Ingin Mendapat Centang Biru di Instagram? Simak Caranya Disini!

Menjadi media sosial paling populer di dunia, Instagram tak hanya digunakan oleh masyarakat biasa, namun juga platform andalan para selebriti papan atas seperti Taylor Swift dan Justin Bieber.

Sementara untuk membedakan akun palsu dan akun asli para selebriti, Instagram hadirkan sebuah simbol berbentuk centang biru di samping pemilik username sebagai tanda. 

Uniknya, kini simbol centang biru tersebut dapat kamu temukan tak hanya pada akun para selebriti hollywood, tetapi juga di beberapa akun pengguna biasa, lho.

Nah, apakah Socialty penasaran, kira-kira bagaimana sih cara mendapatkan si centang biru? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa Itu Centang Biru Instagram?

Apa Itu Centang Biru Instagram?

Centang biru Instagram merupakan sebuah simbol eksklusivitas, karena nggak sembarang pengguna dapat memiliki simbol ini. Akun Instagram yang memiliki simbol ini biasanya adalah akun selebriti atau sebuah merek terkenal, public figure, politisi, hingga para selebriti Instagram atau yang kerap masyarakat kenal dengan sebutan ’selebgram’.

Centang biru singkatnya memberikan tanda kepada pengguna lainnya bahwa akun tersebut adalah asli milik si empunya, dan tentunya sudah terverifikasi, sehingga pengguna lain tak perlu ragu lagi saat ingin mengikuti akun tersebut karena sudah terjamin keasliannya. 

Banyak dari para pengguna biasa yang ingin memiliki centang biru ini, alasannya sederhana, karena centang biru ini memiliki sebuah simbol popularitas yang dapat membuatmu mudah menggaet banyak pengikut baru. Dengan hanya melihat si centang biru, pengguna lain akan lebih mudah percaya dan tertarik untuk mengikuti akun Instagram tersebut.

Syarat Memiliki Centang Biru di Instagram

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, centang biru merupakan simbol eksklusif sehingga tidak sembarang orang dapat memilikinya. Tapi.. bukan berarti simbol ini hanya bisa dimiliki oleh para selebriti saja. Nyatanya, ada banyak kok pengguna biasa yang juga bisa mendapatkan logo tersebut dengan beberapa syarat dan ketentuan.

Yuk, simak kriterianya di bawah ini!

1. Autentik

Autentik di sini berartikan bahwa akun yang ingin mendapatkan centang biru harus mewakili seseorang, bisnis, atau entitas tertentu yang terdaftar secara asli. Kamu, di sini harus mendaftarkan akun milikmu sendiri, bukan akun yang mengatasnamakan teman, keluarga, apalagi selebriti idolamu!

2. Unik

Untuk mendapatkan centang biru, sebuah bisnis atau individu hanya dapat diwakili oleh satu akun saja. Nah, itu sebabnya kita hanya dapat menemukan satu akun asli milik selebriti dengan tanda centang biru di samping username-nya. Padahal kalau kita cari di kolom pencarian, akun serupa yang mengatasnamakan si seleb jumlahnya bisa tak terhingga, lho.

3. Lengkap

Seseorang yang mendaftarkan akun Instagramnya untuk mendapatkan si centang biru harus memenuhi kelengkapan akun, seperti biodata, foto profil, memiliki minimal satu posting-an, dan tidak dalam keadaan diprivat.

4. Populer

Untuk syarat terakhir ini nampaknya sangat subjektif. Pihak Instagram sendiri tidak memberitahu berapa jumlah followers yang harus pengguna miliki untuk dapat memeroleh centang biru, atau bahkan apakah jumlah followers menjadi pertimbangan utama dalam menentukan apakah sebuah akun layak untuk mendapatkan centang biru.

Tapi satu yang pasti, akun yang didaftarkan diharapkan masuk ke dalam kategori ‘dikenali masyarakat’ meski ia bukan seorang public figure. Bisa itu seroang penulis, pelukis, atau lainnya yang memiliki target audiens-nya sendiri. Oleh karena itu, hal ini tentunya dapat lebih mudah Instagram tentukan adalah melihat jumlah pengikut dari si akun.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Apabila kamu merasa bahwa akun Instagram kamu sudah memenuhi keempat syarat sebelumnya, maka selamat! Karena kamu dapat lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu pendaftaran dan proses verifikasi data. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan:

  1. Masuk ke akun Instagram 
  2. Ketuk ‘Profil’ yang berada di kanan bawah layar
  3. Pilih menu dengan ikon garis tiga di pojok kanan atas 
  4. Pilih ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ 
  5. Pilih ‘Akun’ atau ‘Accounts’ 
  6. Pilih ‘Ajukan Verifikasi’ atau ‘Request Verification’. Di sini Socialty akan diminta untuk mengonfirmasi beberapa keaslian data dan mengunggah beberapa dokumen yang diperlukan 
  7. Setelahnya kamu dapat langsung mengklik tombol ‘Submit’ 
  8. Setelah selesai Instagram akan langsung meninjau permohonan verifikasi yang telah kamu ajukan selama kurang lebih selama 30 hari setelah kamu mengklik tombol ‘Submit’.

Baik disetujui ataupun tidak,  Instagram akan memberikan notifikasi pemberitahuan hasilnya melalui akunmu. Tapi jangan khawatir, apabila permintaanmu tidak Instagram terima, kamu dapat kembali mengajukan permohonan verifikasi setelah 30 hari dari permohonan yang pertama. 

Untuk kamu yang tertarik dengan bahasan mengenai media sosial, influencer, dan hal-hal di antaranya, maka kamu wajib download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Ayo klik sekarang! 

Nah, itu dia beberapa hal mengenai centang biru pada akun Instagram, mulai dari pengertian, manfaat, syarat, hingga langkah-langkah mendapatkannya. Sedikit tips untuk mendapatkan centang biru, kamu harus sering-sering mengunggah konten menarik agar pengguna lain dapat dengan mudah tertarik untuk mengikuti akun Instagram kamu. Good luck!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!