagement, maka bisnis kamu juga akan lebih berkembang.

giving money

3. Meningkatkan Brand Awareness

Biasanya di ajang giveaway peserta diminta untuk mention sejumlah teman di kolom komentar. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang mengetahui event giveaway yang sedang diadakan, serta bisnis atau produk yang kamu jual.

Semakin banyaknya orang yang mengetahui brand dan produk kamu, maka akan semakin meningkat pula jumlah calon konsumen dari bisnismu. Bermanfaat sekali ya?

4. Sarana Promosi yang Hemat Biaya

“Bagi-bagi hadiah gratis pasti mengeluarkan biaya yang lebih besar”, eittss.. Jangan salah nih Socialty, dengan mengadakan giveaway justru kamu bisa menghemat budget promosi, lho. 

Bayangkan saja, harga satu kali endorsement atau ads pasti bisa berkali-kali lipat dari sekedar memberikan 2-3 produk kamu secara gratis kepada para followers

Selain ternyata memiliki biaya lebih rendah, hasil promosi dari mengadakan giveaway ternyata bisa lebih maksimal dari strategi promosi lainnya, lho. Coba sekarang?

Tips Membuat Giveaway Menarik

Ingin mulai membuat giveaway? Jangan terburu-buru, ayo simak beberapa tips di bawah ini untuk ciptakan ajang giveaway yang menarik!

present to give

1. Tentukan Tujuan Giveaway

Sebelum menentukan hadiah dan syarat, ada baiknya kamu pikirkan secara matang apa tujuan yang berusaha kamu capai melalui giveaway ini, apakah itu peningkatan penjualan, peningkatan brand awareness, atau sekedar event bagi-bagi hadiah saja?

Dengan menentukan tujuan yang jelas, diharapkan nantinya kamu dapat memperoleh sasaran peserta dan persyaratan yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Tentukan Hadiah yang Sesuai

Setelah menentukan tujuan, tahap selanjutnya adalah menentukan hadiah. Pastikan hadiah yang kamu berikan di giveaway menarik, sesuai dengan tujuan diadakannya giveaway, dan tidak pelit. 

Semakin banyak jumlah hadiah yang kamu berikan, maka akan semakin besar keinginan para audiens untuk ikut serta dalam giveaway, mengingat mereka pasti akan berpikir bahwa kesempatan mereka untuk bisa menang lebih tinggi.

3. Lakukan Kolaborasi Dengan Influencer

Untuk memeriahkan giveaway yang kamu adakan, coba lakukan kolaborasi dengan influencer tertentu. Dengan begitu calon peserta akan semakin banyak, yang mana hal ini akan berimbas pula pada jumlah engagement yang kamu dapatkan. Worth it!

Nah, jadi itu dia semua hal tentang giveaway yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah sekarang kamu tertarik untuk mencobanya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!