Manfaatkan TikTok untuk Menambah Pemasukan Kamu!

Platform TikTok

Apakah kamu sudah familiar dengan TikTok? TikTok adalah salah satu aplikasi jaringan sosial dan platform video musik yang berasal dari Tiongkok. Melalui TikTok, kamu dapat membuat video-video singkat dengan fitur-fitur yang menarik. Di masa pandemi, TikTok menjadi salah satu alternatif dalam mengisi waktu luang yang dimanfaatkan dengan baik, seperti menambah penghasilan. Bagi kamu yang ingin menambah penghasilan lewat TikTok, yuk simak cara-cara untuk menambah pemasukan kamu!

1. Sponsored Content Post

Memberikan sponsor

Berbeda dengan Google yang memiliki adsense, TikTok memberikan uang kepada influencers melalui sponsored content post. Jika sudah menjalin kesepakatan dalam konten sponsor, influencers mengunggah konten sponsor melalui akun mereka. Bentuk konten sponsor pun tidak jauh dari program ataupun video khusus. 

2. Membuka Toko pada TikTok Shop

TikTok Shop

Selayaknya E-commerce, TikTok pun memiliki fitur TikTok Shop. TikTok Shop hadir untuk membantu penggunanya dalam menjual dan membeli produk dari aplikasi TikTok. Para pemilik akun juga mencantumkan link TikTok Shop pada video yang mereka bagikan. 

3. Menjadi Jasa Konsultan TikTok

Jasa konsultan TikTok

Melihat TikTok sebagai platform yang belum lama digunakan oleh masyarakat luas, banyak masyarakat yang belum memahami secara sepenuhnya. Jika kamu menguasai cara efektif dalam memanfaatkan TikTok, kamu dapat membantu merek-merek untuk membuat atau meneruskan akun TikTok mereka. Pekerjaannya pun mencakupi membuat strategi, membangun merek, dan meningkatkan pengikut.

4. Menjadi Influencer atau Manajemen Influencer TikTok

Influencer

Seperti influencer pada platform lain, influencer di platform TikTok juga dapat meraih penghasilan dengan mempromosikan produk ataupun jasa dari sebuah merek dengan harapan dapat meningkatkan penjualan. Semakin tinggi followers dan insight yang kamu miliki, maka semakin tinggi juga rate card yang kamu miliki. Menjadi influencer pada TikTok juga dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk membuka endorse ataupun paid promote loh!

Jika kamu tidak tertarik untuk menjadi influencer, kamu dapat menjadi sebagai perantara antara influencer dengan sebuah merek. Profesi manajemen influencer pun dilihat sebagai profesi yang dibutuhkan dan memiliki harga yang terjangkau. Manajemen influencer memiliki pekerjaan yang serupa dengan fitur TikTok bernama Creator Marketplace yang masih tergolong mahal. Creator Marketplace adalah fitur yang bertujuan untuk mencari merek yang sesuai bagi para creator

5. Menjual Belikan Akun TikTok

Transaksi Jual Beli Akun TikTok

Jika kamu memiliki akun TikTok dengan followers yang tinggi, kamu dapat menjual akun tersebut dengan harga yang layak. Akun Tiktok dengan followers tinggi pun memiliki keuntungan seperti mendukung kegiatan dan mengejar target promosi sebuah merek. Jika kamu berminat, kamu dapat memulai dengan membuat akun dengan topik tertentu, menumbuhkan social analytics yang engaging, dan membangun komunitas. Hal ini dapat membuat akun kamu mencapai angka tertentu dan layak untuk diperjualbelikan. 

6. Menautkan Link ke Platform Lain

Kamu dapat memanfaatkan TikTok untuk menautkan link ke konten di platform lain seperti Instagram dan Youtube. Tidak hanya itu, kamu dapat menautkan link kepada E-commerce seperti Shopee dan Tokopedia untuk mempromosikan jualan kamu. 

7. Meluncurkan atau Mempromosikan musik

Musisi pada TikTok

Jika kamu sudah memiliki pengikut dan insight yang tinggi, kamu dapat memanfaatkan pencapaian kamu dengan merintis karier sebagai artis atau musisi. Kamu dapat memulai dengan mengunggah video menyanyi ataupun memainkan alat musik. Melalui video tersebut, kamu dapat mempromosikan karya kamu dan menjangkau masyarakat luas. Jika karya kamu disukai dan didukung oleh masyarakat, kamu dapat menghasilkan uang loh!

Itulah tujuh cara untuk menghasilkan uang dari TikTok. Dari ketujuh cara tersebut, cara manakah yang akan kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dari TikTok?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!