Ingin Tingkatkan Jumlah Viewers? Ayo Kenali Clickbait!

Sedang memikirkan strategi konten marketing yang tepat untuk tingkatkan jumlah viewers di konten kamu? It’s your lucky day then! Karena di artikel kali ini Socialights akan memberikan penjelasan lengkap terkait salah satu strategi jitu dalam meningkatkan engagement di video, blog, hingga konten di website. Yup, apa lagi kalau bukan Clickbait.

Bukan sembarangan, Socialty harus tahu betul nih apa itu sebenarnya clickbait dan bagaimana cara membuat clickbait yang baik dan benar. Jangan sampai kamu menyalahgunakan fungsi clickbait yang justru dapat memberikan pengaruh buruk pada konten dan reputasi jangka panjang kamu.

Baik, tanpa berbasa-basi lagi mari kita simak bersama pengertian, manfaat hingga tips membuat clickbait!

good clickbait

Apa Itu Clickbait?

Secara bahasa, clickbait mengandung arti umpan klik. Namun secara istilah clickbait pada dasarnya adalah sebuah pancingan dalam bentuk judul yang memiliki tujuan untuk mendorong audiens untuk mengklik konten yang diunggah. 

Oleh karena itu, tak heran jika saat ini banyak sekali orang yang menggunakan clickbait sebagai strategi konten marketing mereka.

Perlu diketahui, clickbait tak hanya digunakan pada konten video seperti YouTube saja, tetapi juga pada berbagai konten yang membutuhkan klik untuk meningkatkan jumlah view, yakni seperti blog dan website.

apa itu clickbait

Judul yang mengandung clickbait biasanya akan menggunakan kata-kata yang menarik perhatian, emosi, mengandung kontroversi hingga menggugah rasa penasaran dari audiens. Contohnya mungkin bisa kamu lihat langsung di judul artikel ini, Socialty!

Khususnya pada konten video seperti YouTube, clickbait tak hanya digunakan pada judul utama, tetapi juga pada text yang tercantum dalam thumbnail yang biasanya menjadi pusat utama para audiens ketika hendak mencari video yang tepat untuk ditonton.

Efektivitas yang luar biasa dari penggunaan clickbait, membuat banyak orang rela memanipulasi hingga menipu audiens dengan menggunakan judul yang dilebih-lebihkan yang pada kenyataannya tidak memiliki relevansi dengan isi konten yang sebenarnya. Dan itulah bentuk dari penggunaan clickbait yang tidak baik. Apabila diteruskan, tentu audiens akan merasa kesal dan justru menjadi “kapok” untuk mengklik konten yang kamu unggah. Hmm.. tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, kan?

Manfaat Penggunaan Clickbait

Menjadi strategi konten marketing jitu pada content creator, berikut adalah tiga manfaat penggunaan clickbait pada konten!

manfaat clickbait

1. Meningkatkan Engagement

Pertama, untuk meningkatkan engagement. Dengan menggunakan judul menarik (dan tentunya relevan dengan isi konten) tentu audiens akan tertarik untuk melakukan interaksi pada konten, seperti mengklik konten yang diunggah, hingga melakukan share konten tersebut. 

Fun fact, apabila judul yang dicantumkan sangat menarik dan menggugah rasa penasaran, tak jarang orang-orang mau melakukan share tanpa mengetahui isi menyeluruh dari konten yang diunggah.

Dengan klik yang dilakukan oleh audiens, maka Click Through Rate (CTR), jumlah penonton, hingga social share dari konten tersebut akan meningkat. 

2. Meningkatkan Kreativitas Creator

Bukan hal yang mudah, untuk dapat menciptakan judul clickbait yang baik dan benar, creator perlu memikirkan secara matang penggunaan dan penataan kata yang tepat agar dapat berhasil memancing rasa penasaran audiens untuk mengklik konten tersebut. Oleh karena itu, tentu tak heran jika semakin sering creator membuat judul clickbait, maka akan semakin meningkat pula kreativitas creator khususnya dalam permainan kata.

3. Meningkatkan Pendapatan

Pada YouTuber, semakin banyak jumlah viewers pada video yang diunggah maka akan semakin meningkat YouTube AdSense yang didapatkan. Sehingga zaman sekarang ini, banyak dari para YouTuber rela menipu atau memanipulasi judul clickbait yang ditulis hanya untuk mendapatkan jumlah viewers yang besar. 

Apabila kamu seorang pebisnis yang menggunakan website sebagai arena pemasaran, tentu dengan judul clickbait yang menarik kamu dapat memancing calon konsumen untuk melihat produk yang dipasarkan, atau jika kamu beruntung mereka akan berakhir membeli produk yang kamu jual. Menarik sekali bukan? 

Tips Membuat Clickbait yang Baik dan Benar

Banyak orang kini mulai berhati-hati saat hendak mengklik suatu konten. Pengalaman tak mengenakkan karena mengklik suatu konten dengan judul tidak relevan dengan isi menjadi alasannya. 

Clickbait yang baik dan benar adalah judul yang menggunakan permainan kata menarik namun tetap relevan dengan isi konten sebenarnya. Penggunaan judul clickbait yang baik dapat mendatangkan audiens yang loyal, serta dapat berpengaruh baik pada reputasi jangka panjang akun kamu.

tips clickbait

Berikut adalah sejumlah tips dalam menulis judul clickbait yang baik dan benar. Ayo coba sekarang!

  1. Cari bagian paling menarik dari isi konten untuk dijadikan judul utama
  2. Gunakan permainan kata yang menarik dan menggugah penasaran audiens, seperti memasukkan slang terkini, kata yang kontroversial, hingga kata yang melibatkan emosi pembaca.
  3. Gunakan pertanyaan atau teka-teki dalam judul. Contohnya dapat kamu lihat pada judul artikel ini.
  4. Kenali kebiasaan audiens, dan gunakan hal tersebut untuk dijadikan bait dalam judul. Misal, artikel yang disajikan seputar solusi mengatasi akun Instagram yang hilang, maka kamu dapat menggunakan judul seperti “Panik karena akun Instagram hilang? Coba 5 cara berikut untuk mengembalikannya!”
  5. Buat pembaca merasa ia memiliki keterlibatan dengan konten yang disajikan, seperti menggunakan kata ‘yuk’, ‘mari’, dan ‘ayo’.

Nah, itu dia penjelasan lengkap seputar clickbait yang wajib kamu ketahui. Ayo mulai coba buat judul clickbait-mu sekarang!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!