8 Cara Cepat dan Mudah Menghasilkan Uang dari Instagram

Socialty sadar gak sih kalau jaman sekarang cari cuan itu mudah banget, lho! Hanya berada di rumah menggunakan handphone, kamu bisa hasilkan uang hingga puluhan ribu bahkan jutaan rupiah. Jika kamu pintar memanfaatkan platform media sosial, kamu juga bisa menghasilkan uang dari Instagram.

Dengan jumlah penggunanya yang sangat banyak dan berbagai fiturnya yang menarik, Instagram kini menjadi sasaran banyak orang untuk menghasilkan uang. Oh ya, uniknya lagi, ternyata banyak kok kesempatan cari cuan di Instagram yang tak memerlukan syarat khusus seperti jumlah followers yang banyak. Hmm penasaran kan?

Melalui artikel ini Socialights akan memberikan kamu informasi terkait cara menghasilkan uang dari instagram. Simak!

8 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

1. Menjadi Selebgram atau Influencer

Selebgram yang terkadang merangkap juga sebagai influencer adalah mereka orang-orang terpilih dengan jumlah followers banyak yang memiliki pengaruh besar di Instagram untuk merubah atau menggiring opini dan minat pengikutnya sesuai dengan apa yang mereka katakan. Jadi tak heran kini Selebgram menjadi sasaran utama brand dan para pemilik bisnis dalam mempromosikan produk mereka.

Beberapa istilah promosi yang dilakukan dengan jasa Selebgram antara lain seperti paid promote, endorsement, visit store, dan brand sponsorship. Dan ya, tentu saja melalui promosi tersebut, brand atau bisnis akan memberikan bayaran dengan tarif tertentu kepada si Selebgram. Tarif tersebut tergantung dari besarnya jumlah followers dan engagement masing-masing akun.

Tapi bukan hal yang mudah, untuk menjadi seorang Selebgram kamu juga harus memiliki personal branding yang kuat, niche khusus, dan engagement yang baik dengan para followers

Singkatnya, semakin para followers loyal denganmu maka akan semakin mudah kamu memengaruhi mereka untuk mengikuti pakaian, gaya hidup, dan apa pun itu yang kamu promosikan di Instagram. 

2. Membuka Toko Online

Kalau kamu lebih tertarik untuk membangun bisnis ketimbang menjadi bintang promosi, maka membuka toko online di Instagram adalah alternatif yang cocok untukmu. 

Saat ini, Instagram juga memberikan kemudahan bagi para pemilik bisnis dengan mengeluarkan fitur e-commerce yang terintegrasi langsung di aplikasi, yaitu Instagram Shopping. 

Beberapa ide usaha menarik di Instagram yang dapat kamu coba antara lain seperti, menjual produk handmade, menjadi reseller dari brand tertentu, menjual barang thrifting atau preloved, hingga menjual hasil masakanmu sendiri.

3. Jasa Paid Promote

Paid promote memang identik dengan Selebgram atau influencer. Meski begitu, kamu juga bisa kok melakukan kegiatan tersebut tanpa menjadi Selebgram dengan ratusan atau jutaan followers. Kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu memiliki jumlah followers yang mumpuni dan engagement yang baik dengan para followers agar jasa paid promote yang kamu tawarkan memberikan hasil yang memuaskan bagi para client.

Fun fact, banyak UMKM di Indonesia yang lebih memilih menggunakan jasa paid promote dari akun-akun biasa karena memiliki harga jasa yang lebih murah ketimbang tarif endorse dan paid promote para Selebgram terkenal.

Cara kerjanya juga mudah, kamu bisa membuka pengumuman tentang jasa dan tarif paid promote yang kamu tawarkan di akun mu. Lalu apabila ada yang tertarik, kamu bisa langsung mengikuti instruksi promosi yang client buat, dan mulai mempromosikan jasa atau produk mereka di Instagram Story atau di Feed Instagram. 

4. Jasa Review Produk

Mirip dengan endorsement, product reviewer biasanya akan diberikan sejumlah barang milik brand atau toko tertentu untuk kemudian kamu review di Instagram. Melalui jasa review-nya tersebut, brand atau pemilik bisnis nantinya akan memberikan sejumlah uang sebagai bayaran atas promosi atau review dari si reviewer

Untuk menjadi seorang product reviewer kamu perlu memiliki niche khusus, cara penyampaian yang jujur dan berkualitas, serta memberikan ulasan yang lengkap agar para followers menjadi lebih setia dan percaya dengan review yang kamu sampaikan.

5. Jasa Pembuatan Desain Untuk Feed

Punya skill desain atau fotografi dan berniat untuk menghasilkan cuan melalui Instagram? Nah cara yang satu ini pasti bakal cocok untuk kamu.

Saat ini banyak lho pemilik bisnis atau Selebgram yang rela membayar jasa desain dengan tarif luar biasa hanya untuk mempercantik tampilan Feeds mereka. 

Untuk memulainya kamu cukup menawarkan jasamu kepada mereka dengan mengirimkan portofolio dan intensi mu secara profesional melalui email atau message. Semoga beruntung! 

6. Menjadi Admin Instagram

Kalau kamu adalah seseorang yang mengetahui serta memahami berbagai informasi penting terkait Instagram, seperti cara menggunakan berbagai fitur mereka, memanfaatkan algoritma Instagram, dan pengaplikasian teknik-teknik tertentu untuk memaksimalkan engagement di Instagram, maka profesi yang satu ini cocok untuk kamu lirik.

Dengan menjadi seorang admin Instagram, kamu akan bertanggung jawab untuk mengelola sebuah akun Instagram. Apabila hasil kerjamu memuaskan, kamu akan tentunya akan mendapat bayaran tertentu oleh si pemilik akun.

7. Jasa Titip Barang

Banyak orang yang rela membayar sejumlah uang hanya untuk memperoleh sebuah barang tanpa harus repot berkunjung langsung ke toko barang tersebut. Mereka yang menawarkan jasa pembelian barang ini adalah tukang Jasa Titip Barang (JasTip).

Untuk memulai bisnis JasTip, kamu hanya perlu membuka akun Instagram, mengunggah potret produk tertentu dari sebuah toko untuk kamu tawarkan dengan harga yang lebih tinggi sebagai upah atas jasamu. Jika ada yang tertarik, kamu dapat langsung membeli produk tersebut dan mengirimkannya kepada konsumer. Mudah sekali bukan?

8. Bergabung Program Afiliasi

Hampir serupa dengan jasa paid promote dan endorsement, saat bergabung dengan program afiliasi, kamu akan mendapat sejumlah barang untuk dipromosikan di akun Instagram mu. Saat mempromosikannya, kamu harus mencantumkan link yang mengarahkan pengguna ke toko di mana produk tersebut ada.

Apabila ada yang tertarik dan membeli produk yang kamu tawarkan, nantinya kamu akan diberikan sejumlah komisi atas keberhasilan promosi yang dilakukan. 

Hanya dengan mengandalkan kemampuan promosi tanpa modal, pembuatan konten yang menarik, dan Instagram yang aktif, kamu bisa hasilkan cuan dengan mudah kapan pun dan dimana pun. Coba sekarang?

Jadi gimana, apakah kamu tertarik dengan salah satunya? Kalau iya, ayo mulai sekarang siapa tahu kamu cocok dan bisa sukses hasilkan uang hingga puluhan juta rupiah. Let’s go!

Ingin tahu lebih banyak bocoran tentang cara tingkatkan popularitas di Instagram dan hal-hal menarik lainnya seputar media sosial? Ayo download sekarang aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Klik gambar di bawah ini untuk rasakan manfaatnya ya! 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!