Calon Influencer Harus Tahu! Ini Pengertian Endorse dan Cara Kerjanya

Hai Socialty! Tahu nggak sih, saat ini strategi pemasaran melalui endorse nggak bisa diabaikan? Peran figur publik dinilai mampu menarik perhatian masyarakat secara alami, hingga menjadi saluran pemasaran yang efektif.

Nah, buat Socialty yang siap jadi influencer, wajib kenal dulu dengan istilah endorse. Yuk, kita simak pembahasannya, berikut ini. 

thumbs up

Apa Itu Endorse?

Istilah “Endorse” berasal dari serapan Bahasa Inggris yakni Endorsement, yang berarti menyetujui, mendukung, dan mengabsahkan. Sederhananya sih, endorse adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mendukung atau menyetujui sesuatu.

Di era teknologi informasi, Endorsement menjadi bagian penting dari digital marketing. 

Masifnya penggunaan media sosial, membuat endorsement dianggap sarana paling efektif untuk mempromosikan barang atau jasa.

Endorse dapat diartikan sebagai sebuah bentuk iklan dengan menggunakan figur publik atau tokoh terkemuka yang memiliki pengakuan, rasa hormat, hingga kepercayaan yang tinggi di masyarakat.  Semakin besar pengaruh sang tokoh, makin tinggi pula dukungan masyarakat terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Tentu hal ini berbeda dengan paid promote.

a woman taking a video of herself

Tujuan Melakukan Strategi Endorse

Endorsement makin marak dipraktekan karena pengguna media sosial di Indonesia luar biasa banyak, sehingga pemasaran secara digital akan sangat efektif. 

1. Meningkatkan Brand Awareness 

Kesadaran merek dapat tercipta dengan menggunakan jasa figur publik yang sudah akrab dikenal masyarakat luas. Semakin besar pengaruh sang tokoh publik, makin tinggi pula daya tarik dan tingkat kesadaran masyarakat terhadap brand tersebut.

2. Membangun Kredibilitas

Pengaruh figur publik mampu mengikat penggemarnya, sehingga saat mereka menggunakan sebuah produk, konsumen menjadi lebih percaya jika produk tersebut layak digunakan.

3. Promosi yang Efektif

Promosi produk atau jasa melalui metode endorse sangat efektif dalam hal waktu dan biaya. Konten yang diposting secara actual, membuat produk bisa dikenal dalam waktu cepat, akibatnya omset penjualan pun langsung melesat.

a woman taking a video of clothes

Siapa Saja yang Bisa Di-Endorse?

Seorang yang punya pengaruh besar dan memiliki banyak pengikut, adalah kriteria yang tepat untuk melakukan endorsement. 

Influencer adalah salah satu strategi pemasaran yang sedang booming, terutama sejak melonjaknya pengguna media sosial. Influencer adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain untuk ikut membeli produk tertentu. Influencer memiliki popularitas dan pengikut yang luas di internet. 

Endorse influencer sangat bermanfaat, karena memiliki audiens yang besar yang dapat mengikuti rekomendasi mereka.

Sebetulnya siapa saja bisa di-endorse. Namun ada sejumlah pertimbangan dalam menyeleksi pilihan, agar engagement maksimal :

1. Jumlah Followers/ Subscribers

Poin utama yang menjadi pertimbangan pemilik brand saat ingin menggunakan jasa endorse. Semakin banyak followers/ subscribers seseorang, semakin tinggi tingkat jangkauan pasarnya.

2. Tingkat Interaksi dengan Audiens

Engagement rate adalah persentase followers aktif dibandingkan total jumlah followers.

Dengan engagement rate,  algoritma media sosial bisa membaca kemungkinan apakah sebagian besar followers adalah palsu atau tidak.

3. Figur Representatif

Seorang endorser haruslah figur representatif, yang dapat mewakili produk sesuai dengan target audience yang diharapkan. Sehingga, produk yang dipromosikan tepat sasaran. 

Sosok siapa sangat mempengaruhi citra di hadapan publik dan target pasarnya. 

Sistem Rate Card untuk Biaya Endorse Influencer

Sebelum melakukan endorsement, ada yang harus dipersiapkan yaitu dokumen endorsement. Dokumen endorsement atau MOU adalah dokumen yang kamu perlukan sebelum mengajukan endorsement. Di dalamnya, biasanya ada yang disebut sebagai endorsement letter.

Endorsement letter adalah surat yang dibuat influencer (bisa juga rekan bisnis) untuk mendukung stikma “influencer terpilih adalah kandidat yang baik atau orang yang dapat dipercaya untuk mempromosikan produk”. 

Setelah punya dokumen tersebut, pastikan juga kamu telah melihat rate card endorsement dari influencer yang ingin kamu ajak kerja sama. Rate card endorsement sendiri merupakan daftar menu yang di dalamnya ada informasi detail mengenai biaya, format konten, platform, jangka waktu dan ketentuan lainnya.

Informasi tadi menutup penjelasan kami pada artikel ini. Jadi, bagaimana? Setelah Socialty tahu tentang endorse, siap menjadi influencer ? Untuk bisa memulai karir kamu menjadi konten kreator atau influencer, kamu bisa download aplikasi Socialights di Android atau iOS.

Endorse adalah hal positif yang bisa Socialty tekuni di tengah derasnya arus digitalisasi. Namun butuh ketekunan dan strategi matang agar bisa jadi ladang yang menjanjikan. Selamat mencoba!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!