Coba 7 Tips Ini Kalau Kamu Ingin Viral di Instagram!

Tahukah kamu bahwa setiap harinya terdapat sekitar 400 juta orang yang aktif menggunakan Instagram? Wah, jumlahnya tentu sangat mencengangkan ya, jadi wajar saja bukan kalau saat ini semua orang berlomba-lomba mencari keuntungan di platform kamera ini?

Mulai dari membuka bisnis online, menjadi seorang social media specialist, hingga menjadi social media influencer semuanya berusaha dikejar oleh para pengguna. Karena sesungguhnya, hal yang perlu dikuasai untuk mencapai salah satu dari semua profesi tersebut adalah satu, konten yang menarik perhatian audiens hingga berujung viral.

 “Tapi bagaimana caranya untuk bisa viral di Instagram?” Pertanyaan bagus. Memang bukan hal yang mudah untuk bisa viral di platform satu ini. Kamu perlu menentukan strategi konten yang memacu engagement, dan menguasai algoritma Instagram.

viral di instagram

But, don’t worry! Di sini Socialights sudah menyajikan 7 tips untuk bisa viral di Instagram yang bisa kamu coba sekarang. Ya, sekarang. Apa saja itu? Mari kita simak bersama!

1. Unggah Konten Menarik

Bukan rahasia lagi, kunci mendapatkan engagement tinggi di Instagram adalah dengan mengunggah konten yang menarik. 

Apa itu konten menarik? Konten menarik adalah konten yang dapat membuat pembaca berhenti scroll sejenak untuk melihat hingga memberikan interaksi dalam unggahan tersebut. 

Tapi perlu diingat, sebelum membuat konten kamu juga harus menyesuaikan konten yang ingin dibuat dengan karakteristik audiensmu. Contoh, jika audiens mu sebagian besar adalah beauty enthusiast maka kamu bisa menyajikan konten yang terkesan feminim dengan isi yang tentu menghibur dan dapat memberikan manfaat tersendiri bagi mereka, seperti tutorial makeup, tips menggunakan makeup, atau informasi seputar skincare terbaru yang wajib mereka coba. 

Oh ya, pastikan kamu menyajikan konten tersebut dengan tampilan visual yang menarik juga ya! Misal, menggunakan tambahan lagu, hingga editing yang terkesan ciamik di mata penonton. Dijamin, auto viral!

2. Recreate Konten Viral di Instagram

Menjadi seseorang yang up-to-date tentu dapat membuat followers menjadi tertarik untuk balik melihat akun kamu setiap harinya. Manfaatkan rasa FOMO mereka untuk menjadi viral! 

Untuk menjadi sosok yang terus up-to-date dengan tren atau berita terkini, kamu bisa rajin tengok sejumlah akun atau bahkan platform media sosial lainnya yang juga aktif membuat konten dengan tren atau informasi paling kekinian. 

Melalui riset terkait konten-konten yang disajikan oleh pengguna lain tersebut, kamu kemudian bisa mulai melakukan modifikasi atau mengubah tampilan dan isi dari konten sesuai dengan personal branding kamu agar hasilnya tetap terlihat unik dan orisinil. Let’s be creative!

influencer on camera

3. Gunakan Caption yang Mengunggah Interaksi

Untuk bisa viral di Instagram pada dasarnya kamu hanya perlu mengunggah posting-an yang memancing interaksi para audiens, seperti meninggalkan likes, comment, dan share.

Di sini, kamu bisa atur strategi di penulisan caption. Seperti menggunakan judul caption yang unik dan clickbaiting, menyebutkan salah satu akun followers, hingga menggunakan hashtag unik yang mudah ditemui orang lain. 

Oh ya, tips lainnya pastikan kamu mengajukan pertanyaan atau call to action di ujung penulisan caption. Dengan begitu, tentu para followers akan tergugah untuk meninggalkan komentar yang berisi jawaban atas pertanyaan yang kamu ajukan tadi. Setelahnya, tentu engagement akan mengalami peningkatan secara otomatis! 

4. Lakukan Kolaborasi Dengan Influencer

Sekali-kali coba lakukan kolaborasi dengan pengguna lain yang memiliki followers lebih tinggi dari kamu, atau dalam kasus ini adalah influencer. Melalui kolaborasi tersebut tentu kamu bisa kecipratan followers baru dari akun si influencer tersebut. 

5. Unggah Postingan di Waktu Prime Time

Waktu posting menjadi faktor penting untuk bisa viral di Instagram. Kamu bisa mengandalkan tool analytics khusus seperti Insight Instagram untuk menentukan waktu posting yang tepat. 

Tapi, untuk bisa menggunakan Insight Instagram kamu harus mengubah akunmu ke mode bisnis, sedikit rumit tapi worth it

Kalau kamu tidak ingin mengubah akun mu ke mode bisnis, kamu bisa memanfaatkan waktu prime time saat mengunggah konten, seperti di waktu bangun tidur, jam makan siang, sebelum jam pulang kantor, hingga pukul 7-11 malam.

influencer recording

6. Atur Tampilan Feed Instagram Kamu

Feed Instagram menjadi hal yang penting untuk bisa viral. Feed bisa diibaratkan seperti tampilan eksterior sebuah rumah. Apabila tampilan luarnya terlihat cantik tentu orang lain akan terpancing untuk mampir dan berlama-lama di rumah itu. 

Di sini kamu bisa mengambil contoh akun Instagram Awkarin. Tampilan feeds-nya yang rapih dan memanjakan mata membuat banyak orang menjadi tergoda untuk mengikuti akunnya. 

7. Konsisten dalam Mengunggah Konten

Jika kamu konsisten melakukan semua tips yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi sosok Selebriti Instagram seperti Awkarin atau Tasya Farasya. 

Ketekunan dan konsistensi dalam mengunggah konten secara teratur menjadi hal yang penting untuk bisa meningkatkan engagement. Paling tidak, unggahlah satu postingan dalam sehari untuk bisa terus update di platform kamera ini.

All done! Jadi, itu dia semua tips untuk bisa viral di Instagram. Mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi ayo coba sekarang, siapa tahu hari ini kamu bisa langsung viral! 

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!