Kampanye dan Contoh Influencer Marketing di Social Media

Pengguna media sosial dari segala kalangan mulai dari gen Z sampai boomers sudah sehari-hari menggunakan platform seperti Instagram, TikTok, Facebook dan lain lain. Melalui sosial media, banyak orang yang membagikan hobi ataupun ilmu di akun sosial media mereka. Selain itu sudah banyak Key Opinion Leader (KOL) atau sering juga disebut Influencer yang meramaikan platform media sosial ini. 

Nah, dengan kecenderungan ini Kamu bisa melihat perkembangan marketing perusahaan dan bisnis dalam fenomena ini disini akan membahas semua tentang Influencer Marketing, contoh influencer marketing, dan Contoh Kampanye yang bisa Kamu coba.

influencer marketing

Kegunaan Influencer Marketing

Secara definisi Influencer marketing sendiri adalah salah satu strategi dalam dunia marketing yang digunakan bisnis dengan bekerja sama dengan Influencer yang akan mengajak para pengikutnya untuk membeli atau mengenalkan sebuah produk. Kamu pastinya pernah melihat seorang influencer yang mempromosikan produk di akun media sosialnya. Nah, itu merupakan salah satu bentuk Influencer marketing.

a woman holding a sign stating influencer marketing

Kenapa Influencer Marketing?

Cara marketing yang satu ini bisa menjadi salah satu solusi untuk sebuah bisnis. Dengan memasarkan produk ke komunitas yang sudah dibuat oleh influencer tersebut lebih mudah untuk sebuah brand baru untuk menembus pasar yang mereka targetkan.

1. Semakin banyak pilihan dalam membuat konten

Media sosial sekarang menjadi outlet expresi banyak dari penggunanya. Dengan banyaknya pembuat konten atau konten kreator, banyak juga pilihan dalam membuat konten dengan style setiap influencer yang berbeda-beda. Dengan ini sebuah brand bisa menyesuaikan influencer yang mana yang cocok dengan bisnis mereka masing-masing.

2. Berkembangnya agensi influencer marketing

Sekarang semakin mudah untuk mengurus influencer dengan agensi influencer marketing. Agensi agensi ini akan mempermudah sebuah Brand dalam pemilihan dan manajemen para talent influencer. Dari mulai pencocokan sampai delivery hasil bisa diatur oleh pihak agensi secara mudah.

3. Semakin banyak orang yang menjadi influencers

Dan dengan maraknya media sosial tambah banyak pula influencer yang bermunculan. Ini adalah hal yang bagus terutama bagi sebuah Brand yang ingin bekerja sama dengan influencer karena akan menjadi mudah untuk mencari Influencer yang sesuai dengan target audiens sebuah Brand.

Gak hanya buat brand, tapi buat kamu yang ingin berkarir sebagai konten kreator atau influencer, akan semakin banyak yang bisa menawarkan Kamu untuk menjalin kerjasama dalam bentuk endorse atau lainnya.

Nah buat kamu yang ingin belajar cara menjadi influencer atau konten kreator, kamu bisa download aplikasi Socialights di Android atau iOS. Jadi Kamu makin paham seluk beluk dunia Influencer!

Play Store Download Button
App Store Download Button
three woman taking selfies together

Contoh Influencer Marketing

Ada beberapa cara untuk melakukan Influencer Marketing. Cara cara adalah  usulan bisa diadaptasikan ke bisnis masing masing, tidak semua cara efektif untuk semua produk. Jadi harus disesuaikan dengan target dan tipe barang atau jasa yang dijual.

Dan sebagai seorang Influencer, dengan memahami hal ini, kamu bisa membuat konten yang lebih sesuai dengan keinginan Brand.

1. Kode Diskon

Ini merupakan cara efektif untuk mengukur tingkat keberhasilan sang influencer dalam menarik hati para pembeli. Kampanye ini pun juga bisa digunakan untuk pembagian komisi untuk para influencer sebagai pendukung mereka untuk mempromosikan produk yang sudah ditentukan.

2. Feed dengan Foto Produk/Jasa

Cara sederhana ini cukup efektif terutama jika sebuah brand ingin bekerja sama dengan banyak influencer dalam satu waktu ataupun ingin mengeluarkan secara besar-besaran. Contoh influencer marketing ini dihitung lebih simpel dikarenakan semuanya sudah diatur oleh perusahaan dengan standarisasi yang sesuai dengan brand.

3. Kontes dan Giveaway

Contoh influencer marketing ini banyak menjadi andalan para bisnis, dikarenakan ini biasanya menjadi kerja kolaborasi dari pihak bisnis marketing dan tim influencer. Dengan teknik ini biasanya bisa dibuat untuk brand baru atau brand yang ingin menembus target pasar baru. Kontes atau giveaway biasanya digunakan untuk meningkatkan engagement, followers ataupun awareness terhadap produk itu sendiri dengan adanya timbal balik ke audience.

contoh influencer marketing di instagram

Contoh Kampanye

Banyak kampanye yang bisa dijadikan contoh Influencer Marketing salah satunya di bawah ini merupakan influencer marketing untuk restoran di jerman dimana dilihat bahwa influencernya sedang menikmati salah satu makanan di restoran dengan caption yang menandakan restorannya.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!