8 Cara Menambah Followers Instagram Aktif, Gratis!

Saat ini menjadi selebgram adalah profesi impian bagi banyak anak muda Indonesia. Hanya dengan modal memasarkan produk di Instagram atau yang popular dengan sebutan endorse, para influencer itu bisa mendapatkan aliran cuan. 

Gak cuma dapat cuan, influencer juga bakal dikenal banyak orang di sosial media. Udah kaya, terkenal lagi. Goals banget, kan? 

cara menambah followers instagram

Nah, buat kamu yang bermimpi jadi selebriti instagram, kamu wajib perhatikan hal-hal penting seperti jumlah followers. Kenapa jumlah followers itu penting? Soalnya, sebuah brand bakal lebih percaya pake jasa influencer yang punya followers besar ketimbang influencer dengan followers kecil (Micro-Influencer). 

Hal ini berkaitan erat dengan potensi reach dan engagement yang nantinya brand akan dapatkan. Semakin besar follower, tentu potensi reach yang brand dapatkan akan semakin besar. 

Selain itu, jumlah follower juga berbanding lurus dengan bayaran yang didapatkan influencer lho! Itu artinya, semakin besar jumlah follower maka bayaran yang akan kamu terima juga semakin besar. 

Harga Postingan Influencer

Dilansir dari Getcraft, Influencer Indonesia dengan followers lebih dari 1 juta rata-rata bisa mengantongi Rp. 16.000.000 lebih untuk sekali postingan foto Instagram. Sedangkan, influencer yang punya followers 1.000 – 25.000 ‘hanya’ mendapatkan Rp. 1.300.000 saja per sekali posting. 

Setelah memahami betapa pentingnya jumlah follower, tentu kamu penasaran, apakah ada cara untuk bisa menambah follower secara natural?  Ada dong, Socialights udah siapin segalanya buat kamu.  Berikut ini cara-cara yang bisa kamu coba. Simak artikelnya sampai habis ya, Socialty! 

1. Follow Akun Baru di Instagram

cara menambah followers instagram

Cara pertama adalah dengan mem-follow akun baru di Instagram. Kenapa follow akun baru? Karena kebanyakan akun baru ini akan langsung mengikuti akun instagram terkenal seperti selebriti dunia. Setelah kamu ikuti akun baru ini, biasanya mereka juga akan mengikuti kamu balik. 

Gimana caranya? Kamu bisa cek akun selebriti terkenal dengan jumlah pengikut banyak seperti Kylie Jenner ataupun Ariana Grande. Selanjutnya periksa bagian followers mereka, biasanya akun baru akan berada di bagian paling atas. Setelah itu, kamu tinggal follow akun-akun baru tadi

Dalam cara pertama ini, hindari mem-follow akun-akun baru dengan sporadis karena hal ini akan dianggap sebagai aktivitas mencurigakan oleh Instagram. Resikonya, akun kamu bisa kena banned loh, Socialty.

Untuk menghindarinya, berilah jeda sekitar 10 menit setelah kamu mem-follow 5 sampai 10 akun baru. Setelah 10 menit berlalu, kamu bisa melakukan aktivitas ini kembali. Jika tidak ingin followingmu terlalu banyak, kamu tinggal melakukan unfollow terhadap akun-akun baru tadi.

2. Jangan Private Akun Kamu

akun instagram private

Mem-private akun instagram adalah kesalahan yang harus dihindari jika kamu ingin menambah banyak follower di Instagram. Pasalnya, dengan mengunci akun Instagram, secara tidak langsung kamu menolak untuk dilihat banyak orang.

Selain itu, jika ada orang yang ingin mem-follow akun kamu, orang tersebut harus menunggu persetujuan dari kamu dalam waktu yang cukup lama. Ini tentu akan membuat orang itu kesal dan akhirnya tidak jadi mem-follow.

Dengan membuka akun Instagram, kamu berpotensi untuk diikuti oleh banyak orang, mendapatkan banyak like, share dan komen, serta masuk kedalam Explore. 

3. Buat Bio Instagram yang Menarik

bio instagram

Tereksan sepele, nyatanya bio adalah salah satu indikator kenapa orang ingin mem-follow sebuah akun di Instagram. Kolom bio adalah salah satu first impression orang saat melihat akun kamu.

Buatlah bio yang menarik yang menggambarkan dirimu. Jika kamu ingin terlihat lucu, pilihlah kata-kata yang bisa membuat orang tertawa. Sebaliknya, jika kamu ingin terlihat sebagai orang yang produktif, pilihlah kata-kata yang inspiratif dan lebih formal.

