7 Cara Mengedit Video Yang Mudah dan Hasil Yang Keren

Saat ini banyak orang yang tidak lagi menonton TV nasional dan sudah mengalihkan hiburannya dengan menonton media sosial dan video melalui internet. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya youtuber-youtuber yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang yang berlimpah dengan membuat berbagai konten video yang menarik untuk ditonton. Oleh karena itu, ada baiknya socialty juga mempelajari bagaimana cara mengedit video yang baik sehingga dapat menghasilkan konten yang bagus dan menarik untuk diupload di media sosial.

Berikut ini adalah tujuh langkah mudah cara mengedit video yang perlu socialty ketahui.

1. Pilih Software yang Sesuai

Langkah sebelum mulai mengedit video adalah menentukan software apakah yang akan socialty gunakan. Saat ini telah tersedia berbagai macam software untuk mengedit video yang dapat diperoleh dengan mudah di internet. Ada yang berbayar dan banyak juga yang tersedia secara gratis.

Beberapa software yang sering digunakan adalah Wondershare Filmora, Adobe Premiere, Final Cut Pro, Imovie, windows movie maker dan banyak software lainnya

Cari dan pelajari software mana yang paling pas untuk socialty, karena terkadang tidak selalu software dengan fitur yang paling canggih adalah software yang socialty butuhkan, malah mungkin software dengan fitur yang sederhana adalah yang paling nyaman socialty gunakan.

2. Tentukan Alur Cerita

Dalam sebuah konten video, penting untuk memiliki alur cerita yang baik dan menarik. Karena sebaik apapun kemampuan editing video yang socialty miliki, namun bila alur cerita videonya tidak menarik maka hasilnya juga akan tidak bagus.

Video yang baik adalah yang memiliki alur cerita yang mudah dipahami sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh content creator dapat dengan mudah diterima oleh audience.

3. Memasukkan Video

Proses selanjutnya adalah memindahkan video-video yang telah socialty rekam ke dalam satu folder khusus dan diurutkan sesuai alur ceritanya. Proses ini bertujuan untuk mempermudah proses menyusun video ketika nanti diedit dalam aplikasi video editor.

4. Menyusun Dan Memotong Gambar

Setelah tersusun rapi dalam folder, berarti saatnya proses editing dimulai. Buka aplikasi kemudian masukkan video dalam aplikasi edit video tersebut. Geser klip-klip video dan letakkan sesuai urutan alur cerita yang telah socialty buat.

Periksa kembali susunan klip video tersebut, socialty juga dapat memotong atau menghilangkan bagian-bagian yang gambarnya kurang baik atau mungkin kurang penting setelah tersusun dalam lini masa aplikasi video editing tersebut.

5. Memberikan Efek Transisi

Proses selanjutnya adalah memperhalus perpindahan antara klip-klip video tersebut. Socialty dapat menggunakan efek transisi sehingga perpindahan antara klip video, terlihat lebih halus dan enak ditonton.

Fade-in dan fade-out adalah efek transisi yang paling umum digunakan dalam perpindahan antar klip-klip video. Efek ini membuat gambar akan perlahan muncul dan kemudian menghilang, yang memang sangat cocok untuk transisi antar video.

Namun, jangan terpaku hanya menggunakan efek transisi ini saja, socialty dapat memilih dari banyak efek transisi yang disediakan oleh aplikasi, coba satu persatu dan temukan mana efek transisi yang paling sesuai dengan karakter video socialty.

6. Sesuaikan intonasi warna

Tahapan selanjutnya adalah menyesuaikan intonasi warna antar klip-klip video. Aplikasi pengeditan video, pada umumnya banyak memberikan pilihan intonasi warna yang dapat kita pilih.

Langkah koreksi warna diperlukan untuk membuat tone warna yang sama dari awal video hingga akhir, sehingga penonton merasa nyaman ketika menonton dan tidak merasakan perbedaan warna yang mencolok dalam video yang socialty buat.

Jangan lupa juga menyamakan besaran volume suara antar klip-klip video, sehingga tidak ada perbedaan volume mengganggu.

7. Liat Hasil Video

Langkah terakhir adalah menonton. Proses review hasil video ini dilakukan berulang kali untuk menemukan apakah ada yang salah atau kurang pas dalam cara mengedit video tersebut.

Ajak juga teman atau kerabat untuk menonton video tersebut, dengarkan pendapat mereka dan lakukan koreksi yang sesuai, sebelum video tersebut kita upload di media sosial. Pendapat teman dan kerabat ini dapat menjadi masukan yang berarti untuk membuat video socialty menjadi lebih baik.

Setelah selesai upload di media sosial, yang harus socialty lakukan adalah temukan ide konten yang baru dan memulai lagi dari awal, karena tidak ada satupun content creator yang langsung jago ketika membuat konten video nya.

Lakukan berulang-ulang, mulai dari take video, editing, dan upload ke media sosial. Teruslah berlatih secara konsisten dan jangan lupa berdoa agar konten yang socialty buat dapat bermanfaat  dan disukai oleh semakin banyak orang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!