Cara Menggunakan Discord untuk Pengguna Baru

Bagi kalian yang mengikuti ‘dunia’ game pasti tidak asing dengan aplikasi Discord. Aplikasi ini sangat populer di kalangan komunitas game untuk mereka berkomunikasi satu sama lain.

Pada dasarnya, Discord merupakan aplikasi chatting layaknya Whatsapp, LINE, atau Telegram. Namun, aplikasi ini lebih mengarah ke aplikasi chatting untuk tim seperti Microsoft Teams.

Banyak fitur yang ada di dalamnya, seperti chatting personal atau tim, video call grup yang bisa mencapai 10 orang lebih, hingga mendengarkan lagu bersama.

Sementara itu, Discord sendiri tersedia untuk berbagai macam perangkat mulai dari smartphone, tablet, hingga PC.

Bagi kalian yang masih belum mengerti cara mengoperasikan aplikasi ini, berikut kami rangkum beberapa cara menggunakannya. 

Cara menggunakan Discord

1. Install Discord

Jika kalian menggunakan PC, kunjungi website discord.com setelah itu pilih “Download for windows” atau bisa menggunakannya melalui browser dengan memilih “open discord in your browser”.

Namun jika kamu menggunakan smartphone, kamu bisa kunjungi Google Play Store maupun App Store untuk mengunduh aplikasi tersebut. 

Download maupun membuka melalui browser sama-sama bekerja dengan baik. Namun, Socialights menyarankanmu untuk menginstall aplikasi ini agar berjalan secara maksimal dan mendapatkan kualitas yang baik. 

membuat akun discord

2. Membuat akun

Pada langkah awal, kamu harus membuat akun. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik register untuk membuat akun baru, lalu masukan email yang telah terdaftar dan password.

Jika semuanya sudah terdaftar, kalian bisa login melalui kode QR melalui smartphone kalian juga lho.

membuat akun discord

3. Bergabung dengan Server

Setelah berhasil mendaftar, kamu perlu bergabung dengan salah satu server atau grup melalui teman untuk meminta mengirimkan invitation link.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan server yang paling populer dengan cara klik ikon kompas pada sebelah kiri panel. Kamu dapat menambahkan server sesuai dengan keinginan mulai dari gaming, edukasi, musik, dan masih banyak lainnya.

server discord

5. Menambahkan Teman

Sama seperti aplikasi komunikasi lainnya, Discord juga dapat menambahkan teman. Caranya adalah klik “add friend”, setelah itu masukan username yang ingin kalian tambahkan, kemudian klik “send friend request”. 

Setelah berhasil menjadi teman, kalian bisa ngobrol di luar server tanpa harus di dalam server. Fitur-fitur seperti chat, video call, voice chat, mengirim gambar, hingga video juga dapat dilakukan. 

Menambahkan teman di discord

5. Membuat server sendiri

Bergabung dengan server orang lain bukan satu-satunya cara kalian dapat mengobrol secara tim. Kalian juga dapat membuat server sendiri.

Caranya dengan mengklik ikon plus pada panel sebelah kiri Discord. Setelah itu, kalian dapat melihat beberapa template server seperti gaming, klub sekolah, grup belajar, hingga komunitas.

Jika merasa kurang tertarik dengan template tersebut, kamu bisa klik “Create My Own” untuk membuat sendiri server tanpa template. 

6. Voice Chat dan Video

Discord memiliki keunggulan dalam fitur ini yaitu voice chat. Caranya, di dalam sebuah server, klik “general” yang terdapat di bawah “Voice Channel”.

Kamu dapat mendengar atau mengobrol dengan teman kalian di sana. Jika kamu ingin video call, klik “video” pada bagian kiri bawah, dan kamu dapat membagikan video tersebut ke teman-teman tesayang.

Jika ingin mematikan voice chat atau video, kamu bisa meng-klik ikon telepon pada panel yang bertuliskan “voice connected” di bawah kiri dan anda akan meninggalkan voice chat dan video

Itulah beberapa cara menggunakan discord bagi kamu yang baru saja mengenal atau ingin mencoba menggunakan aplikasi ini.

Untuk kalian yang ingin kolaborasi dengan konten kreator atau influencer, gampang banget caranya! tinggal unduh aplikasi Socialight di Google Play Store dan App Store, lho!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!