4. Konsisten Post Foto atau Video di Jam yang Optimal

jam

Di Instagram, pengguna paling banyak aktif ada di tiga jam optimal, yaitu pagi hari pukul 08.00-09.00, siang hari pukul 12.00-13.00, serta malam hari pukul 19.00-20.00. Dari ketiganya, malam hari adalah waktu yang paling sibuk dan paling banyak mendulang traffic.

Kamu bisa memanfaatkan waktu diatas untuk mem-posting foto maupun video yang menarik. Jika tidak bisa memanfaatkan ketiganya, setidaknya posting satu foto di salah satu jam optimal setiap hari. Hal ini untuk membuat engagement kamu dengan follower tetap terjaga serta membuka jalan untuk mendapatkan followers baru.

5. Gunakan Hashtag yang Relevan dengan Isi Konten

hashtag

Optimasi hashtag di kolom caption merupakan hal yang wajib kamu lakukan untuk menambah followers di Instagram, apalagi jika akun Socialty  masih terbilang kecil. Dengan memanfaatkan hashtag, potensi akun kamu ditemukan oleh orang lain akan semakin besar.

Meskipun begitu, sebaiknya jangan asal comot hashtag yang sedang populer saja ya, Socialty. Apalagi jika hashtag tersebut ternyata tidak relevan dengan isi postingan kamu. Pasalnya hal ini bisa berpotensi membuat akun kamu kena banned oleh Instagram.

Sebagai catatan, batas hashtag maksimal adalah 30 hashtag. Manfaatkanlah hal tersebut dengan menuliskan hashtag yang relevan dengan isi konten dan target audience kamu. Misalnya, jika kamu adalah seorang food enthusiast, tuliskanlah hashtag seperti #food, #foodporn, #foodie, dan #instafood.

6. Share Isi Feed Kamu di Story

instagram story

Cara menambah follower selanjutnya adalah dengan meng-share isi feed kamu di story. Saat ini, pengguna Instagram cenderung lebih suka menghabiskan waktunya di story ketimbang feeds saja. Pasalnya, story terkesan lebih simple dan ada kesan ‘urgency’ nya karena hanya bertahan selama 24 jam.

Setelah kamu memposting foto dan video, jangan langsung keluar dari Instagram. Sebaiknya share langsung isi postingan kamu tersebut di Instagram story. Dengan melakukan hal ini, potensi feeds kamu dikunjungi oleh banyak orang akan jauh lebih terbuka. 

7. Jangan Membeli Followers!

followers instagram

Menambah follower dengan cara membelinya memang cukup mudah. Meskipun begitu, aktivitas ini justru akan menghambat kamu mendapatkan follower baru yang real. Saat mengunjungi akun kamu, calon follower real tentu curiga dengan banyaknya jumlah follower yang kamu miliki namun isi feed masih sangat sedikit. 

Selain itu, follower palsu biasanya pasif dan tidak melakukan interaksi apapun di akun kamu. Ini tentu akan membuat engagement akun kamu jelek.

Tidak hanya itu, pihak Instagram juga pastinya akan curiga dengan penumbuhan followers yang banyak dalam waktu singkat. Jika hal ini terjadi, tidak menutup kemungkinan akun kamu bakal kena banned oleh Instagram.

8. Hindari Memposting Konten Di Feed di Saat yang Bersamaan

feed instagram

Untuk menambah follower di Instagram, sebaiknya hindari mem-posting konten di feed secara bersamaan. Pasalnya, postingan kamu selanjutnya akan lebih mudah hilang dan tidak terdeteksi oleh follower kamu. 

Sebaiknya berikan jeda beberapa jam saat ingin mem-posting konten yang banyak. Misal, jika kamu ingin mem-posting 3 konten dalam sehari, atur jadwal yang tepat sesuai dengan jam optimal yang sudah dijelaskan diatas. 

Untuk postingan pertama, kamu bisa mempostingnya di pagi hari pada pukul 08.00-09.00. Selanjutnya, untuk postingan kedua, kamu bisa mempostingnya di siang hari pada pukul 12.00-13.00. Lalu untuk postingan ketiga kamu bisa mempostingnya di malam hari pada pukul 19.00-20.00.

Itulah beberapa cara gratis yang bisa kamu lakukan untuk menambah follower Instagram secara organik. Jika dilakukan secara konsisten, follower kamu dijamin bakal naik drastis dan tentunya kamu bisa mulai menghasilkan uang sebagai influencer di Instagram.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan pernah tergoda untuk membeli follower palsu ya, Socialty. Karena hal tersebut bakal berakibat buruk buat reputasi akun kamu di masa depan. 

Jangan lupa pantengin terus jurnal-jurnal Socialights lain karena bakal ada informasi menarik lain soal influencer dan sosial media! Kamu juga bisa download aplikasi Socialights di Android dan iOS untuk memulai karir kamu sebagai konten kreator atau Influencer!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!