Facebook Pixel: Definisi, Kegunaan, Begini Cara Memasangnya

Apakah kamu pernah memasang iklan di Facebook namun hasilnya kurang memuaskan? Bisa saja iklan tersebut tidak tertarget ke audiens yang tepat. Jika kamu ingin iklan yang kamu pasang tepat sasaran, kamu sepertinya harus mengenal tools bernama ‘Facebook Pixel’.

Jika nama tersebut terdengar asing, kenalan dulu yuk melalui artikel ini! Sudah banyak lho marketer yang merasakan manfaat menggunakan Facebook Pixel. Jangan sampai ketinggalan, ya. Simak sekarang!

Apa Itu Facebook Pixel?

Apa Itu Facebook Pixel?

Facebook Pixel adalah kode yang ditanamkan ke dalam website dengan fungsi untuk mengukur efektivitas iklan dalam platform Facebook

Tools tersebut akan membaca tindakan yang user lakukan di dalam website dan menyesuaikan iklan yang terpasang dengan prefrence masing-masing akun.

Cara kerja Facebook Pixel adalah dengan mengumpulkan data yang dapat membantu pengguna mengukur konversi dari Facebook Ads, mengoptimasi iklan, membuat custom audiens, bahkan bisa juga melakukan retargeting.

Kegunaan Facebook Pixel

Menurut Hootsuite, Facebook Pixel adalah hal yang sangat marketer perlukan untuk meningkatkan conversion rate iklan Facebook sehingga mendapatkan return of investment (ROI) yang lebih baik.

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat Facebook Pixel yang lebih detail:

1. Meninjau Users dari Website

Facebook Pixel adalah cara yang efektif untuk melihat bagaimana orang berinteraksi dengan website setelah melihat suatu iklan yang Facebook tampilkan.

Selain itu, Facebook Pixel juga dapat dapat melacak users ketika menggunakan perangkat yang berbeda. Ini akan membantu kamu mengetahui apakah satu users lebih sering menggunakan komputer atau smartphone untuk melakukan pembelian. 

Informasi tersebut bermanfaat untuk merancang strategi yang tepat untuk marketing, seperti tipe konten yang digunakan.

2. Pemanfaatan Fitur ‘Retargeting’

Fitur Facebook retargeting pixel data and dynamic ads akan membantu kamu untuk melihat iklan secara khusus pada orang-orang yang sudah mengunjungi website.

Jika ada seorang users yang tertarik pada produkmu namun tak lama meninggalkan website, Facebook Pixel akan menampilkan iklannya pada situs lain dan membuat mereka kembali berpikir untuk melakukan pembelian di sana.

3. Mengkategorikan Audiens

Data yang Facebook Pixel kumpulkan bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan audiens yang memiliki kesukaan, ketertarikan, dan demografi yang sama. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk memperluas cakupan pelanggan potensial.

4. Mengoptimalisasikan Iklan Facebook

Tools yang satu ini dapat mengoptimasikan iklan Facebook. Idealnya, Facebook Pixel akan menampilkan iklan pada orang-orang yang memiliki kecenderungan melakukan pembelian nominal tinggi.

Oleh karena itu, data pembelian pelanggan yang tools ini kumpulkan akan bermanfaat untuk melakukan pengiklanan yang lebih tepat sasaran.

5. Akses Tools 

Ada beragam tool, fitur, serta metrik kampanye marketing yang akan kamu dapatkan jika menginstall Facebook Pixel. Contoh yang paling menguntungkan adalah Facebook Pixels dapat mengumpulkan data cost per lead atau cost per conversion.

Tutorial Memasang Facebook Pixel

Berikut urutan langkah-langkah untuk memasang Facebook pixel:

Langkah 1: Membuat Facebook Pixel

1. Masuk ke Facebook Event Manager, klik Connect to Data Sources pada menu sebelah kiri, lalu pilih Web.

Facebook Event Manager

2. Pilih Facebook Pixel, lalu klik Connect.

Masukkan nama pixel dan URL website kamu, lalu klik Continue.

Langkah 2: Memasang Kode Pixel pada Website

Agar pixel kamu dapat mengumpulkan informasi pada sebuah website, kamu perlu memasang kode Facebook pixel pada website tersebut.

Terdapat beberapa cara untuk memasang kode pixel pada website, bergantung pada website platform yang Anda gunakan. Pada tutorial ini akan dipilih Install code manually.

1. Klik Copy Code.

2. Paste kode pixel pada kode header pada website Anda. Lakukan hal ini pada setiap page yang ingin Anda pantau.

Langkah 3: Mengatur Facebook Pixel Events

1. Klik Open Event Setup Tool.

Pilih Facebook pixel ID Anda, lalu klik Settings dan scroll ke bawah menuju Open Event Setup Tool.

2. Masukkan URL Anda dan klik Open Website.

3. Facebook akan menampilkan pilihan rekomendasi event. Klik Finish Setup untuk menyelesaikan pengaturan.

Jika Pixel telah dibuat, kamu bisa langsung menambahkannya ke website agar tools bisa segera bekerja untuk mengumpulkan data.

Nah, dalam tahap ini, penting untuk kamu menginstall beberapa kode ke halaman situs website, tergantung platform situs yang digunakan.

Facebook Pixel menyediakan tiga pilihan, yaitu Integration atau Tag Manager, instalasi kode secara manual, atau meng-email instruksi instalasi ke developer.

Jika ingin melakukannya sendiri, Socialights menyarankan kamu untuk memahami kode HTML terlebih dulu. Setelah kode ditambahkan pada situs web, hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah mengaktifkan automatic advanced matching.

Automatic advanced matching sendiri adalah cara Facebook Pixel melacak konversi dengan lebih akurat dan mengumpulkan lebih banyak audiens yang sesuai dengan bisnis atau produk. Untuk mengecek apakah kodenya sudah aktif, cobalah memasukkan URL situsmu dan klik Send Test Traffic.

Kalau Facebook Pixel sudah bisa melacak aktivitasnya, pilih Continue untuk melanjutkan.

Demikian penjelasan Socialights mengenai Facebook Pixel yang sangat bermanfaat untuk dunia digital. Sangat banyak, kan, kegunaannya? Tunggu apalagi, coba sekarang!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!