Facebook Adalah: Definisi dan Sejarah, Fitur, Manfaat

Sebagai salah satu media sosial paling populer di dunia dengan total pengguna sekitar 2,4 milyar pada tahun 2019, Facebook terus berkembang dengan memperbaharui fitur berbagai yang mereka miliki agar tetap eksis di kalangan media sosial lainnya. 

Kalau Socialty sendiri, kira-kira sudah sejak kapan nih mulai menggunakan Facebook?

Dikenal sebagai aplikasi serba guna, Facebook kini tak hanya digunakan untuk berjejaring sosial saja, tetapi juga sebagai arena marketing hingga menggaet popularitas. 

Dalam artikel ini, Socialights telah merangkum serba-serbi Facebook yang patut kamu ketahui. Mulai dari apa itu sebenarnya Facebook, bagaimana sejarah berdirinya Facebook, sejumlah fitur menarik yang ada dalam Facebook, hingga manfaat kelebihan menggunakan si biru yang satu itu.

Apa Itu Facebook?

apa itu facebook

Dengan tagline Bringing the world closer together”, Facebook merupakan media sosial yang membantu penggunanya untuk berjejaring sosial dan terhubung dengan pengguna lainnya di seluruh penjuru dunia.

Jika Instagram dengan fitur foto, TikTok dengan video pendeknya, maka di sini Facebook hadir dengan ciri khas berupa status. 

Saat menulis status, si penulis dapat menyematkan foto, link, hingga video yang memiliki relevansi dengan status tersebut. Setelah terunggah, pengguna lainnya dapat memberikan reaksi berupa like, komentar, dan share

Dengan kebebasan yang Facebook berikan dalam menulis status, para pengguna akan menuliskan berbagai hal yang bervariatif di dalamnya. Mulai dari cerita pribadi, keluh kesah diri, hingga berjualan dan membagikan berita terkini. Menarik sekali bukan?

Sejarah Facebook

Facebook didirikan oleh mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Tidak langsung menjadi media sosial berjejaring sosial canggih seperti saat ini, Facebook diawali dengan nama Facemash

Facemash.com secara singkat adalah sebuah situs dimana penggunanya bisa memilih salah satu dari dua gambar yang dibandingkan, yang mana pada saat itu adalah gambar dari mahasiswi di Harvard University. 

Dirasa menyalahgunakan data, Mark akhirnya mendapat teguran keras dari pihak Harvard hingga pada tahun 2004 akhirnya ia memberhentikan Facemash dan membuat situs jejaring sosial baru dengan nama TheFacebook.com. 

Menjadi cikal bakal Facebook, The Facebook memiliki model situs seperti Friendster yang berusaha menghubungkan para mahasiswa Harvard melalui sebuah media jejaring sosial. 

Berhasil mendapatkan sekitar 1.200 pendaftar hanya dalam satu hari, Mark kemudian terus mengembangkan The Facebook hingga pada tahun 2005 ia merubah nama The Facebook menjadi Facebook.

Melihat kesuksesan yang Facebook raih, membuat para investor seperti Microsoft dan Apple tertarik untuk bekerja sama dengan Facebook.

Terus mengalami kesuksesan, pada tahun 2006 Facebook berangsur-angsur menjadi media sosial yang dapat masyarakat umum gunakan dengan minimal usia 13 tahun. 

Manfaat Facebook

Karena pengguna Facebook yang begitu besar dengan jangkauan yang begitu luas maka tentu Facebook memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat yang kamu dapat ketika menggunakan Facebook baik dari sisi sosial maupun ekonomi.

Manfaat Secara Sosial

Dengan Facebook, pengguna dapat saling terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna lain, entah melalui pertemanan, komentar, suka, hingga berkirim pesan secara pribadi. 

Bahkan dalam sebuah kasus, ada seseorang yang berhasil menemukan keluarganya yang hilang melalui Facebook. Selain itu, pengguna juga dapat belajar dan bergabung di komunitas/ grup dengan hobi yang sama. 

Berikut aspek sosial ketika menggunakan Facebook:

  1. Bergabung dengan sebuah grup/ komunitas.
  2. Saling mempertemukan pengguna dengan hobi yang sama.
  3. Dapat mengikuti halaman pada tokoh, artis, aktor, atau pengusaha.
  4. Terhubung dengan siapapun, yang menjadi peluang bertemu keluarga atau teman lama.
  5. Sebagai bonus, Facebook juga memungkinkan untuk mendapatkan jodoh.

Manfaat secara Ekonomi

Facebook tidak hanya berfungsi sebagai media sosial, namun telah merambah ke bisnis dan ekonomi menengah/ UKM. Banyak pengguna internet yang telah lama memanfaatkan Facebook sebagai media promosi dan menjual produk mereka secara tepat dan ter-target. 

