Content Planning, Cara Mudah Atur Konten Sesuai Tujuan

Perencanaan dalam membuat konten dikenal dengan content planning. Penggunaan perencanaan ini memiliki banyak manfaat bagi kreator agar tidak pusing memikirkan konten kedepannya. Content plan juga membantu kamu mencapai tujuan yang diinginkan. 

Lantas, apa itu content plan dan bagaimana menggunakannya? Simak pembahasan lengkapnya lewat artikel ini.

Apa Itu Content Plan?

planning

Secara sederhana, content plan dapat diartikan sebagai perencanaan konten. Dalam perencanaan ini, kamu perlu memutuskan mengenai topik konten, bagaimana konten dibuat, hingga kapan konten tersebut diunggah.

Content planning turut melibatkan marketing dan audiens. Data dari keduanya akan membantu kamu menentukan konten mana yang paling cocok dan tepat sasaran. Sehingga, ketika konten dibuat akan mendapat engagement sesuai yang diinginkan atau ditargetkan.

Manfaat Menggunakan Content Planning

diskusi

Adanya content planning tentu bermanfaat bagi kamu dalam mempermudah pembuatan konten. Namun, ada beberapa manfaat dari content plan yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk memulai. Beberapa manfaatnya sebagai berikut:

1. Konsistensi Pembuatan Konten

Perencanaan akan membuat konten kamu terlihat lebih konsisten. Dalam hal ini, yakni pembuatannya sesuai dengan timeline. Konsistensi juga akan memudahkan audiens kamu untuk mengecek profile secara berkala dan menemukan postingan terbaru.

2. Hemat Waktu

Membuat content plan tentu akan lebih menghemat waktu. Pasalnya, kamu hanya perlu memikirkan konten di awal. Meski cukup menyita waktu pada awalnya, di akhir periode kamu akan lebih santai. Kamu hanya perlu memposting konten sesuai jadwal yang ada pada kalender dan content plan.

3. Membantu Mencapai Tujuan

Menyesuaikan konten yang akan dibuat dengan tujuan akhir akan lebih mudah dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan perencanaan konten, kamu sebisa mungkin akan memastikan bahwa konten yang dbuat dapat membuahkan hasil. Maka dari itu, content plan harus dibuat sesuai dengan tujuan awal.

Tips Membuat Perencanaan Konten

social media

Ingin berhasil dalam membuat content plan? Tentu kamu tidak boleh asal-asalan. Bagi kamu yang ingin membuat perencanaan konten, ada beberapa tips yang dapat diperhatikan agar konten kamu sukses dibuat. Simak di bawah ini ya!

Sesuaikan Tujuan

Konten harus dibuat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Sebagai konten kreator, kamu bisa loh menetapkan tujuan seperti meningkatkan awareness orang lain terhadapmu. Dengan tujuan tersebut, kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan kepribadian atau menonjolkan kelebihan diri.

Kenali Target Audiens

Mengenali target audiens akan membantu kamu menyesuaikan konten. Target audiens ini sangat bervariasi, dapat dilihat dari usia, pekerjaan, hobi, gender, dan lain sebagainya. Masing-masing target tersebut pasti memiliki kesukaan yang berbeda. Apabila konten kamu tidak sesuai dengan keinginan target audiens, tentu kecil potensi konten dilirik.

Kombinasikan Konten Visual dan Copy Menarik

Kebanyakan orang akan lebih senang melihat gambar dibanding tulisan. Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan visual yang menarik pada konten. Visual menarik ini juga diiringi dengan copy atau tulisan menarik sesuai dengan topik yang tengah dibahas. 

Ikuti Tren

Tren berpengaruh dalam meningkatkan engagement konten, loh. Menjadikan sebuah tren yang ada di media sosial sebagai bahan konten biasanya dengan mudah dilirik. Apalagi saat tren tersebut baru booming di media sosial. 

Sayangnya, penggunaan tren ini biasanya dilakukan secara mendadak karena tidak bisa diprediksi. Selain itu, konten yang memanfaatkan tren harus segera dibuat secepat mungkin agar tidak ketinggalan atau basi.

Sesuaikan Karakteristik Platform

Ketika membuat content planning, ada baiknya kamu memperhatikan juga platform yang digunakan untuk mengunggah konten. Masing-masing platform memiliki karakteristik yang berbeda. 

Misalnya, ketika konten ingin diunggah di Instagram maka utamakan visual yang menarik. Begitu juga apabila konten dibuat di Tiktok, maka perlu memperhatikan kualitas video dan audio dari konten.

Sudah tahu kan mengenai content planning? Mulai sekarang jangan ragu untuk manfaatkan content plan secara rutin agar kamu lebih konsisten, hemat waktu, dan mudah mencapai tujuan. Jadi, gak perlu pusing pikirin konten secara mendadak.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!