Hingga Ratusan Juta? Intip Gaji Seorang TikTokers di Indonesia

Layaknya media sosial lain seperti Instagram dan Twitter, TikTok kini menjadi salah satu aplikasi penghasil cuan. Caranya? Dengan menjadi seorang TikTokers. Berapa jumlahnya, dan siapa saja TikTokers yang memiliki penghasilan dengan jumlah fantastis? Simak jawabannya di bawah ini!

Penghasilan Seorang TikTokers

Mereka pengguna yang terkenal dan memiliki banyak followers di TikTok atau yang bisa dikenal dengan sebutan TikTokers, kini dapat menghasilkan pundi-pundi dengan cara menjalin kerja sama dengan pihak brand, sponsorship, atau toko online lainnya. Bentuk kerja sama yang mereka lakukan bisa beraneka ragam, namun yang paling utama adalah dengan membuat konten video yang berisikan promosi produk dari brand tersebut. Hal ini juga biasa dikenal dengan sebutan endorsement.   

Melalui kerja sama tersebut, pihak brand nantinya akan membayar sejumlah uang kepada si TikTokers sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Biasanya, pembayaran yang diberikan oleh pihak brand kepada TikTokers diestimasikan untuk sekali post, yang jumlahnya disesuaikan berdasarkan jumlah tayangan (viewers) pada video TikTok yang telah dibuat.

Gaji TikTokers Pemula

TikTokers pemula merupakan akun dengan jumlah follower yang relatif sedikit. Menurut kurs 2022, gaji TikTokers pemula saat ini berkisar $100 sampai $7000 per bulan. Angka ini setara dengan Rp 1.455.000 hingga Rp 101.839.500, lho!

Gaji TikTokers 1000 Followers

Estimasi penghasilan akun TikTok dengan followers 1000 biasanya berkisar dari angka $1.37 – $2.5. Atau setara dengan Rp 20.000 sampai Rp 30.000 per bulan. Jumlah followers memang sangat mempengaruhi besaran gaji. Apalagi jika jumlah viewers per-kontennya masih belum stabil.

Gaji TikTokers 10k Followers

Akun TikTok yang memiliki followers 10 ribu dapat menghasilkan ratusan ribu dalam sebulan. Sebagai contoh, kamu bisa melihat akun TikTok milik @tryn283 yang memiliki pengikut sebanyak 11K. Pendapatannya dalam sebulan mencapai $6.89 – $10.33 atau setara dengan Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Gaji TikTokers 100k Followers 

Jika akunmu telah memiliki 100 ribu followers, tentunya kamu akan memperoleh penghasilan yang lebih besar. Kisaran gaji akun semacam ini biasanya berada di rentang Rp 500.000 sampai Rp 750.000 per bulannya.

Gaji TikTokers 1 Juta Followers

Akun TikTok dengan 1 juta followers memiliki penghasilan yang relatif stablik. Sebuah data menyebutkan akun yang telah mencapai titik ini mampu mengantongi $1800 sampai $2500, atau senilai Rp 26 juta sampai Rp 36 juta per bulan.

Pendapatan tersebut sebanding dengan effort yang mereka dikeluarkan. Biasanya, akun dengan jumlah followers besar sudah memiliki sistem managemen yang baik. Misal, dengan merekrut SDM untuk videografer, video editor, dan tim lainnya.

5 TikTokers Beserta Jumlah Penghasilannya

1. Jessica Bunga (@Jebunggg)

Jessica Bunga atau yang akrab disapa dengan Jebung adalah seorang TikTokers yang berfokus pada konten di bidang tarik suara. Dengan keahlian menyanyinya yang luar biasa, Jebung kini memiliki jumlah pengikut sebanyak 6,5 juta, dan ditaksir memiliki penghasilan sebesar 10 juta hingga 27 juta rupiah setiap bulannya. Wow!

2. Ansellma Putri (@Akuansellma)

Ansel si TikTokers cantik asal Bandung ini kerap kali membagikan konten-konten menghibur dan daily life dirinya bersama teman-teman melalui aplikasi video pendek tersebut. Dengan jumlah followers sebanyak 1,8 juta, Ansel diperkirakan memiliki penghasilan sebanyak 3 juta hingga 8,5 juta rupiah setiap bulannya hanya melalui TikTok.

3. Fujianti Utami (@Fujiiian)

Kekasih dari Thoriq Halilintar ini adalah salah satu TikTokers yang memiliki jumlah pengikut sangat besar di TikTok, yaitu sebanyak 11,8 juta pengikut. Fuji melalui TikToknya sering membagikan konten video kesehariannya bersama keluarga dan teman-teman. Hingga kini, Fuji diperkirakan memiliki penghasilan dari aplikasi TikTok dengan jumlah yang fantastis, yaitu sekitar 24 juta hingga 60,5 juta rupiah setiap bulannya. Hm.. semakin tertarik jadi TikTokers ya!

4. Vina Muliana (@Vmuliana)

@vmuliana

“Kenapa dulu kamu ngambil jurusan itu?” Hmm gimana ya jawabnya yg pas? Gini.. #serunyabelajar #tipskerja #tipskerjavina

♬ Relaxed everyday loop BGM – Milk

Dengan konten-konten menariknya seputar dunia kerja, Vina Muliana berhasil menggaet 4 juta pengikut di TikTok dalam waktu yang sangat cepat. Saat ini, Vina diperkirakan memiliki penghasilan sebanyak 7 juta hingga 17 juta rupiah setiap bulannya. Wah sekali ya!

5. Sisca Kohl (@siscakohl)

Sisca Kohl sering menghebohkan dunia maya dengan konten TikTok-nya. Mulai dari membuat resep makanan ‘aneh’, serta caranya mempromosikan produk ciri khas sultan yang tak biasa. 

Dengan lebih dari 12 juta pengikut dan 350 juta likes yang Sisca miliki saat ini, ia diperkirakan memiliki pendapatan yang menyentuh ratusan juta rupiah perbulannya. Mengutip laman analisis yang sama, perkiraan tersebut berkisar di antara 100 hingga 400 juta. Namun hal itu sepadan dengan viewers Sisca yang menyentuh jutaan di setiap kontennya.

Cara Mengetahui Jumlah Penghasilan TikTokers Lain

Nah, kalau sebelumnya kamu sudah intip taksiran jumlah penghasilan dari beberapa TikTokers Indonesia, kini Socialights akan membagikan cara yang dapat kamu ikuti untuk mengetahui jumlah penghasilan TikTokers lainnya yang belum disebutkan sebelumnya. Berikut caranya:

  1. Kunjungi Exolyt
  2. Ketik username TikTokers yang ingin kamu ketahui jumlah penghasilannya
  3. Klik tombol ‘calculate earnings
  4. Klik ‘yes’ untuk persetujuan layanan
  5. Voila, kamu dapat langsung mengetahui kisaran jumlah penghasilan dari TikTokers yang kamu cari.

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut hal-hal terkait media sosial, influencer, dan hal-hal di antaranya, kamu bisa langsung klik download aplikasi Socialights di bawah ini yang tersedia di iOS dan Android.

Itu dia beberapa jumlah penghasilan para TikTokers Indonesia. Jadi, gimana? Apakah kamu tertarik menjadi TikTokers?

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!