Kenali Carousel, Strategi Jitu Untuk Tingkatkan Engagement!

Sudah tidak asing lagi ketika mengetahui fakta bahwa modern ini media sosial menjadi jantung perekonomian masyarakat. Banyak dari para pengguna mencoba mengadu nasib di berbagai platform media sosial melalui cara yang bervariatif, mulai dari menjadi Selebgram, Social Media Specialist, hingga menjadi pemilik bisnis online.

Dengan semakin banyaknya “pemain” yang berada di arena “permainan” media sosial, tentu setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menjadi yang terbaik. Salah satunya dengan membuat konten menarik yang mampu mendatangkan segudang engagement dari para audiens.

instagram carousel

Sejumlah platform media sosial menyambut dengan baik itikad dari para pengguna untuk mengadu nasib di aplikasi mereka. Oleh karena itu, sejumlah media sosial aktif menyediakan fitur-fitur terbaru yang mampu mendukung tujuan dari para pengguna untuk dapat mengoptimalkan performa mereka di media sosial, salah satunya dengan menghadirkan fitur Carousel.

Kalau Socialty sendiri, apakah sebelumnya pernah mendengar soal carousel? Kalau belum jangan khawatir, karena di artikel ini Socialights akan memberikan rangkuman penjelasan seputar carousel. Mulai dari pengertian hingga manfaat menggunakan carousel di media sosial. Penasaran? Ayo simak jawabannya di bawah ini!

Apa Itu Carousel?

Carousel merupakan salah satu jenis konten visual di media sosial yang memiliki karakteristik berupa sejumlah gambar yang diunggah dalam satu konten atau sekali unggahan. Dan setelah konten tersebut terunggah, audiens nantinya dapat menggeser sejumlah gambar yang tersusun secara berurutan.

Berdasarkan jenisnya terdapat dua jenis carousel, yaitu Post dan Ads. 

Seperti namanya, carousel post adalah sejumlah gambar yang tersusun secara berurutan yang tersaji di halaman posting media sosial. Dua media sosial yang memiliki fitur carousel post ini antara lain Instagram dan LinkedIn.

Untuk isinya sendiri, carousel post cenderung bervariatif, mulai dari yang konten yang bersifat informatif, hiburan, hingga cerita bersambung. 

Dengan adanya carousel post, pengguna dapat mengunggah konten secara lebih rinci di media sosial tanpa harus berkali-kali menekan tombol upload

Jenis yang kedua adalah carousel ads. Carousel ads merupakan jenis konten yang berisikan sejumlah gambar dengan tujuan spesifik yaitu promosi sebuah produk atau layanan jasa. Sejumlah media sosial yang memiliki carousel ads antara lain Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn.

Manfaat Menggunakan Carousel

Aight, setelah sebelumnya kamu sudah tahu banyak soal carousel, di sini Socialty akan diberi pemahaman mengenai apa manfaat dari menggunakan carousel. 

Mungkin telah disinggung sebelumnya bahwa carousel memang berguna untuk mengoptimalkan performa di media sosial. Namun, apa ada manfaat lain yang dimilikinya? Simak di bawah ini, yuk!

1. Mempermudah Penyebaran Brand Awareness

Dengan adanya kemudahan mengunggah konten dalam satu unggahan, kamu dapat memberikan konten informatif secara rinci seputar brand dan/atau produkmu melalui carousel. Sehingga, di sini audiens tidak perlu repot berpindah-pindah unggahan untuk dapat memahami informasi brand. 

Melalui kemudahan yang ditawarkan pada audiens ini, tentu dapat mempermudah peningkatan brand awareness kepada khalayak luas. 

2. Meningkatkan Penjualan Produk

Dengan menyajikan secara lengkap informasi seputar produk yang ditawarkan, kamu dapat menggaet minat calon pembeli untuk membeli produk yang kamu jual melalui konten carousel. 

Tak hanya itu, melalui konten carousel kamu juga bisa mengunggah sejumlah gambar berisikan testimoni dari para pembeli terkait produkmu, yang tentu dapat meyakinkan calon pembeli lainnya untuk mencoba produk yang ditawarkan. Jumlah penjualan auto naik deh!

instagram feeds

3. Meningkatkan Engagement Konten

Carousel memudahkan audiens untuk menjadi interaktif dalam konten, yaitu dengan menggeser beberapa gambar yang diunggah. Selain itu, dengan menggunakan carousel, konten yang disajikan dapat menjadi lebih menarik dan rinci yang mudah menggoda para pembaca untuk meninggalkan like atau komentar pada unggah tersebut. Dengan begitu tentu engagement yang dihasilkan pada konten akan jadi meningkat.

4. Promosi yang Hemat Budget!

Hanya dengan menyajikan konten dengan visual menarik pada sekumpulan gambar tanpa mengeluarkan biaya tertentu, kamu dapat mempromosikan produk yang ditawarkan secara luas. Hasilnya juga dapat dikatakan lebih optimal, lho.

Jadi, itu dia semua hal tentang carousel yang wajib kamu ketahui! Ingin mulai mencoba membuat konten carousel tapi belum ada ide? Tenang saja, kamu setelah ini bisa langsung mampir ke artikel konten carousel yang telah diunggah sebelumnya. Ayo coba sekarang!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!