Canva dan Cara Mengoperasikannya

Di masa era digital, pengunggahan konten melalui media sosial harus menarik secara desain. Keberadaan permintaan inilah yang membuat masyarakat ingin mempelajari desain.Tidak perlu khawatir, bagi kamu yang kurang memahami dan ingin belajar dari awal, kamu dapat memanfaatkan Canva. Bagi kalian yang ingin mempelajari cara menggunakan canva, yuk baca sampai akhir!

Mengenal Aplikasi Canva

Menggunakan aplikasi Canva

Canva adalah aplikasi yang digunakan untuk desain berbagai konten visual. Hal inipun tercermin melalui slogan Canva yaitu “creating designs for everything”. Konten visual pun terdiri dari logo, poster, infografis, konten media sosial, thumbnail Youtube dan Website, dan desain kemasan produk. Tidak hanya itu, kamu dapat memanfaatkan Canva sesuai dengan kebutuhanmu. Aplikasi ini pun memberikan kemudahan kepada penggunanya dengan menyediakan berbagai template indah yang dapat langsung digunakan. Canva pun tidak memungut biaya apapun. Namun bagi kamu yang ingin menggunakan Canva dengan fitur premium, kamu dapat mengupgrade paket kamu menjadi Canva Pro. 

Tahapan Membuat Akun di Canva

Sebelum menggunakan Canva, kamu harus membuka akun terlebih dahulu. Berikut adalah tahapan untuk membuat akun di Canva.

Aplikasi Canva
  • Membuka aplikasi Canva atau website www.canva.com
  • Memilih opsi sign up. Terbagi menjadi email, Facebook, dan Google
  • Jika memilih email, masukkan data diri berupa nama lengkap, email, dan password
  • Jika memilih Facebook atau Google, lakukan authorize access
  • Akun Canva kamu sudah jadi!

Setelah membuat akun Canva, kamu pun dapat memulai perjalanan desain kamu pada aplikasi tersebut. 

Cara Mengoperasikan Canva

Setelah membuat akun, berikut adalah tahapan-tahapan dalam mengoperasikan canva.

  1. Membuat desain

Pada bagian ini, kamu akan diberikan tampilan bentuk-bentuk desain yang disediakan oleh Canva. Bentuk-bentuk ini pun memiliki ukuran dan format yang beda-beda. Jadi, sebelum memilih desain, pastikan terlebih dahulu format desain yang kamu inginkan. Jika sudah yakin, tekan salah satunya. 

  1. Memilih template 

Setelah memilih tipe desain, kamu akan diberikan opsi variasi template yang dimiliki oleh Canva. Carilah template yang kamu suka, dan pilih template tersebut. 

  1. Menggunakan fitur yang ada

Setelah memilih template, kamu dapat memanfaatkan fitur Canva seperti menambahkan foto, elemen, teks, video, dan latar. Kamu juga dapat mengunggah foto kamu sendiri melalui kolom unggah. Terhadap fitur-fitur unik lain yang bisa kamu eksplor saat membuat desain.

  1. Mendownload hasil desain kamu

Setelah desain kamu sudah selesai, kamu dapat mendownload desain yang sudah kamu buat. Pada tahapan ini, kamu juga dapat membagikan hasil pekerjaan kamu kepada orang lain. 

Itulah tahapan dalam menggunakan Canva. Apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat desain melalui Canva?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!