Wow! Instagram Luncurkan Fitur Baru di Tahun 2022, Apa Saja?

Sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak, setiap tahunnya Instagram berupaya mempertahankan kredibilitas dan pamornya dengan terus menghadirkan pembaharuan dari fitur yang dimiliki, baik itu dengan menghapus fitur yang kurang berfaedah ataupun menciptakan inovasi sejumlah fitur baru yang sesuai dengan kebutuhan dan minat penggunanya.

Melihat besarnya potensi Instagram sebagai media penghasil cuan bagi para pemilik bisnis dan influencer, Instagram menyesuaikan pembaharuan fitur mereka dengan tujuan utama memaksimalkan lapangan kerja para pemilik bisnis dan influencer di media sosial foto tersebut. 

Eits.. Bicara soal Instagram sebagai media sosial foto, uniknya tahun ini Instagram mengambil langkah transformasi besar dengan merubah branding awal mereka sebagai media sosial yang identik dengan foto menjadi video. 

Yup, kamu gak salah baca kok! Instagram secara perlahan akan merubah branding-nya menjadi platform video. Oleh karena itu, pembaharuan fitur yang dihadirkan di tahun ini akan lebih banyak menyasar pada optimalisasi penggunaan dan pengunggahan video dari para pengguna. Penasaran? Ayo langsung kita intip saja 5 fitur terbaru Instagram yang akan hadir di tahun 2022. Let’s check this out!

5 Fitur Baru Instagram di Tahun 2022

1. Feeds Berdasarkan Kronologi Waktu dan Akun Favorit

Ingat fitur Instagram yang telah lama hilang yang menampilkan unggahan Feeds berdasarkan kronologi? Kabar baiknya, fitur tersebut akan kembali hadir di tahun 2022! Berita ini bukan sekedar rumor, Adam Mosseri selaku pimpinan utama Instagram mengonfirmasi langsung kehadiran fitur ini. 

Adam menyampaikan bahwa nantinya Instagram akan menambahkan tiga opsi di Feeds yang dapat ditentukan oleh pengguna, antara lain Home, untuk menampilkan unggahan berdasarkan ketertarikan dan minat pengguna yang diatur menggunakan algoritma tertentu, kemudian yang kedua ada opsi Following yang membantu pengguna melihat unggahan dari akun yang mereka ikuti berdasarkan kronologi waktu, dan yang terakhir Favorites, dimana pengguna dapat memilih hanya melihat unggahan dari akun-akun tertentu yang mereka inginkan. Wah, menarik sekali kan?

Kabar baiknya, fitur ini sudah tersedia untuk beberapa pengguna, dan akan diluncurkan secara merata di kuartal pertama tahun 2022. Mari kita tunggu!

2. Pesan Untuk Meninggalkan Panggilan Telepon

Ingin memaksimalkan fitur berkomunikasi, Instagram hadirkan fitur pesan yang dapat ditinggalkan kepada pengguna lain yang sedang menelepon kamu. Jadi, tak perlu repot untuk bolak-balik mengetik pesan di direct message, kamu tinggal klik beberapa pilihan yang disediakan oleh Instagram apabila pada saat itu kamu tidak dapat mengangkat panggilan telepon yang ada. 

Beberapa pilihan pesannya antara lain seperti “Saya sedang sibuk sekarang. Ada apa?” dan “Tidak bisa telepon sekarang. Nanti saya telepon balik!”. Lagi-lagi, bocoran informasi terkait pembaharuan fitur Instagram ini dikonfirmasi langsung oleh Adam Mosseri selaku Bos Instagram melalui Twitter pribadinya. Simak langsung twit Adam di bawah ini yuk!

3. Bergabungnya IG TV dengan Postingan Video

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Instagram secara perlahan akan merubah image-nya menjadi platform video. Oleh karena itu, di tahun ini Instagram berencana akan menyederhanakan unggahan video dengan menghapus fitur IG TV dan video feeds menjadi Instagram TV. Menariknya lagi, kini kamu dapat menonton dan mengunggah video dengan durasi maksimal hingga 60 menit, lho! 

4. Fitur Monetisasi Lebih Lengkap Untuk Para Selebgram

Melihat besarnya peluang Instagram sebagai platform pencari cuan bagi para Selebgram dan pemilik bisnis, tahun ini Instagram akan menghadirkan lebih banyak fitur monetisasi yang membantu mengoptimalisasi penggunaan Instagram sebagai media pencari cuan. Beberapa di antaranya seperti hadirnya fitur professional dashboard, ketersediaan akun bisnis untuk melangsungkan panggilan telepon, dan fitur lainnya yang mungkin belum kita ketahui. Semakin semangat jadi influencer nih!

5. Membagikan Live Instagram Ke Instagram Story

Sejalan dengan transformasi image yang dilakukan oleh Instagram menuju platform video, kini pengguna yang menggunakan fitur Instagram Live menjadi dipermudah dengan kehadiran fitur baru yaitu opsi untuk membagikan video hasil Live mereka ke Instagram Story dan platform di luar Instagram. 

Kabar mengenai kehadiran fitur baru untuk Instagram Live ini dibocorkan langsung oleh Adam Mosseri melalui Twitter pribadinya. Hmm.. menarik sekali ya!

Pengen tahu lebih banyak informasi terkait media sosial seperti tadi atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan social media influencer dan pembuatan konten? Ayo langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Klik sekarang!

Bagaimana? Jadi gak sabar buat coba fitur-fitur terbaru di Instagram kan? Jangan sampai ketinggalan dan update terus aplikasinya ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!