Praktis! Inilah Cara Mengedit Foto Yang Wajib Dicoba!

Aktivitas mengedit foto setelah melakukan pemotretan menjadi salah satu kunci untuk menghasilkan foto yang keren. Kini, cara mengedit foto tidaklah sesulit yang dibayangkan dimana Kamu harus menggunakan Photoshop. 

Bahkan beberapa diantaranya bisa dimaksimalkan hanya dengan menggunakan aplikasi pada HP Android. Namun ada beberapa tips singkat di bawah ini yang perlu Kamu ketahui sebelum mencoba cara mengedit foto dengan aplikasi.

 

Cara Mengedit Foto 

Untuk menghasilkan foto yang keren memang tidak mudah, Kamu harus memperhatikan beberapa aspeknya, termasuk teknik pemotretannya. 

Cara Meluruskan Objek dalam Foto

Ada berbagai alasan mengapa objek dalam foto jadi miring, mungkin saja Kamu kurang jeli ketika memotretnya. Untuk mengeditnya bisa menggunakan aplikasi edit foto yang sangat mudah, dimana fitur alat putar dalam aplikasi tersebut bisa dpilih. 

Memotong Foto

Memotong foto pun tidak terlalu sulit terutama ketika Kamu menggunakan aplikasi edit foto, di dalamnya pasti terdapat fitur crop atau potong gambar. Gunakan fitur tersebut untuk foto yang ingin Kamu potong sesuai kebutuhan. 

Mengatur kontras dan pencahayaan

Selain harus pintar mengatur pencahayaan ketika melakukan pemotretan, Kamu juga bisa mengatur kontras pencahayaannya pada aplikasi edit foto. Beberapa fitur kontras bisa dipilih agar hasil fotonya bisa sesuai keinginan. 

Menghapus objek yang mengganggu 

Beberapa aplikasi edit foto menawarkan fitur menarik yakni menghilangkan objek yang mengganggu. Nama fiturnya sendiri berbeda-beda untuk setiap aplikasi, ada yang dinamakan dengan clone, object removal ataupun healing. 

Kini cara mengedit foto bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja menggunakan aplikasi edit foto pada HP Android. Lalu, apa saja rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa Kamu coba?

Aplikasi Edit Foto

Ada beberapa rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa menghasilkan foto keren sehingga hasilnya pun memuaskan, diantaranya:

VSCO

Aplikasi yang satu ini bisa terbilang sebagai aplikasi kekinian yang sedang banyak digunakan terutama untuk edit foto hasil jepretan kamera HP Android. Aplikasi VSCO bisa memotong foto agar terlihat menarik, kemudian bisa merapikan juga foto yang miring. 

Kamu juga bisa memotret langsung menggunakan aplikasi VSCO karena terdapat fitur kamera di dalamnya. Kemudian keunggulan lainnya yakni memiliki banyak koleksi filter yang kekuatannya bisa disesuaikan dengan selera. 

Polar

Berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Polar Photo Editor cukup beragam, seperti overlay, efek lensa, filter dan masking yang lengkap. User interface yang ditampilkan juga dijamin membuatmu betah dan nyaman selama mengedit foto. 

Dibandingkan dengan aplikasi VSCO, Polar dianggap lebih powerfull karena fitur dan tool yang lengkap. 

Picsart

Ada yang menilai bahwa aplikasi PicsArt ini merupakan gabungan antara Photoshop dan Paint, sehingga cara mengedit foto pun jadi tidak terlalu sulit. Aplikasi PicsArt memiliki banyak filter foto dan fitur untuk menghasilkan foto yang keren bahkan bisa menambahkan elemen objek ke dalam foto seperti sebuah sticker atau emoji. 

Aplikasi yang bisa menambahkan text ke dalam foto ini bisa Kamu dapatkan gratis melalui Playstore atau Appstore. 

Snapseed

Dirancang langsung oleh google, Snapseed memiliki tools unggulan berupa tool untuk membuka dan mengolah file RAW DNG tanpa merusaknya. Kemudian bisa menyimpannya kembali ke dalam bentuk RAW atau JPG dengan dukungan fitur brush yang beragam. 

Aplikasi Snapseed merupakan aplikasi terbaik karena kontrol yang dimilikinya lebih banyak dan lebih detail dibanding aplikasi lain. 

Picsay

Ada dua versi yang bisa Kamu gunakan, yaitu PicSay Free dan PicSay Pro dengan sejumlah fitur menariknya. Kamu juga bisa memilih fitur balon percakapan dimana kamu bisa menggambarnya dengan efek yang keren. 

Aplikasi PicSay memiliki fitur untuk memperbaiki efek red-eye sehingga foto yang dihasilkan lebih rapi. 

Jadi, sudah tahu kan cara mengedit foto dengan aplikasi? Berbagai fitur yang ada di dalamnya bisa membantu kamu mengedit foto jadi lebih keren. 

Nah buat kamu yang ingin berkolaborasi dengan sesama konten kreator pemula, kamu bisa download aplikasi Socialights. Disitu kamu bisa belajar cara membuat konten, saling tukar pendapat dan kolaborasi dengan sesama influencer lho!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!