Banyak pula pengalaman pebisnis online yang membuktikan mereka berhasil mempromosikan produk lewat periklanan Facebook. Berikut aspek bisnis dan ekonomi untuk pengguna Facebook:

  1. Menambah lapangan pekerjaan.
  2. Mencari lowongan pekerjaan.
  3. Menjadi platform untuk mendukung bisnis online.
  4. Periklanan ter-target dengan Facebook Ads.
  5. Media promosi e-commerce / marketplace.

Fitur dalam Facebook

Tak hanya memiliki fitur status, ternyata banyak sekali lho fitur menarik lain yang Facebook sediakan. Jadi tak heran jika hingga saat ini Facebook masih tetap eksis di kalangan Masyarakat. Apa saja fitur-fitur tersebut? Simak jawabannya di bawah ini!

laptop

1. Unggah Foto/Video

Unik, di Facebook kamu tak hanya dapat menyematkan foto atau video pada status, tetapi juga dapat mengunggah secara khusus foto dan video yang nantinya akan terhubung ke album.

2. Messenger

Ingin berinteraksi secara pribadi dengan salah satu teman di Facebook? Jangan khawatir, di sini Facebook menyediakan fitur khusus untuk berbincang secara pribadi dengan teman, yaitu melalui fitur Messenger. Canggihnya, di fitur ini kamu juga bisa melakukan panggilan video, lho! Coba sekarang?

3. Facebook Ads

Seperti halnya Instagram Ads, di Facebook Ads pengguna dapat memasarkan produk mereka dengan membayar sejumlah tarif tertentu. Produk yang dipasarkan nantinya akan dapat tersebar secara luas di laman Facebook pengguna lain. Auto meningkat nih penjualan kamu!

4. Live Streaming

Aktif beradaptasi dengan perkembangan fitur terkini, sekarang kamu dapat melakukan siaran langsung di Facebook. Dengan menggunakan fitur siaran langsung kamu dapat berinteraksi secara real time dengan sejumlah teman yang sedang menonton siaran mu.

5. Facebook Story

Ingin membagikan potret dan cerita kehidupan sehari-hari yang tersimpan hanya dalam waktu 24 jam? Coba deh fitur Facebook Story ini, pasti bikin ketagihan!

Kelebihan Menggunakan Facebook

Selain memiliki fitur yang lengkap dan menarik, ini dia beberapa kelebihan menggunakan Facebook!

kelebihan facebook

1. Mudah Digunakan

Memiliki tampilan simpel yang lengkap dengan simbol serta keterangan membuat Facebook dapat dengan mudah pengguna akses, bahkan oleh pemula. Hanya dalam 1 hari, kamu pasti dapat langsung menggunakan Facebook dengan lincah! 

2. Dapat Menjadi Arena Marketing

Facebook memiliki fitur status dan Facebook Ads yang dapat menjadi arena marketing. Di status, kamu dapat memasarkan produkmu secara gratis dengan menuliskan deskripsi produk serta ajakan untuk membelinya. Sementara di Facebook Ads, kamu dapat memperluas cakupan marketing dengan membayar sejumlah tarif untuk memasarkan produk kamu ke para pengguna lainnya.

3. Membantu Terhubung Secara Luas

Dengan sejumlah fitur interaksi yang Facebook sediakan, para pengguna dapat terhubung dengan pengguna lainnya melalui fitur komentar yang tersedia di status dan chat serta video call yang tersedia di Messenger.

4. Media Menyampaikan Pendapat 

Fitur status memberikan kebebasan kepada para pengguna untuk mencurahkan isi pikiran dan hati. Sehingga, banyak dari pengguna yang memanfaatkan kolom status untuk menuliskan pendapat mereka terkait berbagai hal, mulai dari gosip hingga isu politik. Pastikan kamu menuliskan pendapatmu sesuai dengan peraturan dan etika yang benar ya!

“Apa yang Anda pikirkan?” ucap Facebook. Jadi tunggu apa lagi? Ayo mulai coba tuliskan apa yang kamu pikirkan di laman Facebook-mu sekarang juga!

Kerugian Menggunakan Facebook

Selain memiliki manfaat dan kelebihan, ternyata bermain Facebook jika dilakukan terlalu sering juga bisa berdampak negatif, lho! Berikut beberapa diantaranya:

  1. Kamu bisa tanpa sadar bermain Facebook selama jam-jam, dan itu bisa mengurangi keefektifan waktumu.
  2. Bisa menghabiskan uang karena selalu online di internet.
  3. Rentan dengan p*rn*grafi karena ada begitu banyak penyebaran foto dan video terkait di media massa, termasuk Facebook.
  4. Untuk anak yang masih sekolah bisa menelantarkan pelajaran karena terlalu asyik bermain Facebook.
  5. Penyalahgunaan media sosial, termasuk Facebook, akan berdampak pada kasus kriminal. 

Untuk menghindari hal- hal di atas, penting untuk kamu tahu bagaimana cara bertika di media sosial. Baca artikelnya di sini, ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!