Pengertian Kata Collab yang Sering Kamu Dengar di Media Sosial

Saat ini, para konten kreator terutama di platform TikTok dan Youtube banyak menggunakan istilah collab. Para penggemar juga banyak menyematkan kata ini di kolom komentar kreator satu agar membuat video bersama kreator lainnya yang mereka sukai. Namun, sejumlah orang mungkin belum mengetahui makna dari arti kata tersebut. Terlebih, kata collab saat ini sudah masuk ke dalam kamus bahasa gaul.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah merangkum semuanya disini. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya!

Pengertian Kata Collab

1. Arti Collab dalam Bahasa Inggris

kamus bahasa Inggris

Kosakata bahasa gaul atau slang dalam bahasa Indonesia semakin hari semakin beragam. Apalagi, tren di media sosial yang terus berkembang tentunya juga berdampak pada penggunaan bahasa kita sehari-hari. Dan tanpa kita sadari, bahasa yang digunakan sekarang banyak memakai kata yang diadopsi dari bahasa asing. Seperti kata collab yang akan kita bahas dalam artikel ini. 

Istilah collab berasal dari kata collaboration yang dalam bahasa Inggris berarti kerja sama. Kata tersebut juga masuk kata serapan bahasa Indonesia yang biasa kita sebut kolaborasi. 

2. Arti Collab dalam Bahasa Gaul

slang

Setelah mengetahui arti kata collab menurut kamus bahasa Inggris, kini saatnya kamu mengenal pengertian collab dalam bahasa gaul. Arti collab dalam bahasa gaul sebenarnya tidak berbeda dengan versi bahasa Inggrisnya. Karena penggunaan kata kolaborasi maupun collaboration dinilai cukup panjang, banyak orang yang kemudian menyingkatnya menjadi collab saja. 

Oleh karena itu, kata collab lebih sering digunakan dalam penggunaan bahasa sehari-hari karena dianggap lebih singkat. Biasanya, seseorang akan melakukan kegiatan collab saat mereka ingin mengajak seseorang yang lain untuk bekerja sama, atau bahasa kekiniannya mengajak duet. Deretan brand juga banyak melakukan kegiatan ini untuk mempromosikan produk mereka ke masing-masing influencer berdasarkan target marketnya sendiri.

Penggunaan Kata Collab oleh Konten Kreator

kolaborasi

Penggunaan kata collab oleh konten kreator biasanya berputar pada pembuatan konten bersama antar kreator atau kerja sama seorang kreator dengan sebuah brand

Mari kita ambil contoh penggunaan kata tersebut di platform YouTube. Jika seorang kreator ingin membuat konten bernyanyi bersama dengan kreator lainnya untuk diunggah ke channel mereka, penggunaan kata collab disini disebut “konten collab cover lagu”. Tak hanya itu, video podcast dan konten QaA juga termasuk dalam jenis konten tersebut. 

Contoh Collab

1. Platform YouTube

Jenis konten collab seperti ini banyak diunggah di platform YouTube. Salah satu kreator yang dengan konsisten menguploadnya adalah Deddy Corbuzier.

2. Contoh Collab Q&A di YouTube

Q&A juga menjadi konten collab yang popular. Biasanya, para kreator akan saling lempar pertanyaan dan menjawabnya.

3. Platform Instagram

Jenis konten collab di Instagram akan sering kamu jumpai ketika kreator satu menge-tag (menandai postingannya) dengan kreator yang lain. Jenis lain yang dapat kamu lihat di Instagram adalah konten kemitraan seorang sellebgram dengan sebuah brand.

4. Platform TikTok

Sering melihat K-Pop artist melakukan ”dance challenge” bersama anggota grup lainnya? Itu adalah contoh collab yang sering kita temui di TikTok. Contoh lain adalah bernyanyi bersama di TikTok dengan fitur ”duet”.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas apakah kamu tertarik untuk melakukan kegiatan collab? Kamu bisa memulainya dengan menjadi influencer bersama Socialight. Download sekarang!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!