Ini Cara Mudah Bikin Feed Instagram Kamu Jadi Menarik!

Sebagai platform berbagi foto dan video, Instagram hadir dengan tampilan dan fitur yang membantu para penggunanya untuk dapat menyajikan foto dan video terbaik mereka. Mulai dari fitur edit yang terintegrasi di aplikasi, Instagram Story untuk menyajikan foto dan video singkat, dan yang paling menarik perhatian, Feed Instagram.

Kalian pengguna lama Instagram mungkin sudah tidak asing lagi dengan Feed Instagram. Menjadi cover utama sebuah profil, feed instagram dapat menjadi bait sekaligus strategi marketing yang tepat untuk seorang pengguna Instagram menggaet followers.

Tampilan feeds yang memanjakan mata tentu dapat dengan mudah membuat para pengunjung baru menjadi tertarik dengan si akun dan berakhir mengikutinya. 

Hmm.. kira-kira Socialty sudah tahu belum bagaimana caranya membuat tampilan feeds Instagram yang menarik? Kalau belum, jangan khawatir! Karena di artikel ini Socialights sudah merangkum sejumlah tips yang dapat kamu coba untuk hasilkan tampilan feeds yang dapat memanjakan mata. Simak sekarang, yuk!

Apa Itu Feed Instagram?

Sebelum mulai ke tipsnya, Socialty perlu tahu dulu nih apa itu sebenarnya Instagram Feeds. 

Sebagai salah satu fitur pertama sejak Instagram diluncurkan, Feed Instagram hadir sebagai beranda sebuah profil yang tampilannya berisi unggahan, baik itu foto dan video dari si pemilik akun. 

Saat kamu mengunjungi sebuah akun di Instagram, tentu kamu akan melihat sebuah tampilan foto dan video milik si profil yang tersaji rapih dalam pattern kotak-kotak, yup itulah yang dinamakan Feed Instagram. 

apa itu feed instagram

Salah satu kotak yang tersaji dapat kamu klik untuk dilihat secara lebih mendetail. Dengan mengklik salah satunya kamu dapat berinteraksi dengan unggahan tersebut, baik itu dengan menekan like, meninggalkan komentar, hingga menyebarkan posting-an.

Bukan tanpa fungsi, ternyata Feed Instagram memiliki manfaat yang cukup banyak, lho. Feed Instagram yang memiliki tampilan menarik atau aesthetic dapat menjadi strategi untuk mempromosikan akun kepada calon followers. 

Dengan menggunakan Feed Instagram, kamu juga bisa menunjukkan personality dan branding yang berusaha kamu tanamkan di mata para followers. Misal, kamu adalah pribadi yang ceria, maka kamu dapat menyajikan tampilan Feeds dengan tone berwarna cerah dan unik. 

contoh feeds instagram

Tips Bikin Feeds Instagram yang Menarik

Ini dia yang ditunggu-tunggu, tips dalam membuat tampilan Feeds Instagram yang menarik. Bagaimana caranya? Intip 5 tips di bawah ini, yuk!

1. Tentukan Tema

Sebelum memulai semuanya, pertama-tama kamu perlu menentukan terlebih dahulu tema feeds yang ingin kamu sajikan. Penentuan tema dapat dilakukan dengan mempertimbangkan personal branding atau identitas brand yang kamu miliki. 

Dengan menentukan tema, kamu akan lebih mudah merancang dan konsisten dengan pattern dari foto dan video yang disesuaikan dengan tema. Beberapa contoh tema yang mungkin dapat kamu coba antara lain seperti monokrom, vintage, fun, minimalist, dan lain sebagainya.

2. Atur Pola

Setelah menentukan tema, kamu harus mengatur pola dari foto dan video yang hendak kamu unggah agar hasilnya terlihat ciamik dan menarik di mata pengunjung. 

Dalam mengatur pola, kamu dapat memilih salah satu bentuk grid Instagram yang cocok dengan minat kamu. 

Misal, ada checkerboard yang memberi pola grid seperti papan catur atau selang seling. 

feeds instagram catur

Kemudian ada vertical line yang menyajikan susunan feeds secara vertikal dimana setiap kotak vertikal dari atas ke bawah memiliki unggahan dengan pola yang serupa. 

feeds instagram vertikal

Lalu ada horizontal line yang polanya serupa dengan vertical line namun dalam urutan horizontal, dari kanan ke kiri. 

feeds instagram horizontal

Terakhir, ada pola puzzle yang menyajikan tampilan unggahan yang saling berhubungan dengan unggahan lainnya. Meski sedikit rumit, tetapi pola satu ini terlihat sangat menarik dan worth to try, Socialty!

feeds instagram puzzle

3. Pilih Skema Warna

Agar terlihat aesthetic dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan, kamu perlu menentukan skema atau pilihan warna yang konsisten untuk ditampilkan di feeds. Coba mulai pilih 2-3 warna sesuai dengan tema yang akan kamu gunakan pada unggahan di feeds. 

feeds instagram biru

Selain memilih skema warna, kamu juga harus memastikan filter pada foto yang kamu gunakan konsisten, agar pola yang tersaji dapat terlihat saling berkaitan.

4. Jadwalkan Konten

Untuk hasilkan tampilan yang konsisten dan rapi, kamu perlu membuat jadwal perencanaan konten yang hendak diunggah. Dengan merencanakan konten, kamu dapat dengan mudah menyusun dan menyesuaikan tampilan konten yang cocok untuk diunggah selanjutnya.

5. Berikan Kualitas Foto Terbaik

Terakhir, pastikan kamu mengunggah foto atau video dengan kualitas yang baik. Pastikan lighting dan hasil konten yang diunggah tidak blur atau pecah. Kamu tentu tidak mau kan calon followers-mu pergi karena ternyata hasil unggahan yang kamu sajikan tidak memiliki kualitas yang baik?

Aight, jadi itu dia 5 tips membuat tampilan Feeds Instagram yang menarik dan memanjakan mata. Coba sekarang untuk rasakan manfaatnya, calon followers dijamin auto follow! 

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!