Panduan dan Contoh Brief Untuk Influencer!

Siapa yang pernah menyangka bahwa menjadi artis sosial media seperti selebgram, selebtwit, seleb tok dan seleb-seleb dari berbagai sosial media lainnya dapat dijadikan sebagai karir profesional? Beberapa orang menyebutnya juga sebagai influencer, konon karena pengaruh konten yang diunggah sangat kuat sehingga mendorong followers untuk melakukan sesuatu, termasuk membeli produk yang diiklankan. Pertumbuhan digital marketing ini memang telah mengubah banyak hal, termasuk profesi-profesi yang mendukung ke-serba-digital-an itu.

Tentu saja dalam memasarkan produk endorsement atau paid promote, seorang influencer memerlukan persiapan yang matang agar engagement yang diraih bisa tinggi. Biasanya client akan memberikan brief agar iklan yang digunakan dapat memenuhi tujuan dan sasarannya. Lantas, apa sih brief itu, Socialty?

a woman holding a phone

Apa itu brief?

Brief adalah ringkasan atau laporan singkat yang memberi penjelasan detail tentang suatu hal. Dengan begitu, brief untuk seorang influencer dapat diartikan sebagai ringkasan terkait detail-detail apa yang akan dilakukan saat melakukan proses kerjasama dengan sebuah brand.

Idealnya, seluruh pekerjaan membutuhkan brief. Mulai petugas cleaning service yang akan membersihkan suatu gedung kantor, manajer yang akan presentasi di hadapan client baru, bahkan seorang CEO yang akan pitching ke calon investor. 

Gak usah jauh-jauh, di kepanitiaan juga biasanya melakukan briefing dulu sebelum mengeksekusi program kerja agar acara dapat berlangsung sesuai dengan tujuan dan indikator-indikator tertentu, bukan? Hanya bentuk dan isi briefnya saja yang berbeda-beda.

a woman taking video of herself

Kenapa brief penting?

Lalu mengapa influencer sebaiknya di-briefing juga sebelum melakukan endorse? Bayangkan, kamu adalah seorang owner olshop. Tentu saja kamu ingin influencer menyampaikan keunggulan-keunggulan dari produk kamu. Kamu akan membuat brief note untuk si influencer agar pesan-pesan yang ingin kamu sampaikan terkait produk kamu bisa diketahui dan tersampaikan dengan baik.

Kamu juga bisa meminta influencer untuk memakai produk saat endorse berlangsung, atau melarang influencer untuk melakukan hal tertentu, misalnya membanding-bandingkan produk kamu dengan merek lain yang sejenis. Kamu tidak ingin, kan, sudah membayar influencer mahal-mahal tapi tidak insight yang diperoleh tidak worth it?

steps

Cara dan langkah membuat brief

Mungkin sebagian dari kamu mulai bertanya-tanya, “apa saja yang harus ada di dalam brief?”. Pertanyaan yang bagus. Berikut listnya:

  • Tanggal atau tenggat waktu kapan endorsement harus diunggah
  • Akun rujukan untuk ditag, hashtag, dan sebagainya
  • Ajakan influencer untuk bertindak, mulai dari mengunjungi profil, swipe up link, atau ajakan menggunakan twibbon yang disediakan
  • Sampaikan pesan-pesan yang kamu ingin dikatakan oleh influencer
  • Ini opsional. Jika kamu ingin influencer berkata-kata persis seperti yang kamu inginkan, kamu boleh tuliskan kalimatnya. Tapi, sebaiknya influencer menggunakan gaya bahasanya sendiri agar terlihat lebih natural!
  • Ini opsional juga. Jika kamu ingin influencer mengetahui value produk kamu, kamu juga bisa menceritakannya. Tujuannya adalah supaya influencer ini memiliki kedekatan emosional dengan produk ini.

Nah buat kamu yang ingin lebih paham seluk beluk dunia Influencer kamu bisa download aplikasi Socialights! Disitu kamu bisa kolaborasi dengan sesama konten kreator dan influencer loh.

Play Store Download Button
App Store Download Button

Setelah petunjuk di atas, kamu pasti sudah punya gambaran tentang brief yang baik itu seperti apa, kan? Mari kita coba buat contohnya.

Contoh Brief

Seorang pemilik online shop yang menjual tas dari limbah plastik ingin melakukan kampanye di Instagram. Berikut ini contoh brief Influencer yang mungkin diberikan. Ini hanya contoh saja ya, brief untuk influencer lainnya bisa saja beda mengikuti dari syarat dan ketentuan dari brand.

contoh brief untuk influencer
Contoh Brief untuk Influencer

Itu dia cara dan contoh brief untuk influencer yang bisa kamu pahami agar kamu gak kaget ketika diajak kerjasama oleh brand. Semoga informasi diatas bermanfaat ya, Socialty!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!