Tertarik Menjadi Influencer? Cek Caranya di Sini!

Hai Socialty! Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer. Yups, mereka yang memiliki followers ribuan hingga jutaan di sosial media kerap disebut sebagai influencer. Saat ini, mereka bukan lagi sekedar seorang yang terkenal dan memiliki pengaruh di komunitasnya tetapi sudah beralih menjadi sebuah profesi yang sangat diminati terutama oleh generasi milenial dan gen Z. 

Semua orang berlomba-lomba untuk bisa mengumpulkan followers dan menjadi influencer terkenal. Tapi tahukah kamu bahwa dengan menjadi influencer kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang fantastik? 

Inilah salah satu alasan mengapa semua orang menginginkan posisi tersebut. Semakin banyak followers maka semakin banyak pundi-pundi uang yang bisa kamu kumpulkan. Belum lagi bonus-bonus lain yang bisa kamu peroleh, seperti tiket jalan-jalan atau makan gratis. Sehingga tidak salah jika untuk saat ini karir menjadi influencer perlu diperhitungkan.

Bagaimana? Ingin mencobanya? Jika ya, maka kamu perlu mengikuti beberapa tips atau cara menjadi influencer di bawah ini.

a woman laughing

1. Bangun personal branding sesuai dengan diri sendiri

Ini adalah salah satu tips penting yang harus kamu pahami. Cantik saja tidak cukup untuk menjadi influencer. Kamu harus memiliki sesuatu yang membuat orang tertarik untuk mengikutimu. Jika tidak, maka karirmu bisa saja tenggelam karena akan ada yang lebih cantik darimu.

Mungkin kamu bisa memulainya dengan melihat passion yang kamu miliki atau carilah hal unik dan menarik yang ada dalam dirimu yang ingin kamu bagikan kepada orang lain. Mungkin Socialty jago bermusik atau jago melukis. Bakat seni ini dapat menjadi sebuah brand yang bisa membantumu menjadi influencer yang sukses. Jangan sampai maksa jadi orang lain ya! Nanti kamu lelah.

phone with instagram post

2. Atur feed dengan ciri khas tersendiri dari akun kamu

Mungkin kamu bertanya-tanya feed seperti apa yang harus dimiliki oleh seorang influencer? Feed sosial media terutama instagram adalah jantung dari seorang influencer. Influencer yang sukses terlahir dari feed instagram yang unik, rapi dan menarik. Feed yang bagus dan tertata dengan baik. 

Untuk bisa membuat feed yang bagus kamu harus bisa menata warna fotomu, buatlah mereka senada dan aturlah komposisi setiap foto agar terlihat tidak berantakan. 

Kamu juga perlu belajar mengedit foto menggunakan aplikasi edit foto yang populer seperti adobe light room untuk menjaga kualitas feed. Perlu kamu catat, jangan pernah mengunggah foto sembarangan apalagi yang tidak ada kaitannya dengan brand mu. Di ingat ya Socialty! Karena itu akan menggagalkan rencanamu menjadi top influencer.

a photo shoot

3. Gunakan foto dan video dengan kualitas tinggi

Cara menjadi influencer selanjutnya adalah menjaga kualitas foto dan video yang diunggah ke feed sosial mediamu. Tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, yang penting fotomu tidak buram dan goyang. Pastikan juga videomu jelas baik dari segi gambar maupun soundnya. 

two friends hughing

4. Perluas Networking

Kamu tidak akan jadi influencer jika pergaulanmu tidak luas. Oleh karena itu, kamu harus bisa membangun koneksi dengan banyak orang termasuk para influencer yang sudah terkenal. Pernah dengar istilah pansos? Yup, ini bisa jadi hal yang menarik untuk Socialty lakukan. Lagipula pansos tidak melulu negatif lo, kamu masih bisa melakukannya dengan cara yang baik dan sopan.

Carilah influencer yang kamu sukai, cari perhatiannya dengan memberikan komentar di setiap konten mereka. Semakin sering kamu melakukannya, maka akan semakin besar kemungkinan kamu akan dinotif. 

consistency

5. Konsisten dalam membuat konten

Salahg satu algoritma penting yang harus kamu ketahui jika ingin menjadi seorang influencer yang sukses adalah konsisten dalam membuat konten. Jika tidak, kamu akan mudah dikalahkan oleh influencer lainnya.

Eits, tapi jangan asal upload konten ya. Kamu harus tetap mempertimbangkan kualitas kontenmu. Jangan hanya sekedar sering upload, tapi konten atau videomu bahkan tidak menarik audiens sama sekali. Maka, kerja kerasmu akan sia-sia begitu saja.

a message icon

6. Berinteraksi dengan audiens kamu

Cara menjadi influencer selanjutnya adalah membangun interaksi yang baik dengan audiens. Keberhasilan seorang influencer tidak terlepas dari followersnya. Sehingga interaksi antar kamu dan audiensmu sangat penting. Sebagai influencer tugasmu adalah mengedukasi atau mempengaruhi followers dengan hal-hal positif. Jadi bangunlah komunikasi yang baik dengan followermu. Ajak mereka berkomunikasi layaknya kalian bersaudara.

a woman posing

7. Ikuti tren yang sekarang

Sebagai influencer kamu harus bisa mengikuti perkembangan tren. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti keinginanmu padahal hal itu sama sekali tidak diminati. Kamu pasti akan gagal. 

Kamu perlu melakukan riset tentang tren apa yang sedang berkembang saat ini. Carilah hal-hal viral yang mungkin akan terjadi di Indonesia dengan melakukan riset ke luar negeri. Dan buatlah konten mengenai hal tersebut.

try something new

8. Jangan takut mencoba hal baru (trial and error)

Selain harus up to date terhadap tren baru, seorang influencer harus terbuka terhadap hal-hal baru dan mau terus mencobanya meskipun itu diluar kebiasaannya. Karena kamu tidak akan pernah tahu konten seperti apa yang sebenarnya diminati oleh masyarakat. 

Itulah beberapa cara menjadi influencer yang harus kamu pahami jika kamu benar-benar ingin berkarir di bidang tersebut. Namun, tentu untuk menjadi influencer yang sukses tidaklah mudah.

Untungnya, sekarang telah hadir Influencer Academy by Socialights Academy yang akan membimbingmu menjadi influencers hanya dalam 30 hari. Disana kamu akan belajar secara langsung dari influencer berpengalaman. Tentunya, materi yang akan diajarkan sangat berguna bagi karirmu nanti.

Yuk download aplikasi nya dan langsung belajar dari real Influencer!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!