Cara Menambah Viewer Youtube Buat Youtuber Pemula

Youtuber sudah menjadi profesi idaman banyak orang. Hanya dengan membuat konten, kamu berpotensi menambah penghasilan dengan nilai fantastis. Namun, penghasilan ini didapatkan apabila kamu memiliki viewer Youtube yang banyak. Lalu, bagaimana cara menambah viewer Youtube untuk pemula?

Peran viewer memang sangat penting di Youtube, terlebih ada kaitannya dengan monetisasi. Terlebih saat ini sudah banyak konten kreator di Youtube yang sudah terkenal dan punya audiens sendiri. Sebagai Youtuber pemula, kamu tidak perlu minder dengan hal tersebut. Kamu tetap bisa, kok, menambah viewer Youtube lewat branding dan kualitas konten. 

7 Cara Menambah Viewer Youtube

Kalau kamu penasaran mengenai cara menambah viewer Youtube, perhatikan strategi-strategi berikut ini, nih!

1. Buat Konten Youtube Menarik

thumbnail

Konten menarik pasti bisa mendatangkan banyak penonton. Terlebih kalau konten kamu relevan dengan apa yang audiens cari. Karena seluruh penonton menggunakan Youtube untuk menonton video, maka dari itu buatlah video yang menarik.

Membuat video yang menarik bisa sangat beragam caranya. Nah, sebagai Youtuber pemula, kamu bisa perhatikan niche, isi konten, thumbnail, dan judul. Contohnya, kamu membuat konten review makanan. Buatlah thumbnail dengan visual menarik di mana foto makanannya terlihat jelas. Kemudian, buat judul clickbait yang membuat audiens penasaran. 

2. Share ke Medsos dan Forum Online

Sebagai Youtuber pemula, kamu tentu mencari audiens yang sesuai dengan konten. Nan, cara ampuh untuk mengenalkan akun Youtube kamu yakni lewat promosi di berbagai media sosial. Kamu cukup bagikan link Youtube ke seluruh platform media sosial milikmu. Kemudian, cantumkan juga channel Youtube di link bio media sosial kamu. Selain itu, jangan lupa untuk minta orang sekitar membagikan konten Youtube agar semakin banyak viewer videomu!  

Kalau kamu aktif di forum online seperti Quora, manfaatkan forum tersebut untuk membagikan konten kamu agar meraih lebih banyak audiens.

3. Optimasi Konten Youtube dengan SEO

Mengoptimasi konten akan membuat video kamu masuk jajaran teratas rekomendasi pencarian, loh! Otomatis, video kamu akan banyak dilihat orang sehingga bisa menaikkan viewers.

Mirip dengan SEO artikel, optimasi pada Youtube harus pandai memilih kata kunci (keyword). Sebelum membuat konten, kamu perlu melakukan riset keyword yang paling dicari oleh pengguna Youtube. Akan tetapi, tetap sesuaikan keyword dengan tema Youtube kamu ya!

Di samping keyword, SEO Youtube mengharuskan kamu untuk mengisi video deskripsi (description box). Pada deskripsi ini kamu perlu menjelaskan bagaimana isi konten kamu secara singkat. Cantumkan juga hasil riset keyword pada description box. Selain itu, keyword pelu dicantumkan pada judul dan thumbnail agar pencarian semakn relevan.

4. Berkolaborasi dengan Youtuber Lain

collab youtuber

Kolaborasi lumrah terjadi di dunia Youtube. Kamu bisa manfaatkan cara ini untuk menambah viewer Youtube kamu, loh! Dengan berkolaborasi, kamu bisa menggabungkan audiensmu dengan audiens lawan kolaborasimu untuk menonton video yang sama. Penontonnya jadi lebih banyak, deh!

5. Upload di Waktu Prime Time

Istilah prime time sudah terkenal sejak televisi masih eksis. Sekarang, istilah ini dipakai juga di berbagai platform media sosial, termasuk Youtube. Prime time adalah waktu ketika pengguna paling banyak mengaksesnya. Biasanya, waktu prime time di Youtube bervariasi, tergantung dengan audiens masing-masing channel. 

Untuk mengetahui waktu prime time channel Youtubemu, cukup perhatikan data analitik mengenai penayangan video kamu. Pastikan upload di jam-jam ramai pengguna, agar video kamu berpotensi besar mendapatkan penonton.

6. Pantau Tren 

trending youtube

Mengikuti tren yang terjadi di media sosial sudah menjadi keharusan apabila kamu bertekad jadi content creator. Memantau tren gak hanya berlaku di Youtube, kamu perlu pantau tren yang terjadi hampir di seluruh platform media sosial. Gunakan tren tersebut sebagai bahan membuat konten yang relevan dengan niche kamu. 

7. Gunakan Cards dan End Screen

end screen youtube

Memanfaatkan fitur dengan maksimal bisa menambah viewer kamu, loh! Salah satunya fitur Cards dan End Screen. Nah, kalau kamu sering menonton Youtube pasti familiar dengan fitur ini meski tidak mengetahui namanya. Dengan fitur ini, penonton bisa langsung mengklik video kamu yang lainnya.

Cards merupakan fitur yang menampilkan video lain dari channel kamu. Biasanya fitur cards ini berada pada pojok kanan atas. Kamu bisa menyelipkan judul video lain di menit berapapun, nantinya judul video tersebut akan muncul tanpa mengganggu audiens yang menonton.

Mirip dengan fitur Cards, End Screen pun turut menampilkan video lain dari channel Youtubemu. Bedanya, video tersebut muncul dalam bentuk thumbnail di akhir. Kalau kamu menyadari, End Screen ini muncul bersamaan dengan informasi subscribe channel dan website.

Itulah 7 cara menambah viewer Youtube yang dapat kamu lakukan sebagai Youtuber Pemula. Pastikan saja seluruh konten kamu sesuai dengan niche dan target audiens yang diinginkan agar penonton tetap berdatangan. Selamat mencoba!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!