Besaran Gaji Youtuber Pemula, Rata-Rata Berapa Ya?

Youtuber menjadi profesi yang diinginkan banyak orang saat ini. Pasalnya, banyak orang beranggapan kalau gaji Youtuber memiliki nilai besar. Ditambah, bekerja sebagai Youtuber bisa mengasah kreativitas dari kreator sendiri agar mampu menyajikan konten yang unik dan menarik untuk audiens.

Platform digital membuka banyak peluang baru bagi orang untuk berkreasi di dunia digital. Salah satunya Youtube, sebagai platform digital berbasis video yang sering menjadi tontonan kala waktu senggang. Selain itu, para kreator Youtube baik pemula ataupun tidak bisa menambah penghasilan lewat konten yang diunggah. 

Kamu ingin menjadi Youtuber dan mendapat penghasilan dari Youtube? Baca terus artikel ini untuk mengetahui besaran gaji yang akan kamu dapatkan sebagai Youtuber pemula. 

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

Sebagai seorang Youtuber, banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan agar bisa menambah penghasilan. Fitur-fitur tersebut pun dengan mudah digunakan oleh pemula yang baru terjun ke dunia Youtube. Berikut daftar fitur Youtube yang dapat digunakan untuk menambah penghasilan kamu.

Iklan/Ads

Iklan yang kerap muncul di awal, di tengah, atau di akhir video Youtube bisa menambah penghasilan kamu sebagai seorang Youtuber. Iklan ini bisa berupa iklan display, overlay, atau video.

Subscriber

subscribe

Subscriber atau pelanggan channel Youtube kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan pembayaran bulanan atau imbalan khusus dari Youtube channel milikmu.

Galeri Merchandise

Kamu bisa menjual merchandise yang ditampilkan via Youtube. Setiap penghasilan dari hasil merchandise kamu yang dibeli tentu akan menambah penghasilan kamu di Youtube.

Pendapatan Youtube Premium

youtube premium

Youtube Premium merupakan fitur yang memungkinkan penonton menonton tanpa iklan. Setiap pelanggan Youtube Premium yang menonton video kamu, kamu berpotensi mendapatkan bagian dari biaya langganan yang mereka bayarkan.

Cara Menghitung Gaji Youtuber

penghasilan youtuber

Gaji Youtuber bisa dibilang tidak tetap setiap bulannya. Ini bergantung pada faktor viewers, subscribers, like, serta iklan yang ada di channel kamu. Namun, faktor terbesar dari penghasilan Youtuber berasal dari adsense

Melansir VOI, Youtuber pemula mampu menghasilkan kira-kira 0,01 USD – 0,03 USD bergantung pada adsense. Pemula bisa juga meraih 18 USD per 1.000 tayangan video di channel Youtube. Namun, secara umum penghasilan bisa diraih dengan sangat banyak lewat iklan yang ditampilkan.

Gaji Youtuber sendiri biasanya dihitung berdasarkan CPM (Cost Per Mile) per 1.000 tayangan. Selain itu, ada CPC (Cost Per Click) atas setiap iklan yang diklik oleh penonton melalui video di channel Youtube kamu. 

Besaran CPM ini biasanya berkisar di angka Rp7.000 per 1.000 tayangan. Sementara itu, CPC memiliki nominal bervariasi mulai dari Rp5.000 – Rp12.000.  

Cara Mengetahui Penghasilan Youtube Kamu dan Orang Lain

Nah, kalau menghitung dianggap memusingkan, kamu bisa loh mengetahui penghasilan Youtube sendiri dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka Profil pada Youtube, lalu pilih Youtube Studio
  2. Klik menu Analitics. Kemudian, klik lagi menu pendapatan.
  3. Kamu bisa dengan mudah melihat berapa penghasilan kamu dibulan ini berdasarkan CPM dan CPC.

Kamu bisa juga mengetahu penghasilan Youtuber lain melalui situs Socialblade. Cara mengeceknya bisa ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka situs socialblade.com
  2. Ketik nama channel Youtube yang ingin kamu cari penghasilannya
  3. Pilih nama channel Youtube yang sesuai dengan pencarian kamu. Kemudian, klik nama channel tersebut.
  4. Akan muncul informasi terkait jumlah video, subscriber, penayangan, ranking, penghasilan bulanan hingga tahunan.
0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!