Intip Syarat dan Cara Monetasi Melalui Youtube!

Apakah kamu pengguna Youtube? Youtube adalah perusahaan pada bidang pembagian video, memberikan keleluasaan untuk kamu menikmati berbagai ragam video dan musik yang kamu sukai. Melalui Youtube, kamu dapat menonton dan memberikan video kepada rekan-rekan kamu, bahkan membuat dan mengunggah video kamu sendiri. Tidak hanya sebagai tempat hiburan, kamu juga dapat meraih penghasilan loh! Bagi kamu yang tertarik, yuk intip cara dan syarat monetisasi Youtube!

Pengambilan video

Monetisasi Youtube merupakan kegiatan bagi para pemilik channel Youtube yang ingin mendapatkan penghasilan. Melalui kegiatan ini, tidak hanya memperoleh uang, kamu juga memberikan wadah untuk para penjual produk atau pemberi jasa untuk mempromosikan produk dan jasa mereka melalui Youtube. 

Apa Aja Sih, Syarat Monetisasi Youtube?

Syarat monetasi Youtube

Sebelum kamu bisa memulai untuk menghasilkan uang dari Youtube, ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. 

  • Memiliki Akun yang Terverifikasi

Bagi kamu yang merupakan seorang Youtuber (pihak yang memiliki channel Youtube, membuat dan menayangkan video), maka tahapan ini tidak mungkin untuk kamu lewati. Setelah melakukan verifikasi, kamu akan mendapatkan keleluasaan untuk mengunggah video dengan durasi lima belas menit dan lebih. Kamu dapat memverifikasi dengan memberikan nomor ponsel kamu dan mendapatkan kode verifikasi. Jika kamu sudah mendapatkan kode verifikasi, kamu dapat melanjutkan dengan memilih metode verifikasi dan melakukan validasi.

  • Melebihi Minimal Jumlah Jam Tayang

Minimal jumlah tayang pada Youtube adalah 4000 jam tayang per 12 bulan terakhir. Keberadaan syarat ini bertujuan untuk memastikan bahwa subscriber akun Youtube kamu adalah para pemilik akun yang masih aktif menggunakan Youtube. Juga bahwa pemilik akun tersebut bukanlah subscriber palsu. Tahapan ini dapat kamu capai setelah melakukan verifikasi dan rutin mengunggah konten di channel kamu. Jadi, semangat terus ya untuk mengunggah konten kamu!

  • Memiliki Subscriber lebih dari 1000

Selain minimal jam tayang, kamu juga harus memenuhi jumlah minimal subscriber. Syarat ini pun bertujuan untuk menunjukan bahwa kamu sudah mempunyai audiens yang menyukai video dan channel kamu. Juga sebagai jaminan bagi para pengiklan akan jumlah penonton yang melihat iklan mereka. Tidak perlu khawatir berlebihan, subscriber dapat kamu raih selama kamu rutin mengunggah konten berkualitas dan mempromosikan konten kamu melalui akun pribadi pada media sosial kamu. Kamu pasti bisa!

  • Menghindari Spam dan Reupload Konten

Saat kamu mendaftarkan diri untuk memonetisasi Youtube, kamu akan langsung dinilai oleh tim Youtube. Keberadaan spam seperti komentar spam dan penggunaan bot yang menambahkan viewers dapat menjadi salah satu faktor yang menghambat sekaligus mengurangi penilaian kamu. Kamu juga sebaiknya menghindari mengunggah ulang (reupload) konten dari channel Youtube lainnya. Proses penilaian ini pun mengambil waktu selama beberapa hari.  

Gimana sih, Cara Monetisasi Melalui Youtube?

Bagi kalian yang sering menggunakan Youtube dan ingin memulai untuk meraih pendapatan dari Youtube, berikut adalah cara-cara monetisasi melalui Youtube. 

  • Menggunakan Google Adsense

Google adsense adalah program Google yang berfokus pada periklanan berbasis CPC (cost-per-click) melalui website. Kelebihan dari program ini adalah kamu dapat memilih iklan yang ditayangkan di channel kamu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menata posisi iklan tersebut.

  • Mengikuti program membership

Kamu dapat memulai program dan mengikuti perintah selanjutnya melalui pengaturan pada Youtube. Akan tetapi, program ini khusus untuk individu yang sudah berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki subscriber lebih dari 30.000. 

  • Mengaktifkan fitur merchandise 

Selain program membership, Youtube juga memiliki fitur merchandise dengan menawarkannya melalui video kamu. Sebelum mengaktifkan fitur ini, kamu harus memiliki minimal 10.000 subscriber dan berusia 18 tahun keatas. Jika kamu berminat, kamu dapat menemukannya pada pengaturan yang dimiliki oleh Youtube. 

  • Mengikuti program Youtube Premium

Kamu dapat memulai dengan mengubah akun kamu ke versi premium. Sehingga, akun kamu hanya dapat ditonton dengan individu yang memiliki Youtube premium. Meskipun berpotensi untuk mengurangi jumlah viewers kamu, kamu dapat meraih penghasilan dari setiap orang yang menonton video kamu loh!

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk memonetisasi melalui Youtube? Jangan lupa untuk memenuhi syaratnya ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!