Mengenal Engagement dan Cara Efektif untuk Mengukurnya

Apakah kamu termasuk orang yang memperhatikan likes dan comment pada suatu konten? Atau bertambah dan berkurangnya followers? Kedua hal tersebut adalah bagian dari engagement loh! Bagi kamu pengguna aktif media sosial, pasti sudah umum dengan istilah engagement. Engagement adalah tingkat interaksi yang dimiliki oleh konten pada akun media sosial kamu. Bagi kamu yang ingin mengenal engagement lebih dalam lagi, yuk baca tulisan ini sampai abis!

Engagement itu apa sih?

Perempuan yang sedang melihat akun media sosial

Engagement adalah istilah umum pada bidang bisnis dan pemasaran. Engagement adalah komunikasi dua arah yang dilakukan dan didapatkan melalui media sosial kamu. Engagement berfokus kepada tanggapan audiens terhadap pesan atau konten yang kamu berikan melalui media sosial. Engagement dianggap sebagai aspek yang sangat penting dalam mengelola media sosial. Melalui engagement, kamu dapat membangun brand identity, seperti brand awareness, brand activation, dan brand engagement

Apakah engagement dapat menjadi tolak ukur efektivitas akun media sosial?

Keberadaan engagement dapat menjadi tolak ukur kamu untuk memastikan apakah konten yang diberikan sudah relevan dengan followers akun media sosial kamu. Engagement seringkali dimanfaatkan oleh para pengelola media sosial sebagai metriks umum untuk memberikan evaluasi terhadap kinerja pemasaran pada media sosial. Hal ini diakibatkan oleh angka engagement sudah merangkum keseluruhan aspek yang didapatkan dari sebuah konten. Aspek tersebut adalah likes, clicks, comments, dan shares

Bagaimana cara meningkatkan engagement media sosial kamu?

Engagement media sosial

Bagi kamu yang merasa belum mendapatkan hasil yang maksimal dari engagement, tidak perlu khawatir, masih ada kesempatan untuk menaikkan engagement kamu. Yuk, simak empat tips dari kami untuk menaikkan engagement kamu!

  • Menganalisis engagement secara berkala

Pada tahapan ini, kamu dapat menganalisis engagement setiap konten yang sudah terunggah. Setelah melakukan hal tersebut, kamu dapat menjabarkan kelebihan dan kekurangan setiap konten. Guna mempermudah pekerjaan kamu, kamu dapat menggunakan tools social media analytic yang sudah tersebar dimana-mana.

  • Membuat strategi media sosial

Tidak ada satu strategi media sosial yang pakem dalam menjalankan media sosial, menyesuaikan kepada kebutuhan perusahaan dan target audiens. 

  • Memberikan konten interaktif

Para audiens akan merasa adanya usaha lebih dari sebuah perusahaan saat mengadakan konten interaktif. Melalui konten interaktif, kamu dapat menunjukan bahwa kamu memiliki keinginan untuk mengenal dan memahami audiens kamu. Konten interaktif dinilai menjadi selingan yang efektif bagi konten informatif pada media sosial kamu.

  • Mengambil hati followers

Kesetiaan followers menjadi hal yang sangat penting dan berdampak kepada engagement sebuah akun media sosial. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mengambil hati tersebut adalah dengan melibatkan followers dalam konten yang kamu buat. Seperti mengajak followers untuk melakukan Live Instagram bersama, mengirim pesan melalui DM, dan membuat konten berdasarkan permintaan followers

Gimana sih, cara mengukur engagement rate?

Fitur like

Secara umum, setiap media sosial memiliki cara yang berbeda dalam mengukur interaksi pada sebuah konten. Pada Twitter, engagement diukur melalui jumlah retweet dan followers. Pada Facebook, engagement diukur melalui jumlah share, like, dan followers. Pada Instagram, kamu dapat menghitung engagement melalui jumlah like dan followers. Pada jumlah like dan share, kamu dapat memperkirakan popularitas konten. Pada jumlah followers, kamu dapat menjumpai pengguna yang memiliki keinginan untuk melihat konten media sosial kamu secara teratur. 

Secara spesifik, pada Instagram pun terdapat rumus dalam menghitung engagement: total aktivitas respon/engagement : total views/reach) x 100%

Bagi kamu yang bingung mengaplikasikan rumus engagement rate, berikut adalah contoh simpel. Pada April 2022, akun Instagram yang kamu kelola mengunggah 10 konten dan menghasilkan 1000 reach organic. Pada sepuluh konten tersebut, kamu mendapatkan 20 komentar, 10 share, 25 likes dan 5 klik. Setelah menjumlahkan secara keseluruhan, maka jumlah total dari aktivitas respon adalah 60. Setelah mendapatkan data tersebut, kamu dapat menghitung engagement kamu. Yaitu (60:1000) x 100%: 6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa engagement rate pada April 2022 sebesar 6% dari jumlah followers kamu. 

Namun, kami memiliki solusi lebih simpel lagi bagi kamu yang tidak menyukai matematika! Berikut adalah tiga website yang menyediakan fitur engagement calculator:

Engagement calculator

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu sudah memahami apa itu engagement? Sudah siapkah kamu untuk mengetahui dan mengelola engagement akun media sosial kamu?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!