Berapa Gaji Influencer? Ini Pendapatan Fantastis Mereka dari Instagram!

Menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk bisnis semakin marak di beberapa tahun terakhir. Jasa endorsement yang ditawarkan influencer memiliki rate harga yang berbeda-beda di setiap influencer, dari yang termurah sampai termahal biasanya berdasarkan dari jumlah pengikutnya di media sosial

Ditambah lagi di masa pandemi saat ini, karena strategi ini merupakan salah satu strategi marketing yang paling efektif di masa serba digital sekarang ini, jasa endorsement influencer semakin laris digunakan para pelaku bisnis demi memasarkan produknya yang kian sepi digerogoti efek dari pandemi. Dampaknya para influencer ini dapat menghasilkan pundi-pundi yang bisa dibilang luar biasa dari jasa ini. 

Dalam survei terakhir yang dilakukan lembaga kajian media sosial, dari 1.865 influencer di seluruh dunia ada 45,74 persen influencer wanita dan 28 persen rentang usia 25-34 tahun dengan rata-rata pendapatan mencapai 3.000 USD atau sekitar 43 juta rupiah per bulan. Fantastis bukan? Sedangkan menurut sebuah survei, influencer Indonesia memiliki gaji rata-rata 9,3 juta rupiah hingga 14 juta rupiah per bulan. 

Pada dasarnya influencer terbagi menjadi beberapa kategori yang menyesuaikan dengan jumlah pengikutnya di media sosial sehingga harga bayaran untuk sekali kerjasama dengan influencer tersebut bervariasi di setiap kategorinya. Mulai dari yang terkecil seperti Nano influencer dan yang terbesar Mega influencer ataupun selebritis. Berapakah gaji influencer di setiap kategorinya? Yuk kita bahas.

Nano Influencer

Kategori ini influencer memiliki 1.000 hingga 10.000 pengikut di media sosialnya. Walaupun sebagai kategori terkecil biasanya nano influencer bisa dibilang yang paling efektif untuk menargetkan pasar karena pengikutnya tidak memiliki minat yang berbeda-beda. 

Nano influencer memiliki rate harga yang paling terkecil diantara kategori influencer yang lain, mulai dari 10 USD hingga 100 USD atau sekitar 143 ribu rupiah hingga 1.4 juta rupiah per post tergantung jenis kerjasamanya seperti apa, semakin eksklusif maka harga yang dipatok semakin tinggi. Sedangkan untuk pendapat perbulan untuk nano influencer bisa mencapai 1.543 USD atau sekitar 22 juta rupiah.

Micro Influencer

Memiliki pengikut 10.000 hingga 50.000 di media sosial, micro influencer juga menjadi salah satu profesi yang menjanjikan karena dalam sekali post influencer ini mematok harga mulai dari  100 USD hingga 500 USD atau sekitar 1.4 juta rupiah hingga 7.1 juta. Sedangkan jika diambil rata-ratanya perbulan micro influencer dapat meraup hingga 2.236 USD atau sekitar 32 juta rupiah.

Mid Tier influencer

Kategori ini berada di tengah-tengah yang memiliki tidak banyak atau sedikit pengikut di media sosial yaitu 50.000 hingga 500.000 pengikut. Pendapatan mereka melalui media sosial juga bisa dibilang sangat menjanjikan. Untuk sekali post mid tier influencer memiliki rate harga mulai dari 500 USD hingga 5.000 USD atau sekitar 7.1 juta rupiah hingga 71 juta rupiah. Sedangkan untuk pendapatan per bulannya mencapai 7.821 USD atau sekitar 112 juta rupiah.

Macro Influencer

Memiliki pengikut 500.000 hingga 1 juta di media sosial, macro influencer dapat menghasilkan pundi-pundi yang menguntungkan dalam perbulannya. Rate harga per post kategori ini juga lumayan besar, mulai dari 5.000 USD hingga 10.000 USD atau sekitar 71 juta rupiah hingga 143 juta rupiah. Pendapatan perbulan juga tidak main-main, bisa mencapai 12.276 USD atau sekitar 176 juta rupiah perbulan.

Mega Influencer

Kategori ini memiliki pengikut lebih dari 1 juta atau hampir setara dengan selebritis. Memiliki banyak pengikut, membuat mega influencer juga mematok harga yang sangat tinggi untuk kerjasama. Untuk sekali post pelaku bisnis harus rela mengeluarkan uang sekitar 10.000 USD atau sekitar 143 juta rupiah. Harga juga akan semakin mahal tergantung dengan kerjasama yang dibuat. Biasanya semakin eksklusif maka semakin mahal.

Untuk di luar Negeri, berbeda dengan selebritis seperti, aktor, penyanyi, atlet, dan lain sebagainya. Harga yang ditentukan untuk sekali post berbeda dengan mega influencer yang non-artis. Untuk selebritis mereka mematok harga mencapai 100.000 USD hingga 1 juta USD atau sekitar 1.4 Miliar rupiah hingga 14 Miliar Rupiah. wow banyak sekali bukan?

Itulah gaji influencer dari berbagai kategori, fantastis bukan? apakah kamu tertarik menjadi influencer?

Nah, untuk kalian yang rajin membuat konten dan ingin berkolaborasi langsung dengan influencer ataupun konten kreator profesional bisa banget, lho! Caranya gampang banget, tinggal install aplikasi Socialights di Google Play Store atau App Store. Yuk, Buruan!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!