Apa Itu Copyright? Simak Pengertian dan Jenis-Jenisnya!

Dalam menciptakan sebuah karya, membutuhkan ide dan proses yang tidak gampang. Menghargai hasil karya seseorang juga adalah hal yang mutlak bagi siapa saja karena karya adalah kekayaan intelektual yang tidak semua orang bisa melakukannya. Kasarnya, seseorang yang dapat menciptakan karya dalam bentuk apapun memiliki kemampuan yang istimewa dan umumnya kemampuan ini dimiliki dan diasah sejak dini.

Jika kamu menciptakan sebuah karya dengan proses yang begitu lama, apakah kamu mau karya kamu dijiplak oleh orang lain? Tentu tidak bukan?. Maka dari itu, sebuah karya memiliki perlindungan yang bernama copyright, dimana kekayaan intelektual seseorang akan dilindungi secara hukum atau biasa kita kenal dengan sebutan hak cipta. Namun, kamu sendiri tahu apa itu copyright? Nah, disini kami akan jelaskan. Disimak terus, ya!

Apa itu Copyright?

Copyright adalah hak istimewa pembuat karya yang berhak menyalin hasil karya originalnya di media apapun dalam bentuk suara, video, maupun gambar. Singkatnya, copyright sebuah perlindungan suatu karya atau kekayaan intelektual seseorang. Namun copyright hanya melindungi hasil dari ide yang berbuah karya bukan idenya. 

Adanya copyright dapat mempermudah para seniman untuk lebih bebas berekspresi lagi tanpa takut hasil karyanya dicuri atau dijiplak oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Ditambah lagi, pemilik dapat menjual atau melisensikan hasil karyanya kepada pihak ketiga untuk kebutuh komersil yang dimana pembuat karya mendapatkan keuntungan secara materil dari hasil karyanya. 

Secara hukum, copyright memiliki durasi tertentu serta adanya perlindungan ini publik dapat memanfaatkan untuk tujuan yang bermanfaat untuk kepentingan orang banyak seperti pendidikan maupun penelitian. Akan tetapi, copyright itu ada jenis-jenisnya, lho! Nah, simak terus yuk!

Eits nanti dulu. Buat kamu yang baru memulai menjadi konten kreator, pasti mau kan berkolaborasi dengan para influencer? nah, pas banget. Kamu tinggal download aplikasi Socialights di Smartphone kamu, lho! Disana kamu akan mendapatkan informas-informasi tentang konten kreator maupun influencer. Download disini!

Jenis-Jenis Copyright

Public Domain

Jenis ini dimana karya telah memiliki copyright yang kadaluarsa bertahun-tahun atau pembuat karya telah meninggal dunia. Jika salah satu itu terjadi, maka karya tersebut akan dipakai secara bebas oleh publik tanpa takut hukum yang berlaku. Biasanya karya ini telah melekat di masyarakat dan tidak habis dimakan zaman yang dimana sang pencipta telah “berpulang”.

Full Copyright

Full copyright jenis perlindungan penuh sebuah karya seseorang agar publik tidak memakai sesuka hati. Jika ada yang ingin memakai karya ini, wajib meminta izin kepada pembuat karya. Biasanya akan memakan waktu yang cukup lama jika pencipta karya tersebut tidak melisensikan karyanya apabila karya itu diperuntukan komersil.

Selain melindungi karya secara hukum, kamu tau tidak bahwa Copyright itu memiliki banyak tujuan yang dapat menguntungkan seniman, lho. Apa saja sih? Nah ini dia!

Tujuan Copyright

Mudahnya Kontrol atas Kepemilikan Karya

Berkembangnya budaya dan pemikiran manusia juga diikuti oleh perkembangan hukum agar budaya yang baru dapat terkontrol secara baik. Sama halnya dengan copyright, tujuan dari hak kepemilikan karya ini adalah agar sang pencipta dapat mengontrol penuh atas karyanya supaya tidak dapat dijiplak dengan mudah oleh orang lain. 

Jika pembuat karya ingin menyebarluaskan karyanya, maka sang seniman dapat mendistribusikan melalui berbagai media yang ada agar si pembuat karya akan mendapatkan keuntungan hasil dari ide mereka sendiri sehingga seniman dapat lebih dihargai lagi di publik.

Mensejahterakan Seniman

Dengan adanya copyright, seniman akan mendapatkan kesejahteraan dari hasil karyanya yang telah dibuat. Dari mana? Seniman dapat mendistribusikan karyanya melalui media apapun, dimana mereka akan mendapatkan keuntungan dari sana dan tidak perlu khawatir lagi karya mereka disalin oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagi para influencer yang ingin membuat karya atau konten juga tidak perlu takut. Karena adanya copyright ini sangat membantu melindungi karya kamu dan mendapatkan keuntungan lebih pastinya!

Itulah penjelasan copyright dan juga jenis serta tujuannya, disini siapa yang telah membuat karya dan langsung membuat copyright nya nih, Socialty?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!